Brilio.net - Saat ini, kebanyakan orang di dunia ini menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktivitasnya. Entah untuk menulis, makan, memegang sesuatu, pasti menggunakan tangan kanan.

Yang kidal? Mungkin bisa jadi membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan aktivitas. Tetapi, dalam beberapa bidang orang kidal lebih jago lho. Berikut beberapa fakta yang perlu kamu tahu pada hari tangan kidal sedunia yang diperingati setiap 13 Agustus.


1. Ini daftar orang terkenal yang bertangan kidal.

Obama Liburan  © 2017 merdeka.com Mantan Presiden AS: Barack Obama
Aktris: Drew Barrymore:
Aktor: Tom Cruise:
Sutradara: James Cameron
Musisi: David Bowie
Keluarga Kerajaan: Pangeran William
Atlit: Paula Radcliffe, Pele
Astronot: Neil Armstrong
Ilmuwan: Marie Curie
Industriawan: Henry Ford
Filsuf: Aristoteles

2. Petenis Rafael Nadal menulis dengan tangan kanan. Tetapi dia bermain tenis dengan mengutamakan tangan kiri. Menurut pelatihnya Toni Nadal, ini agar memberi keuntungan bagi aksinya di lapangan.

Tangan kidal © 2017 brilio.net

 

3. 10 persen populasi di dunia ini bertangan kidal. Maka lihatlah bangku di kelas ini, sebagian besar mengutamakan mereka yang bertangan kanan.

Tangan kidal © 2017 brilio.net


4. Bersalaman dengan tangan kiri dipandang tidak menghormati mitra. Ini bermula dari abad pertengahan di mana orang membersihkan diri dengan tangan kiri saat di toilet.

Tangan kidal © 2017 brilio.net


5. Dalam pandangan sejarah, orang kidal lebih dinilai inferior. Penggunaan tangan kiri kerap diasosiakan dengan aksi sihir.

Tangan kidal © 2017 brilio.net


6. Kabar baik bagi kalian yang kidal, penelitian menunjukkan hasil bahwa sebanyak 57% orang kidal lulus pada ujian berkendara yang pertama. Sedangkan orang yang tidak kidal tingkat keberhasilannya sebesar 47%. Dan  para pembalap seperti Ayrton Senna dan Valentino Rossi juga orang kidal. Wow!

Valentino Rossi diam-diam kunjungi Labuan Bajo © 2017 facebook/@Frit'z Bai