Brilio.net - Perasaan jadi sesuatu yang bisa berubah kapan saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah perasaan menjadi naik dan turun. Mulai dari faktor orang lain, lingkungan, tekanan, hingga kondisi tubuhmu sendiri bisa memengaruhi perubahan perasaan.

Rasa senang bisa jadi hal yang menyenangkan dan selalu ingin dipertahankan. Rasa senang bisa muncul dari ekspektasi yang terpenuhi. Selain itu bisa juga, datang dari hal sederhana yang terkadang nggak kamu sadari keberadaannya.

Perasaan bahagia bisa kamu ciptakan sendiri dari pikiran dan hatimu. Tumbuhkan pikiran positif dan tetaplah untuk tenang ketika menghadapi sesuatu. Cobalah berhenti sejenak ketika kamu merasa lelah. Hal tersebut salah satu langkah bijak yang bisa ditempuh.

Terkadang emosi yang datang justru bisa mengacaukan yang ada. Maka penting untuk kamu mengelola perasaan agar tidak mudah terpancing emosi. Dekatkan diri dengan hal yang bisa memberikan motivasi untuk menenangkan diri. Dengan begitu kamu bisa berpikir lebih jernih dalam memutuskan tindakan selanjutnya.

Nah untuk menambah motivasimu dalam meredam emosi, berikut beberapa kata-kata bijak motivasi yang bisa membuatmu lebih sabar dan kuat. Simak ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/10).

Kata-kata motivasi untuk redamkan emosi.

Kata-kata meredam emosi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Manusia hebat adalah manusia yang bisa mengendalikan diri saat dikuasai amarah, tenang saat dipermalukan, tersenyum saat diremehkan."

2. "Semoga kita sabar dan menikmati proses kehidupan. Sukses atau tidak sepenuhnya menjadi rahasia Tuhan."

3. "Orang sabar bukanlah orang yang tidak memiliki rasa marah, tetapi orang yang dewasa dan kuat untuk mengendalikan amarahnya."

4. "Bersabar saat menemui cobaan dan bersyukur untuk semua kekurangan dan kelebihan yang dimiliki adalah cara terbaik untuk mendewasakan diri."

5. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan, semangat untuk hari ini. Jalani dengan ikhlas dan penuh kesabaran."

6. "Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar."

7. "Sabar dan ikhlas adalah satu-satunya ketulusan yang sangat luar biasa."

8. "Berusahalah untuk sabar karena sabar merupakan sebuah usaha."

9. "Kesabaran itu mungkin menyakitkan, tetapi kesabaran akan menjadi kesempurnaan di masa depan."

10. "Sabar dan syukur adalah rumusan kebahagiaan hakiki."

11. "Lebih baik menangis daripada marah, karena marah akan menyakiti orang lain, sementara air mata mengalir tanpa suara melalui jiwa dan membersihkan hati."

12. "Jangan pernah membuat suatu keputusan ketika sedang marah, karena air yang mendidih tidak bisa digunakan untuk bercermin."

13. "Marah adalah sebuah perasaan yang membuat mulut kalian bereaksi lebih cepat daripada pikiran."

14. "Jangan pernah ragu membuang hal yang buruk, ingatlah jika ingin terbang tinggi, kamu harus meninggalkan hal yang memberatkanmu."

15. "Kadang lebih baik diam, daripada menjelaskan apa yang kita rasakan, karena menyakitkan ketika mereka bisa mendengar tapi tak bisa mengerti."

16. "Jangan mudah terpancing emosi oleh orang lain. Ketika ada seseorang yang ingin memancing emosimu, sebaiknya berilah senyuman kepadanya."

17. "Banyak kerugian yang terjadi akibat ulah orang yang tidak bisa mengontrol diri. Sebenarnya, orang yang selalu marah-marah akan merugi."

18. "Tak peduli dia akan membalas senyummu atau tidak, yang terpenting ialah hal ini menunjukkan kalau kamu tidak terpancing emosi akibat ulahnya."

19. "Tenangkan diri karena amarah akan membuat kamu tidak bisa berpikir dengan tenang."

20. "Menghadapi masalah dengan rasa amarah akan sia-sia. Ketika marah, akan sulit untuk mengontrol diri sendiri."

21. "Seseorang yang bisa memiliki sikap sabar ialah orang yang hebat karena tidak semua orang bisa melakukannya."

22. "Ketika kamu mendapati ada seseorang yang membencimu, tak perlu dihiraukan."

23. "Amarah tidak menyelesaikan permasalahan, justru akan timbul masalah baru jika kamu menghadapi suatu permasalahan dengan emosi yang meluap-luap."

