Brilio.net - Bagi yang sering menonton anime atau dorama Jepang, pasti udah nggak asing lagi dengan bagaimana menariknya seragam yang dipakai oleh siswa di sana, terutama para siswa ceweknya nih.

Era seragam sekolah di Jepang dimulai sejak sekitar 150 tahun yang lalu, yang tentu saja akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Sebelumnya, seragam sekolah di Negeri Sakura dibuat untuk menunjukkan kelas sosial murid tersebut, tapi sekarang berubah menjadi salah satu ikon anak sekolah di sana.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan seragam sekolah di Jepang, yuk simak di bawah ini, brilio.net sudah menyiapkannya buat kalian, dilansir dari beragam sumber, Minggu (23/7).

1. Seragam ala pelaut alias seragam sailor.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Seragam yang bernama Serafuku ini terdiri dari kemeja atasan dengan rok pleats lengkap dengan scarf ala pelaut. Seragam ini mulai digunakan di Jepang sejak tahun 1921 silam. Ide seragam pelaut dengan rok yang melipat-lipat ini dibuat dengan tujuan agar gerakan murid cewek di Jepang tidak terhambat saat berolahraga.

2. Seragam blazer.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Seragam ini terlihat lebih modis dan berkarisma dengan ditambahkan blazer yang bisa membuat para siswinya kelihatan bergaya, cocok dipakai saat musim dingin, nih.

3. Seragam jaket eton.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Seragam ini terinspirasi dari siswa-siswi perguruan Eton dari Inggris. Yakni jaket panjang sampai pinggang dengan kerah putih yang diberi pengeras.

4. Seragam bolero.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Nah, kalau seragam yang satu ini biasanya digunakan dengan padu padan seragam terusan dengan aksesori bolero yang cantik.

5. Seragam rok jumper.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Ada juga beberapa sekolah yang berani untuk memodifikasi seragam semodis mungkin dengan menerapkan pakaian rok jumper ini. Stylish abis, ya!

6. Seragam one piece.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


One piece maksudnya bukan kartun anime One Piece lho, ya. Tetapi seragam terusan dengan panjang selutut dengan warna yang soft. Seragam ini biasa digunakan oleh seragam khusus cewek di sana.

7. Seragam suspender.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Masih dengan atasan kemeja dengan pita kecil dan rok pleats yang cantik, seperti namanya, dilengkapi dengan suspender yang unik.

8. Seragam dengan sweater atau vest.

jenis srgm jepang © 2017 brilio.net


Beberapa sekolah di Jepang membebaskan para siswinya untuk mengenakan seragam berupa sweater atau rompi yang senada dengan warna seragam.

Nah gimana nih, Sobat Brilio? Makin tertarik dengan budaya Jepang ini, kan?