Brilio.net - Siapa sih yang tak ingin menjadi jutawan di usia muda? Tentunya hampir semua orang menginginkan hal itu dan memimpikannya. Namun sayangnya, untuk menjadi jutawan tak semudah membalikkan telapak tangan, butuh usaha, kesabaran dan waktu yang terbilang cukup panjang.

Namun bagi kamu yang menginginkan kesuksesan di usia muda, itu terbilang cukup bagus karena mimpi tersebut bisa menunjang kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Mungkin sebagian dari kamu sudah memulainya dengan melakukan beberapa cara, namun merasa masih kurang puas atau cukup dengan usaha itu.

Nah jika kamu memang benar-benar ingin jutawan muda, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, salah satunya dengan mengubah gaya hidup dan cara pandang terhadap suatu hal. Prosesnya memang tidak mudah, namun jika kamu berniat dan sungguh-sungguh, tak ada yang tak mungkin.

Berikut beberapa cara menjadi jutawan muda dalam waktu 5 tahun yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (5/9).

1. Merancang anggaran keuangan.

Loading...

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Jika kamu ingin menjadi jutawan di usia muda, kamu perlu merancang anggaran keuangan yang kamu punya. Anggaran keuangan berisi sekumpulan perkiraan terkait pembelajaan uang yang rutin dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu, baik mulai dari harian hingga bulanan.

Kamu perlu menyisihkan uang yang kamu punya akan digunakan untuk apa saja, utamakan hal-hal yang penting terlebih dahulu.

2. Mengurangi gaya hidup modern.

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Jika selama ini kamu memiliki gaya hidup terlalu tinggi, maka akan sangat sulit bagi kamu untuk mengelola keuanganmu. Cobalah untuk merubahnya, biasakan untuk tidak menghambur-hamburkan uang, sisihkan uang bulananmu untuk yang lebih bermanfaat, seperti menabung. Pastikan, lebih mengutamakan kebutuhan pokok dibandingkan keinginan lainnya agar kondisi keuangan tetap stabil setiap saat.

3. Memperbanyak sumber penghasilan.

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Mungkin kamu sudah bekerja dan berpenghasilan sekarang ini. Namun jangan gampang puas dengan penghasilan yang kamu peroleh saat ini. Coba untuk pikirkan beberapa hal yang bisa menghasilkan uang, misalnya dengan memikirkan bisnis apa yang bisa dikerjakan dan tidak mengganggu pekerjaan utamamu.

4. Membuka rekening khusus untuk tabungan.

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Kamu perlu memisahkan antara uang tabungan dengan uang yang kamu pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Usahan rekening tabungan tidak terganggu sama sekali. Tabungan yang berada di rekening terpisah bisa diperuntukkan khusus masa tua nanti atau sebagai modal investasi. Sementara uang belanja bulanan bisa disimpan di rekening tabungan yang lain.

5. Berinvestasi.

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi saham tampaknya cukup bagus, khususnya dalam jangka panjang. Namun jika kamu tertarik untuk menginvestasikan penghasilan dalam bentuk lain juga tidak jadi masalah, asalkan kamu sudah mempelajari dengan baik mengenai hal itu, agar tidak tertipu atau rugi nantinya.

Jangan sungkan bertanya kepada saudara atau rekan yang sudah berpengalaman terjun di dunia saham, atau bisa bertanya langsung kepada institusi terkait pengelola saham. Hati-hati dengan investasi bodong.

6. Perbanyak relasi.

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Jika kamu ingin menjadi orang sukses, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperbanyak relasi. Syukur-syukur jika kamu bisa memiliki relasi beberapa orang sukses, kamu bisa menimba ilmu yang cukup banyak dari mereka, hingga akhirnya membawa kamu termotivasi untuk sukses juga.

Kamu bisa memulainya dengan bergabung di grup bisnis dan lain sebagainya.

7. Memaksimalkan hobi jadi peluang bisnis.

 jadi jutawan dalam waktu 5 tahun pixabay.com

foto: pixabay.com

Apa yang menjadi kegemaranmu selama ini? Bidang fotografi, memasak, menulis, bernyanyi, dan main musik? Semua itu bisa kamu manfaatkan untuk menjadi peluang kamu menghasilkan uang. Misalnya saja, jika hobi memasak, bukalah jasa katering atau warung makan di sekitar lingkungan tempat tinggal dan begitu juga dengan hobi yang lainnya.

Jika kamu bisa mengambil peluang seperti itu, maka dengan mudah kamu bisa menjadi sukses dalam waktu singkat.