24. "Fokus pada hasil terbaik, bukan pada hasil tercepat atau termudah, di situlah kesabaran kita dinilai."

25. "Jangan menyerah saat hidup memberi kita seratus alasan untuk bersedih dan menangis, jangan menyerah atau berkeluh kesah."

26. "Sakit hati itu masa lalu, berjuang meraih sukses itu masa kini, dan masa depan adalah bahagia bersama orang-orang yang menyayangiku."

27. "Untuk mendapatkan sesuatu yang indah membutuhkan proses yang panjang dan perjuangan."

28. "Terkadang kamu harus mengalami kegagalan, supaya kau tahu caranya untuk bangkit dan berdiri tegak kembali."

29. "Ketika keadaan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, ingatlah bahwa Tuhan mengetahui apa yang kita butuhkan."

30. "Semakin kita merasa memiliki, maka semakin berat pula kita untuk bersabar. Tetapi jika kita yakin bahwasanya semua hanyalah titipan, maka tentu akan mudah kita untuk bersabar."

31. "Kamu memiliki kekuatan dalam dirimu untuk bangkit tentang apa pun yang saat ini berusaha untuk menjatuhkanmu."

32. "Ketika kesehatan emosional kita dalam keadaan buruk, begitu juga tingkat harga diri kita. Kita harus memperlambat dan menangani apa yang mengganggu kita, sehingga kita dapat menikmati kegembiraan sederhana menjadi bahagia dan damai dengan diri kita sendiri."

33. "Untuk meningkatkan efektivitasmu, jadikan emosimu lebih rendah dari komitmenmu."

34. "Jawaban yang kamu cari tidak pernah datang ketika pikiran sibuk, mereka datang ketika pikiran diam, ketika keheningan berbicara paling keras."

35. "Jika kamu sabar dalam satu saat kemarahan, kamu akan lolos dari seratus hari kesedihan."

36. "Orang-orang terkuat bukanlah mereka yang menunjukkan kekuatan di depan kita, tetapi mereka yang memenangkan pertempuran yang tidak kita ketahui."

37. "Apa pun yang menjatuhkanmu pada akhirnya akan membuatmu lebih kuat."

38. "Kemarahan seperti badai yang muncul dari dasar kesadaranmu. Ketika kamu merasakannya datang, alihkan fokus ke napasmu."

39. "Lain kali kamu merasakan kemarahan meningkat dalam dirimu, buat jarak dengan dirimu sendiri. Larutkan 'aku' yang telah tersinggung dan kamu akan melihat bahwa semua tanda-tanda kemarahan akan menghilang."

40. "Mereka merusak bagian tubuhku yang salah. Mereka mematahkan sayapku dan lupa kalau aku punya cakar."

41. "Jangan mudah terpancing emosi oleh orang lain. Ketika ada seseorang yang ingin memancing emosimu, sebaiknya berilah senyuman kepadanya."

42. "Tak peduli dia akan membalas senyummu atau tidak, yang terpenting ialah hal ini menunjukkan kalau kamu tidak terpancing emosi akibat ulahnya."

43. "Jangan seperti mereka yang lebih mendahulukan emosi dibandingkan berpikir dengan kepala dingin sebelum melakukan tindakan anarkis."

44. "Banyak kerugian yang terjadi akibat ulah orang yang tidak bisa mengontrol diri. Sebenarnya, orang yang selalu marah-marah akan merugi."

45. "Amarah tidak akan menyelesaikan masalah."

46. "Jika kamu memiliki permasalahan, janganlah menghadapinya dengan amarah."

47. "Sebaiknya, tenangkan diri karena amarah akan membuat kamu tidak bisa berpikir dengan tenang."

48. "Bisa jadi, apa yang kamu lakukan tidak tepat. Sebaiknya redam amarahmu kemudian berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pikiran tenang dan rileks sehingga kamu bisa mengambil tindakan yang tepat."

49. "Menghadapi masalah dengan emosi akan sia-sia. Ketika sedang emosi, kamu tidak bisa mengontrol diri kamu sendiri."

50. "Lantas, bagaimana mungkin kamu bisa menyelesaikan permasalahan dengan rasa amarah di dada."

51. "Lawan emosimu dengan kesabaran dan hati yang tenang."

52. "Yang namanya sabar, itu tidak ada batasnya. Seseorang yang bisa memiliki sikap sabar ialah orang yang hebat karena tidak semua orang bisa melakukannya."

53. "Sabar merupakan satu kata yang mudah diucapkan, namun sulit dilakukan."

54. "Hakikatnya sifat manusia ialah penuh cinta dan kelembutan."

55. "Ketika memiliki amarah, redamlah secara perlahan. Jangan buat dirimu malu dengan melakukan tindakan dan mengeluarkan perkataan yang sangat tidak pantas."

