Brilio.net - Buat kamu para pecinta tanaman mungkin akan tergoda untuk mengoleksi berbagai jenis yang ada. Karena masing-masing jenis tanaman memiliki fungsi dan dampaknya masing-masing. Sehingga akan lebih baik kamu memahami kebutuhanmu sebelum memutuskan untuk menanam.

Seperti halnya kalau kamu ingin memperindah area rumah, menanam dan merawat tanaman hias akan jadi jawaban yang tepat untuk kebutuhanmu. Apalagi untuk mempercantik area outdoor, ada banyak pilihan tanaman hias yang bisa kamu buru.

Tanaman hias yang digantung adalah salah satu variasi yang ramai dicari untuk area outdoor. Selain memberikan kesan cantik, tanaman ini juga nggak memakan lahan banyak.

Kamu bisa meletakkannya secara menggantung di beberapa area. Tapi perlu kamu ketahui, nggak semua tanaman hias gantung tahan dengan panas lho. Maka perhatikan jenis tanaman yang kamu pilih agar hidup subur dan antilayu.

Mau tahu juga apa saja jenis tanaman hias gantung yang tahan panas? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (29/1), berikut 9 jenis tanaman hias gantung yang tahan panas.

Loading...

1. Zygocactus.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Zygocactus adalah saah satu jenis yang perlu kamu kenali. Tanaman hias gantung ini memiliki keunikan yaitu dapat tumbuh subur dengan paparan sinar matahari. Meski begitu, kamu harus sabar yang dalam mengikuti prosesnya.

Bunga hias gantung Zygocactus yang berasal dari famili kaktus ini, membutuhkan cuaca yang cukup panas untuk bisa tumbuh dengan baik. Walaupun membutuhkan perawatan yang telaten, jenis tanaman hias gantung zygocactus bisa tumbuh lama dan awet karena sifatnya yang tahan panas. Sehingga cocok banget untuk diletakkan pada area outdoor.

Bunganya bisa bermekaran dalam corak warna yang indah, mulai dari putih, merah, pink hingga kombinasi. Jangan bayangkan Zygocactus memiliki tampilan kering karena berasal dari keluarga kaktus. Justru ia memiliki bentuk yang tunduk ke bawah saat mekar dan menjadikannya semakin menarik jika digantung.

2. Geranium.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Nggak kalah menarik dari zygocactus, geranium juga cocok sebagai hiasan halaman rumah ataupun kebun. Bunga hias gantung Geranium dikenal dengan sebutan Crane’s Bill. Geranium bisa ditemukan di hampir seluruh dunia, tetapi bunga ini berasal dari Afrika Selatan dan cocok untuk ditanam sebagai jenis tanaman hias gantung di negara tropis seperti Indonesia.

Tanaman ini juga dikenal dengan tampilannya yang cantik lho. Pada bagian bunga memiliki berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu. Hal ini menjadikannya jenis bunga hias gantung yang diburu banyak orang. Perlu kamu ketahui, geranium juga bisa tumbuh mencapai 1,2 meter lho.

3. Petunia.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Petunia wajib masuk dalam daftar tanaman incaranmu. Pasalnya tanaman ini akan menghiasi area outdoormu dengan keindahan bunganya. Semakin spesial, petunia juga tahan dengan panas matahari. Bahkan kamu perlu memastikan bahwa tanaman hias gantung ini mendapatkan sinar matahari yang cukup agar tumbuh sehat.

Di samping itu, agar tumbuh lebat, kamu harus menanamnya di tanah yang subur dengan kandungan air yang banyak. Dengan begitu, kamu bisa menikmati keindahan bunga petunia yang berbentuk terompet dengan variasi warna yang indah.

4. Portulaca.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Kalau kamu asing dengan istilah portulaca, mungkin kamu akan lebih mengenal dengan nama bunga krokot atau bunga pukul sembilan. Ya, sesuai dengan namanya, bunga ini akan mekar pada pukul sembilan dan akan berangsur layu pada saat siang.

Ada dua jenis bunga portulaca tergantung pada jenis daunnya. Daun yang berbentuk runcing akan lebih tahan terhadap cuaca dan lebih cocok menjadi tanaman penutup tanah. Sedangkan untuk jenis daun bulat, memiliki daya tahan terhadap cuaca yang lebih rendah dan membutuhkan perawatan ekstra. Warna dari bunga ini juga cantik lho, ada yang putih, pink, kuning, hingga ungu.

5. Begonia.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Pilihan lain untuk mempercantik beranda rumahmu adalah bunga begonia. Bunga begonia cocok untuk ditanam di iklim tropis atau subtropis, termasuk Indonesia.

Jenis begonia beragam lho, bahkan sampai 1.500 jenis begonia yang berasal dari Amerika, Afrika dan Asia Tenggara. Bunga dari keluarga Begoniaceae ini, terkenal karena bentuknya yang padat serta bentuk dari bunga hingga daunnya terlihat indah.

Selain itu, bentuk daunnya padat dan ornamental. Ciri lain dari bunga begonia adalah daunnya yang biasanya asimetris dan memiliki variasi warna yang memikat.

6. Spider plant.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: unsplash.com

Spider plant memiliki tampilan yang menarik dengan bentuk daun seperti pesawat. Kombinasi warna putih dan hijaunya juga memberikan efek segar ketika kamu merawatnya. Tanaman yang satu ini cocok banget untuk diletakkan di luar rumah karena tahan dengan panas matahari.

Kamu bisa meletakkan spider plant langsung di bawah matahari. Di samping itu, kamu tetap perlu menyiramnya secara berkala namun nggak perlu berlebihan agar tidak cepat mati.

7. Epiphyllum.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Tanaman epiphyllum adalah solusi praktis untuk kamu yang ingin merawatnya. Nggak perlu sering disiram, justru epiphyllum perlu disirami saat tanahnya mulai mengering.

Kamu bisa menambahkan pupuk fosfor dan kalium tinggi agar pertumbuhannya cepat subur. Epiphyllum bisa kamu manfaatkan sebagai hiasan area outdoormu. Kesan sejuk dan tenang bisa kamu dapatkan dari tanaman ini.

8. Marigold.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Kalau kamu ingin variasi tanaman selain warna hijau, coba nikmati keindahan dari marigold. Tanaman ini memiliki tampilan bunga berwarna oranye keemasan yang menawan.

Ciri khas lain dari marigold adalah kelopaknya yang bertumpuk. Merawat tanaman marigold memberikan keuntungan untuk kamu para pecinta tanaman. Karena marigold bisa dirawat di dalam maupun di luar rumah.

9. Japanese wisteria.

Jenis tanaman hias gantung tahan panas © Istimewa

foto: freepik.com

Mata akan dimanjakan ketika kamu merawat bunga japanese wisteria. Bunga ini hadir dengan tampilan yang cantik dengan bunga berwarna ungu.

Salah satu keunikan dari tanaman ini adalah mampu mengeluarkan aroma khas anggur. Jadi indra penciumanmu akan ikut disegarkan ketika berada di sekitarnya.

Tanaman ini memiliki sifat merambat naik. Untuk tingginya, marigold bisa mencapai sampai 30 meter.