Brilio.net - Seiring dengan perkembangannya zaman, tingkat modernisasi dan globalisasi informasi serta keberhasilan gerakan emansipasi wanita, sikap dan peran wanita mulai mengalami pergeseran. Kini wanita tak lagi hanya menjadi ibu rumah tangga yang hanya mengurus anak dan suami, namun wanita telah banyak aktif dalam berbagai bidang kehidupan baik sosial, ekonomi maupun politik.

Bisa dikatakan sekarang ini gender bukanlah alasan seseorang untuk menjadi sukses. Mengingat sekarang ini semua bidang sudah ada kesetaraan, terutama di dunia kerja. Jika dulu suatu pekerjaan hanya dikuasai oleh pihak laki-laki saja, namun kini sudah tak lagi, karena wanita turut ambil andil dalam pekerjaan tersebut, bahkan pekerjaan yang memang hanya membutuhkan tenaga laki-laki saja, kini wanita juga ada ambil bagian.

Nah berikut ini beberapa pekerjaan yang tadinya hanya dilakukan oleh para pria, kini malah mempekerjakan wanita pula. Apa saja itu? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (29/8).

1. Petugas keamanan.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

Loading...

foto: pixabay.com

Sekarang ini tentunya sudah tidak asing lagi bukan melihat seorang wanita bekerja sebagai petugas keamanan? Padahal dulunya pekerjaan ini dikuasai kaum adam, namun siapa sangka para wanita mulai merambah profesi ini. Jadi jangan sepelekan wanita ya, karena pekerjaan yang membutuhkan fisik kuat yang identik dengan pria, wanita juga bisa melakukannya.

2. Pilot.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: businessinsider.com

Profesi yang dulunya identik dengan kaum pria ini, kini banyak dirambah oleh para wanita. Hal ini menjadi suatu yang cukup mengagumkan, mengingat menjadi pilot bukanlah hal yang mudah, karena tak hanya sekedar fisik yang harus kuat, tetapi juga kalkulasi persiapan mental yang harus cukup.

3. Supir.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: merdeka.com

Dulu menjadi supir baik itu supir taksi, bus, dan lainnya merupakan pekerjaan yang banyak dilakukan oleh pria. Namun sekarang ini seperti halnya dengan supir wanita perempuan bus transjakarta, masih ingat dengan sosoknya? Yap supir bus perempuan satu ini sempat ramai diperbincangkan karena pernah menegur petugas polisi yang melanggar aturan dengan masuk ke dalam jalur busway.

Belum lagi sekarang ini trasportasi online yang semakin menjamur, perempuan juga kini menjajaki pekerjaan tersebut sebagai supir transportasi online.

4. Insinyur

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: pixabay.com

Sekarang ini, profesi insinyur tak melulu identik dengan laki-laki. Banyak mahasiswi yang mengambil teknik sebagai program studinya. Mulai dari teknik mesin, teknik industri, teknik pangan, dan teknik elektro. Bahkan tak sedikit pula insinyur wanita yang mengharumkan nama bangsa.

5. CEO.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: pixabay.com

Biasanya pemimpin identik dengan kaum pria bukan? Budaya tersebut begitu melekat apalagi di negara dengan tingkat budaya patriarki yang tinggi. Namun sekarang ini pemahaman mengenai hal itu mulai tergeser, hal ini lantaran banyaknya pencapaian dilakukan oleh wanita dalam persoalan kepemimpinan.

Bisa dilihat sendiri, di Indonesia sendiri sekarang ini sudah banyak posisi menteri yang diisi oleh kaum perempuan, misalnya saja Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan.

6. Pembalap.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: thenational.ae

Menjadi seorang pembalap bukanlah perkara mudah, apalagi bagi seorang wanita. Seperti yang diketahui, menekuni profesi sebagai pembalap harus berpacu dengan adrenalin dan memiliki risiko yang tinggi bahkan nyawa pun jadi taruhannya.

Namun hebatnya, kini semakin banyak saja pembalap wanita, bahkan dari mereka malah menunjukkan prestasi yang gemilang.

7. Bartender.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: pixabay.com

Profesi yang identik dengan dunia malam ini, tadinya identik dengan laki-laki, hal ini lantaran stigma yang melekat dengan profesi ini seperti kerja sampai pagi dan berkaitan dengan minuman beralkohol dianggap kurang sesuai untuk perempuan.

Namun siapa sangka, kaum hawa kini sudah banyak yang berani mendobrak anggapan ini dan bekerja sebagai bartender di kafe dan bar ternama. Kinerja merekapun tak kalah dengan bartender laki-laki.

8. Fotografer.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: pixabay.com

Saat ini orang yang berprofesi sebagai fotografer bisa dikatakan seimbang antara laki-laki dan perempuan. Kemampuan menghasilkan gambarpun tak kalah antara keduanya. Hingga saat ini para wanita banyak mempelajari dunia fotografi, alhasil minat akan bidang inipun cukup tinggi.

9. Olahraga angkat besi.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: merdeka.com

Cabang olahraga angkat besi memang tidak seterkenal bulu tangkis atau sepak bola. Namun tentunya kamu tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan khusus tersebut dan sangat identik dengan laki-laki bisa dilakukan oleh wanita.

Sebut saja Sri Wahyuni Agustiani yang sudah menyumbangkan medali di ajang Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 yang lalu. Tentunya kemampuannya tak bisa remehkan, meski sebagai seorang wanita ia mampu membuktikan dengan menjadi salah satu atlet angkat besi yang berprestasti dan terus menyumbangkan medali di ajang olimpiade.

10. Astronot.

Pekerjaan yang dulu identik dengan pria istimewa

foto: wikipedia.org

Profesi sebagai astronot juga masih melekat pada kaum adam, Padahal sudah sejak tahun 80-an astronot wanita juga ikut dalam misi ke luar angkasa. Salah satunya adalah Kalpana Chawla astronot wanita India pertama yang terbang ke luar angkasa.

Tak hanya sekali Kalpana Chawla ikut dalam dua misi penelitian ke luar angkasa. Namun sayangnya, pada misi kedua, ia bersama 7 astronot lainnya mengalami musibah yang menewaskan semua anggota.