Brilio.net - Permasalahan ekonomi menjadi sangat vital dan selalu diperjuangkan setiap individu. Bahkan sebagian orang menghalalkan segala cara agar dapat memenuhi kebutuhannya.

Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia di sekitar kita. Namun ada juga orang yang kesulitan mencari pekerjaan hingga akhirnya berusaha menciptakan pekerjaan.

Jika di luar negeri ada banyak pekerjaan unik, tak ketinggalan pula di Indonesia. Beberapa pekerjaan yang terlihat sepele oleh kebanyakan orang, ternyata bisa jadi peluang emas di tangan orang kreatif. Beberapa pekerjaan ini memiliki daya jual tinggi lho. Apa aja sih pekerjaan yang dimaksud?

Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber pada Sabtu (16/2), berikut deretan pekerjaan sepele yang ternyata bikin tajir.

1. Jasa pembuat caption.

Loading...

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Percaya nggak sih kalau pekerjaan membuat caption benar-benar ada di Indonesia? Salah satu pengusaha jasa pembuat caption ini bernama Zarry Hendrik. Namanya sempat viral karena banyak orang yang terheran-heran bahkan meremehkan usahanya.

Usaha jasa pembuat caption ini dimulai Zarry berawal dari keisengan. Ia memberi tarif pada jasa pembuatan caption atau merangkai kata. Umumnya Zarry memasang harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu.

2. Jual beli pakaian bekas namun asli.

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Sandang adalah kebutuhan pokok manusia. Sampai kapanpun, barang ini akan terus diminati dan nggak bakal sepi peminat. Bagi yang hobi berbelanja pakaian, jumlah koleksi pakaiannya pasti banyak.

Gengsi memakai barang KW? Namun keberatan membeli barang original? Bagi kamu yang merasa demikian, kamu bisa mencarinya di pasar biasa. Untuk saat ini usaha jual beli pakaian bekas namun asli ini masih jarang dan hampir tak terlihat karena banyak orang yang tak menyadarinya.  

Tidak hanya menjual saja, kamu juga bisa membeli pakaian bekas dari orang lain kemudian dijual kembali. Keuntungan yang kamu peroleh dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

3. Tempat tidur tester.

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: CareerAddict

Pekerjaan ini amat sangat terlihat sepele, cuma nyobain tempat tidur. Namun siapa sangka pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan banyak uang? Ya, sebelum produk-produk tempat tidur diluncurkan ke konsumen, beberapa pihak harus mencoba dahul. Apakah sudah sesuai dengan standar kenyamanan tidur atau masih banyak yang harus diperbaiki?

4. Games tester.

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Jika kamu punya hobi bermain game dan harus mengeluarkan uang banyak untuk hobimu. Jangan sirik ya sama pekerjaan games tester. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk mencoba segala macam permainan dan dibayar.

Beberapa perusahaan games di Indonesia banyak merekrut orang sebagai games tester mereka lho. Nantinya mereka inilah yang akan menilai kualitas games tersebut sebelum diluncurkan.

5. Usaha cacing tanah.

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Cacing tanah mempunyai banyak manfaat. Banyak yang belum mengetahui jika cacing tanah memiliki peluang usaha bisa mendulang banyak rupiah. Usaha cacing tanah ini benar-benar menjanjikan. Betapa tidak, saat ini kisaran harga cacing tanah Rp 50 ribu per kilogram.

Jika kamu mempunyai 50 kg cacing tanah, maka uang yang bisa dikantongi sebesar Rp 2,5 juta. Ada banyak manfaat dari hewan tak bertulang, di antaranya bisa untuk menyembuhkan tifus, mengobati penyakit diare dan melancarkan sistem pencernaan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencoba usaha potensial cacing tanah.

6. Usaha racun kalajengking.

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Racun kalajengking ini mulai ramai menjadi perbincangan publik semenjak Presiden Joko Widodo menyebut komoditas termahal di dunia adalah racun kalajengking. Ucapan Presiden Jokowi benar, satu liter racun kalajengking bisa dijual dengan harga sekitar USD 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar per liter.

Racun kalajengking bisa mengobati berbagai penyakit, salah satunya Mencegah malaria. Hali ini dibuktikan Pada tahun 2011, seorang peneliti dari Universitas Maryland memodifikasi jamur parasit yang berisi zat yang ditemukan dalam racun kalajengking untuk menyerang parasit malaria yang ditemukan di dalam nyamuk.

7. Jasa sewa sepeda.

pekerjaan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Salah satu pengusaha sepeda elektrik ini sudah membuktikannya. Penyedia jasa sewa sepeda di Jawa Tengah ini mengaku ia dapat meraih keuntungan Rp 2,8 juta  perhari. Pendapatan setiap bulan dipotong servis sepeda dan biaya angkut sepeda dari rumah dan listrik untuk charger (isi battery).

(Mgg/ Chatarina Lia)