×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Plastik yang dibuat dari bahan alami, ramah lingkungan

View Image

0

BRILIO » Wow

9 Plastik yang dibuat dari bahan alami, ramah lingkungan

Bahan tersebut bisa diurai dan tidak mencemari lingkungan.

24 / 01 / 2019 18:01

Brilio.net - Plastik menjadi salah satu benda yang menjadi penyumbang pencemaran lingkungan. Plastik dapat mencemari tanah, air bahkan udara. Di air, plastik hanyut di lautan dan bisa mencemari biota laut. Plastik di tanah sangat lama terurai. Sedangkan plastik yang dibakar mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi siapapun yang menghirup.

Meski sudah menjadi rahasia umum bahwa plastik mencemari lingkungan, pemakaian plastik juga tetap tinggi. Sayangnya pemakai plastik tersebut banyak yang acuh dan tidak bertanggungjawab. Misalnya di Indonesia sering ditemui sampah plastik berceceran bahkan dibuang di saluran air. Dilansir brilio.net dari lipi.go.id, (24/1) Indonesia menjadi negara terbesar ke-2 di dunia yang membuang sampah plastik ke lautan. Konsumsi plastik di Indonesia per kapita sudah mencapai 17 kilogram per tahun dengan pertumbuhan konsumsi mencapai 6-7 persen per tahun.

Melihat masalah ini, pemerintah perlu melakukan kebijakan tentang penggunaan plastik. Beberapa daerah telah memiliki kebijakan penggunaan kantong plastik. Misalnya terbaru pemerintah Kota Bogor per 1 Desember 2018 mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 61 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Masyarakat dilarang menggunakan kantong plastik saat berbelanja.

Namun pertanyaan besarnya, apakah ada solusi lain tentang alternatif selain plastik? Nah ternyata selama ini sudah ada bahan alami bertekstur mirip plastik. Bahan-bahan tersebut dibuat dari sumber alami. Bahan tersebut bisa diurai dan tidak mencemari lingkungan.

Yuk kita simak plastik yang dibuat dari bahan alami dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/1).

Loading...

1. Kantong plastik Avani Eco dari PT. Nirwana Alam Hijau buatan Indonesia ini berbahan dasar singkong. Terbuat dari singkong, kantong plastik ini bisa dikonsumsi lho.

2. Kantong plastik  Ecoplas  produksi  PT. Tirta Marta ini terbuat dari tepung tapioka. Plastik Ecoplas ini bisa terurai dalam kurun waktu satu minggu.

3. Masih dari Indonesia, perusahaan bernama Evoware membuat plastik berbahan dasar rumput laut. Plastik dari rumput laut ini bisa dimakan dan sangat ramah lingkungan. Cocok dijadikan kemasan makanan siap saji.

4. Shrilk Biodegradable Plastic buatan Harvard University ini sangat ramah lingkungan. Plastik ini terbuat dari bahan alami yakni cangkang arthropoda.

plastik alami © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: weburbanist.com

5. Nanocellulose ialah plastik yang terbuat dari tanaman-tanaman kecil. Plastik ini bertekstur padat. Cocok dijadikan gelas atau gerabah berbahan plastik. Plastik ini juga bagus digunakan sebagai komponen elektronik.

plastik alami © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: weburbanist.com  

6. Sulapac ialah bahan mirip plastik berbahan kayu buatan Finlandia. Bahan ini cukup kuat dan cocok dipakai sebagai gerabah.

plastik alami © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: designboom.com

7. Susu sapi bisa juga menjadi bahan pengganti plastik. Tessa Silva-Dawson  mendesain vas unik yang terbuat dari bahan mirip plastik. Mahasiswa Royal College of Art ini membuat vas dari susu sapi yang di ekstraksi.

plastik alami © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: designindaba.com

8. Sebuah perusahaan bernama Evocative Design menjadikan jamur sebagai bahan pengganti plastik. Mereka mengolah jamur menjadi berbagai macam produk, salah satunya botol.

plastik alami © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: weburbanist.com

9. Sebuah perusahaan bernama Mycoform juga membuat alternatif plastik dari jamur yang dikombinasikan dengan serpihan kayu, gandum dan bahan organik lainnya. Produk mereka dapat diolah menjadi furnitur.

plastik alami © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: weburbanist.com







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more