Brilio.net - Alkitab memiliki banyak ayat-ayat yang bisa memberikan beragam pembelajaran untuk setiap umat Kristiani. Selain itu, kumpulan ayat suci tersebut juga bisa memberikan semangat menjalani hidup dan memotivasi diri saat seseorang terpuruk.

Selama masih hidup di dunia cobaan pasti selalu menghampiri. Baik itu dari diri sendiri, orang lain, bahkan atas seizin Tuhan. Terkadang cobaan-cobaan itu pun membuat iman goyah dan terpuruk.

Namun, selalu ingat bahwa Tuhan tak akan memberikan cobaan di batas kemampuan umatnya. Ia pun berjanji takkan meninggalkan umatnya dan senantiasa memberi kelegaan serta kekuatan. Untuk itu, selalu hadapi segala persoalan hidup dengan pikiran dan hati yang tenang.

Nah, berpegang teguh lewat motto hidup dari Alkitab menjadi salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran. Tentu kumpulan ayat dalam Alkitab tentu memiliki kekuatan tersendiri. Ibarat vitamin yang membuat iman kita semakin bertambah, terus memperbaiki diri dari hari ke hari.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Sebagai referensi, berikut brilio.net rangkum 81 motto hidup dari Alkitab dari berbagai sumber, Senin (22/11).

Motto hidup dari Alkitab tentang kesabaran.

Motto hidup dari Alkitab © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmah ada pada orang yang rendah hati." (Amsal 11:12)

2. "Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasan dengan orang yang congkak." (Amsal 16:19)

3. "Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan, dan kehidupan." (Amsal 22:4)

4. "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa yang cepat marah membesarkan kebodohannya." (Amsal 15:18)

5. "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota." (Amsal 16:32)

6. "Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan pembantahan." (Amsal 15:18)

7. "Akal budi membuat orang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran."(Amsal 19:11)

8. "Akhir suatu hal, lebih baik daripada awalnya, panjang sabar lebih baik daripada tinggi hati." (Pengkhotbah 7:8)

9. "Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakini dan lidah lembut mematahkan tulang." (Amsal 25:25)

10. "Sebab aku gentar karena murka dan kepanasan amarah yang ditimpakan Tuhan kepadamu, sampai ia mau memusnahkan kamu. Tetapi sekali ini pun Tuhan mendengarkan aku." (Ulangan 9:19)

11. “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.” (Kolose 3:13)

12. “Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!” (Yakobus 5:7-8)

13. “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: Setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.” (Yakobus 1:19-20)

14. “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barang siapa yang mengasihi Dia.” (Yakobus 1:12)

15. “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!” (Roma 12:12)

16. “Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.” (Efesus 4:2)

17. “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.” (Kolose 3:13)

18. "Agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah." (Ibrani 6:12)

19. "Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan." (Timotius 6:10-11)

20. “Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud. Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.” (Mazmur 62:1-2)

Motto hidup dari Alkitab tentang ketenangan hati.

Motto hidup dari Alkitab © berbagai sumber

foto: pixabay.com

21. “Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab Tuhan telah berbuat baik kepadamu.” (Mazmur 116:7)

22. “Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.” (Mazmur 55:23)

23. “Segenggam ketenangan lebih baik daripada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin.” (Pengkhotbah 4:6)

24. “Dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yanng berasap ini..” (Yesaya 7:4a)

25. “Ya Tuhan, karena inilah hatiku mengharapkan Engkau; tenangkanlah rohku, buatlah aku sehat, buatlah aku sembuh!” (Yesaya 38:16)

26. “Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: Mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya 40:29-31)

27. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)

28. “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?” (Matius 6:26)

29. “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Matius 6:34)

30. “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Matius 11:28-29)

31. “Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: 'Tenanglah! Aku ini, jangan takut!'" (Matius 14:27)

32. “Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” (1 Petrus 4:7)

33. “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:6-7)

34. “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.” (Yohanes 14:27)

35. "Anugerah-Ku cukup bagimu 'Apabila engkau lemah, kuasa-Ku menjadi sempurna di dalam engkau." (Korintus 12:9a)

36. "Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain. (Markus 9:50)

37. "Pakailah firman Tuhan ketika logika dan perasaan tak mampu membuat keputusan. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105)

38. "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23)

39. "Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan." (Roma 8:28)

40. "Semua akan indah pada waktunya." (Pengkhotbah 3:11)

Motto hidup dari Alkitab tentang bersyukur.

