Brilio.net - Kendaraan bertenaga listrik kini semakin menjadi perbincangan. Maklum, kendaraan listrik disebut-sebut bakal menjadi moda transportasi masa depan yang lebih ramah lingkungan. Sebuah solusi mengatasi polusi.

Tak heran jika saat ini sejumlah produsen kendaraan terus mengembangkan produk mereka ke arah berkelanjutan. Salah satunya dilakukan PT Terang Dunia Internusa (TDI), yang merupakan salah satu produsen sepeda terbesar di Indonesia dengan merek United.

Perusahaan yang memiliki dua divisi yaitu United Bike dan United E-Series ini baru saja meluncurkan produk anyar United T1800, motor listrik stylish, futuristik, dan ramah lingkungan. Peluncuran produk ini sebagai pengejawantahan mendukung program pemerintah dalam upaya menyehatkan kehidupan rakyat Indonesia lewat kampanye Ayo hidup dengan bersepeda dan Program Langit Biru.

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

“Kami meluncurkan roda dua motor listrik bagi masyarakat Indonesia yang menghendaki sebuah kendaraan listrik yang stylish, futuristik dan ramah lingkungan. Ini sekaligus menjadi komitmen kami dalam mendukung program pemerintah Indonesia,” ujar Direktur PT TDI, Henry Mulyadi.

Motor listrik ini diklaim sudah menggunakan teknologi terkini dengan berbagai fitur masa depan. Bahkan Henry percaya fitur-fitur ini bakal diikuti para kompetitor di kemudian hari. Motor listrik ini pun digadang-gadang sangat cocok digunakan menjadi millenial urban lifestyle yang punya mobilitas tinggi.

Nah seperti apa sih beragam fitur kekinian yang dibenamkan dalam motor listrik ini, berikut faktanya.

1. Eco lifestyle

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Sepeda motor listrik ini mengusung konsep eco-lifestyle karena didasari perilaku eco-friendly dan eco-green. Maklum pola hidup berkelanjutan kini menjadi gaya hidup baru yang ramah lingkungan dengan mengurangi kontribusi gas CO2 yang berbahaya dalam mobilitas sehari-hari.

2. Motor listrik tangguh

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

United T1800 bertenaga tangguh karena disematkan motor listrik berkualitas tinggi BOSCH 60V1800W dengan rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W. Selain itu motor listrik ini menggunakan baterai Lithium 60V 28Ah yang  dalam kondisi penuh 100% dapat mencapai kecepatan maksimum 70 km/jam dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50 hingga 60 km/jam pada mode kecepatan normal.

3. Ekonomis

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Motor Listrik ini dinilai sangat ekonomis baik dari sisi biaya operasional maupun perawatan. Bayangkan saja, untuk operasional konsumsi tenaga listrik yang dibutuhkan setara Rp 2.700 untuk satu kali pengisian listrik dengan waktu minimal 4 jam.

Sementara dari sisi perawatan, motor listrik ini cukup efisien dari sisi waktu dan biaya karena tidak diperlukan service rutin di mana konsumen harus datang ke dealer, antre dan ada biaya tambahan service rutin seperti motor konvensional. Karen itu motor listrik ini lebih banyak memberikan keuntungan dan kenyamanan untuk konsumen.

4. Beragam fitur kekinian

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Motor listrik ini dilengkapi fitur-fitur futuristik dan mudah dalam penggunaannya di antaranya Panel Display Full Digital dengan penampilan sporty dan lebih informatif. Selain itu, motor listrik ini sudah menggunakan lampu LED yang berdesain futuristik, lebih terang, lebih awet dan minim perawatan.

Ditambah lagi, tombol start/stop engine sangat mudah dioperasikan karena hanya satu tombol tanpa anak kunci (keyless). Nah fitur yang satu ini milenial banget. Motor listrik ini sudah disematkan speaker berkoneksi bluetooth untuk audio, radio dan mode suara pada kendaraan. Selain itu di motor listrik ini juga sudah dibenamkan USB Port untuk charger ponsel atau sebagai device USB data audio.

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Nah untuk urusan speed mode, motor listrik ini punya 3 mode kecepatan dengan tombol one click overtaking sebagai mode sport untuk mempermudah saat menyalip atau menyusul. Uniknya, di motor listrik ini juga ada mode mundur yang mempermudah pengendara saat memundurkan kendaraan.

Motor listrik ini juga sudah dilengkapi alarm sebagai fitur keamanan anti maling. Sedangkan sakelar  panel  berfungsi sebagai  sakelar  daya  utama  fitur  keamanan  kendaraan  pada  posisi parker atau berhenti.

5. Fitur kenyamanan

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Nah untuk fitur kenyamanan berkendara, motor listrik ini menggunakan  suspensi dual shock yang membuat motor lebih stabil saat menikung dan kecepatan tinggi. Selain itu untuk urusan ban (depan dan belakang) sudah menggunakan ban tubeless dengan diameter 12 inci.

6. Fitur keamanan

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Dalam urusan keamanan berkendara, sistem pengereman menjadi faktor penting. Motor listrik ini sudah menggunakan rem cakram pada bagian depan dan belakang yang menjadikan pengereman lebih pakem dan aman saat berkendara. Sedangkan cut off energi motor terdapat pada kick stand dan rem tangan kiri atau kanan jika ditekan sehingga lebih aman saat parkir ataupun berhenti. Model swing arm di motor ini juga cukup kokoh layaknya swing arm motor besar (moge).

7. Sensasi motor balap

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Nah fitur yang satu ini cukup unik. Jika selama ini motor listrik senyap tanpa suara karena tidak menggendong mesin bermotor, tapi pada United T1800 sudah ada fitur racer sound mode yang bisa menciptakan sensasi berkendara motor listrik dengan suara motor balap. Keren kan?

8. Harga dan garansi

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

United T1800  ditawarkan dengan pilihan warna doff black  yang menyuguhkan kesan tangguh dan dapat menjadi pusat perhatian di jalan. Untuk saat ini pelayanan penjualan dan purnajual United E-motor tersedia di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Sedangkan untuk wilayah lain di seluruh Indonesia sedang dipersiapkan.

Motor ini dibanderol seharga Rp 27 juta (perkiraan berdasarkan BBN 2020).  Setiap pembelian United E-motor, konsumen memperoleh garansi komponen kelistrikan yaitu charger, battery, controller dan motor selama 12 bulan dan garansi rangka kendaraan selama 5 tahun.  Ada juga kelengkapan berkendara berupa Helm dan Jaket serta BOX Premium berisikan buku manual, 2 Kunci 2 keyless dan charger premium dengan kipas pendingin untuk menjaga agar tetap selalu dingin saat pengecasan.

9. Layanan purna jual

Motor Listrik United © 2020 brilio.net

Selain secara online, saat ini penjualan dan layanan purnajual dapat dilakukan di Head Office Dealer United E-motor, PT Bintang Mas Lestari di Alam Sutra di Jl Boulevard Alam Sutera No 12A, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten. Sementara pada Januari 2021 akan dibuka secara resmi flagship dealer United E-motor di Pantai Indah Kapuk II (PIK II).

Nah untuk mempermudah layanan after sales service, pelanggan motor listrik yang disebut United Electric Motor NitiZEN (U-NIZEN) dapat memanfaatkan program Home Service untuk wilayah Jadetabek.