Brilio.net - Mayones menjadi santapan favorit bagi beberapa orang. Mayones bisa disandingkan dengan salad, nugget goreng, dan sebagainya. Ada mayones original, ada pula yang pedas. Tapi apakah mayones sekadar untuk bahan makanan?

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/7), berikut ini ada tujuh manfaat mayones yang nggak terduga:

1. Bikin daun tanaman kinclong.

manfaat mayones wow © 2016 brilio.net

foto: Kim Christensen/A Real-Life Housewife

Loading...

Kamu mungkin saja heran melihat daun tanaman di toko bunga tampak mengkilap layaknya plastik. Nah, kalau kamu pengen tanamanmu di rumah punya daun yang sama efeknya seperti di toko bunga, coba olesin mayones.

2. Menghapus noda air di furnitur kayu.

manfaat mayones wow © 2016 brilio.net

foto: food-hacks.wonderhowto.com

Sisa tumpahan air di atas furnitur kayu bisa meninggalkan noda. Nah, untuk bisa menghapusnya gunakan saja mayones. Cukup taruh sesendok mayones di atas noda air tersebut, lantas gosok dengan tisu.

3. Menghapus noda crayon di dinding.

manfaat mayones wow © 2016 brilio.net

foto: Laura Moss/This Old House

Rumah dengan anak kecil tak jarang memiliki dinding yang penuh coretan crayon. Nah, untuk menghilangkannya bisa pakai mayones. Oleskan mayones ke dinding yang tercoret kemudian gosok dengan kain lap.

4. Bikin piano jadi cling.

manfaat mayones wow © 2016 brilio.net

foto: Heather Martindale/Sew Sweet & Fabulous

Kamu yang punya piano di rumah, permukaannya terkadang terlihat kusam. Nah, mayones bisa bikin tuts piano cling kembali, lho. Oleskan mayones ke permukaan tuts kemudian usaplah dengan kain lap atau tisu.

5. Membersihkan sisa stiker yang dicabut.

Laptop, kulkas, lemari, dan beberapa barang lain kerap jadi tempat menempel stiker. Nah, kalau stiker sudah rusak kemudian dicabut, maka akan menyisakan noda lengket. Mayones bisa membantu membersihkannya. Cukup olesi sisa stiker tersebut, tunggu sekitar 15 menit, lantas usah dengan kain lap.

6. Melepas cincin yang susah lepas.

manfaat mayones wow © 2016 brilio.net

foto: wikihow.com

Kasus cincin yang susah lepas bisa menimpa siapa saja. Kalau nggak ada sabun, kamu bisa menggunakan mayones untuk membantu melepas cincin tersebut. Cukup gosok dengan mayones mengelilingi cincin, maka dia akan lepas perlahan.

7. Memperbaiki retakan kayu.

manfaat mayones wow © 2016 brilio.net

foto: hawkinsfurniture.com

Kalau furnitur kayumu memiliki retakan kecil, kamu bisa mengisi celahnya dengan mayones. Biarkan beberapa hari, maka mayones akan mengecilkan keretakan itu. Hal ini disebabkan mayones mengandung minyak dan protein yang bermanfaat bagi kayu agar 'membengkak' sehingga retakan bisa tertutup kembali.