Motto hidup dari Alkitab © berbagai sumber

foto: pixabay.com

41. "Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah di hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menadi satu tubuh. Dan bersyukurlah." (Kolose 3:15)

42. "Hendaklah kamu berakar dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diakarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur." (Kolose 2:7)

43. "Ketika kamu memandang salib, kamu memahami betapa Yesus mencintaimu. Ketika kamu memandang hosti suci, kamu memahami betapa Yesus mencintaimu sekarang." (Santa Teresa Kalkuta)

44. "Apa pun yang saya miliki, di mana pun saya berada, saya dapat melewati apa pun di dalam Dia yang menjadikan saya siapa saya." (Filipi 4:13)

45. "Anugerah-Ku cukup bagimu 'Apabila engkau lemah, kuasa-Ku menjadi sempurna di dalam engkau." (Korintus 12:9a)

46. "Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran." (Yakobus 1:17)

47. "Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita." (Kolose 3:17)

48. "Aku mau bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib." (Mazmur 9:2)

49. "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." (1 Tesalonika 5:18)

50. "Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” (Yohanes 16:33)

51. "Bersyukurlah kepada Tuhan , sebab Ia baik! Bahwasannya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya." (Mazmur 136:1)

52. "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." (Matius 11:28)

53. "Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya." (Mazmur 28:7)

54. "Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!" (Mazmur 118:24)

55. "Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur." (1 Timotius 4:4)

56. "Aku akan memuji-muji nama Allah dengan nyanyian, mengagungkan Dia dengan nyanyian syukur." (Mazmur 69:31)

57. "Terpujilah Tuhan, karena Ia telah mendengar suara permohonanku. Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya." (Mazmur 28:6-7)

58. "Terpujilah Tuhan, sebab kasih setia-Nya ditunjukkan-Nya kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan!" (Mazmur 31:22)

59. "Ya Tuhan, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan." (Mazmur 8:2)

60. "Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya." (Yesaya 42:10)

Motto hidup dari Alkitab tentang cinta dan kasih.

Motto hidup dari Alkitab © berbagai sumber

foto: pixabay.com

61. "Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu." (Yohanes 15:12)

62. "Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain." (Yohanes 15:17)

63. "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih." (1 Yohanes 4:7-8)

64. "Di dalam kasih tidak ada ketakutan: Kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barang siapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih." (1 Yohanes 4:18)

65. "Lakukan segalanya dengan cinta." (1 Korintus 16:14)

66. "Kasih karunia menyertai semua orang, yang mengasihi Tuhan kita Yesus Kristus dengan kasih yang tidak binasa." (Efesus 6:24)

67. "Saudara-saudara memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan dalam dosa, melainkan layanilah seseorang akan yang lain oleh kasih." (Galatia 5:13)

68. "Tuhan menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan." (Mazmur 11:5)

69. "Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya." (Yohanes 15:13)

70. "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih." (1 Korintus 13:13)

71. "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?" (2 Korintus 6:14)

72. "Banyak perempuan telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua." (Amsal 31:29)

73. "Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku." (Filemon 1:4)

74. "Aku berpegang pada peringatan-peringatan-Mu, dan aku amat mencintainya." (Mazmur 119:167)

75. "Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk mengunjungi kamu." (Roma 1:10)

76. "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong." (1 Korintus 13:4)

77. "Tetapi yang terutama: Kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa." (1 Petrus 4:8)

78. "Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi." (1 Yohanes 4:11)

79. "Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera." (Efesus 4:2-3)

80. "Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka kau akan mendapat kasih dan penghargaan dan pandangan Allah serta manusia." (Amsal 3:3-4)

81. "Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia." (Mazmur 103:8)

(brl/red)