Brilio.net - Bangunan pencakar langit menjadi pemandangan yang tak asing di kota-kota besar. Apalagi di kota besar seperti Osaka, Jepang. Jika kamu berkunjung ke sana, maka jangan kaget jika kamu bakal melihat sebuah jalan yang menembus sebuah gedung pencakar langit. Bangunan itu adalah The Gate Tower Building.

Pada gedung 16 lantai ini, lantai 5, 6, dan 7 digunakan sebagai jalan tol. Lift akan langsung membawa penggunanya dari lantai 4 ke lantai 8. Bangunan itu adalah Gate Tower Building. Lantai 5, 6, dan 7 hanya berisi tangga darurat, ruang untuk elevator, dan jalan tol itu sendiri.

The Gate Tower Building sebenarnya adalah hasil kompromi yang tak biasa antara pemilik tanah dengan pemerintah Jepang. Dikutip dari brilio.net amusingplanet.com, Selasa (26/7), lahan itu awalnya digunakan oleh sebuah perusahaan kayu dan pengolahan arang sejak awal periode Mieji, yakni tahun 1800-an. Tapi secara berangsur-angsur gedung itu ditinggalkan karena kondisi yang menua.

Tahun 1983, revitalisasi gedung itu dicanangkan, tapi izin pembangunan ulang gedung itu tak diterima pemerintah setempat karena sudah ada wacana untuk membangun jalan tol di atas tanah gedung itu. Pemegang hak tanah itu menolak melepaskan tanahnya untuk dijadikan jalan tol. Negosiasi pun dilakukan selama 5 tahun hingga akhirnya tercapai solusi untuk menembuskan jalan tol itu ke gedung.

Proyek yang didesain oleh Azusa Sekkei dan Yamamoto-Nishihara Kenchiku Sekkei Jimush dengan kontraktor Sat Kgy Co. Ltd. ini akhirnya selesai pada 1992.

Loading...

Meski terdapat jalan yang dilalui kendaraan besar, aktivitas di tower itu sama sekali taka terganggu. Desain gedung ini sudah dibuat tahan getaran dan dilengkapi dengan peredam suara di jalan itu.

Penasaran sama foto-foto kemegahan The Gate Tower Building itu? KLIK NEXT