56. "Jangan balas kebencian dengan kebencian."

57. "Orang yang mengandalkan otot dan amarah ialah orang yang kurang ilmu."

58. "Kemarahan itu bisa merusak amal, seperti cuka merusak madu."

59. "Ketika berhadapan dengan orang-orang, ingatlah bahwa kamu tidak berurusan dengan makhluk logika, tetapi dengan makhluk emosi."

60. "Lepaskan waktu dan tempat yang tepat sebelum kamu meledak di waktu dan tempat yang salah."

Kata-kata motivasi untuk redamkan emosi dari para tokoh.

Kata-kata meredam emosi © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

 

61. "Menulis itu baik, berpikir lebih baik. Kebijaksanaan itu baik, sabar lebih baik." - Herman Hesse.

62. "Sabar ketika di-bully itu pahit rasanya. Tapi kadang yang pahit itu justru yang bisa menyembuhkan luka." - Merry Riana.

63. "Menyesal sama seperti mengejar bayangan kita sendiri, semakin dikejar, semakin jauh dari jalan keluar." - Bong Chandra.

64. "Siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu." - Tere Liye.

65. "Memaafkan orang lain bukanlah kelemahan. Hanya orang kuat yang mampu memberikan maaf." - Mufti Ismail Menk.

66. "Atribut terbaik yang bisa dimiliki seorang mukmin adalah sifat memaafkan." – Hasan Al-Bashri.

67. "Jadilah seperti bunga yang memberikan keharumannya bahkan kepada tangan yang telah menghancurkan keindahannya." - Ali bin Abi Thalib.

68. "Orang yang paling bermurah hati adalah dia yang mau memberikan maaf ketika dia mampu membalasnya." – Husein bin Ali.

69. "Jangan biarkan orang lain membuatmu marah hingga sampai pada titik di mana kamu menjelma menjadi seseorang yang bahkan kamu sendiri tidak mengenalinya." – Abdulbarry Yahya.

70. "Kemarahan diawali dengan kegilaan dan akan berakhir dengan penyesalan." – Ali bin Abi Thalib.

71. "Ketika pasanganmu sedang marah, kamu harus bersikap tenang. Karena ketika salah satunya adalah api, maka yang satunya harus bisa menjadi air yang memadamkannya." – Umar bin Khattab.

72. "Sabar sesaat ketika sedang marah akan menyelamatkanmu dari ribuan penyesalan." – Ali bin Abi Thalib.

73. "Orang baik juga bisa marah, akan tetapi mereka menekan amarah itu seperti menelan sesuatu dengan cepat." – Nouman Ali Khan.

74. "Kemarahan adalah musuhmu. Taklukkan dia, dan jangan biarkan amarah itu mengalahkanmu." – Ali bin Abi Thalib.

75. "Sabar itu nggak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti nggak sabar." - Abdurrahman Wahid.

76. "Jatuh hati mengajarkan aku bagaimana memberanikan diri. Juga bagaimana menjadi sabar saat kau tinggalkan sendiri." - Boy Chandra.

77. "Semua keberhasilan terbaik anda, datang setelah kekecewaan besar yang anda hadapi dengan sabar." - Mario Teguh.

78. "Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan." - Aa Gym.

79. "Jadilah seperti lilin, yang tidak pernah menyesal saat nyala api membakarmu. Jadilah seperti air yang mengalir sabar. Jangan pernah takut memulai hal baru." - Tere Liye.

80. "Siapa yang sabar dia akan meraih apa yang diinginkannya." - Habiburrahman El Shirazy.

81. "Siapa pun bisa marah - itu mudah. Tetapi untuk marah dengan orang yang tepat, ke tingkat yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk tujuan yang benar, dan dengan cara yang benar - itu tidak mudah." - Aristotle.

82. "Apapun yang dimulai dari kemarahan akan berakhir memalukan." - Benjamin Franklin.

83. "Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda kelemahan dan keputusasaan, tetapi manifestasi dari kekuatan dan resolusi." - Kahlil Gibran.

84. "Orang tidak akan punya waktu untuk Anda jika Anda selalu marah atau mengeluh." - Stephen Hawking.

85. "Pejuang terbaik tidak pernah marah." - Lao Tzu.

86. "Kemarahan besar hanya ada dalam dada orang-orang yang berpikir bodoh." - Albert Einsten.

87. "Ketika kamu marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum kamu bicara. Jika kamu sangat marah, hitunglah sampai seratus." - Thomas Jefferson.

88. "Saat kau membalas kebencian dengan amarah dan caci maki, saat itulah musuhmu menang." - Andy F Noya.

89. "Cinta dan kelembutan adalah sifat manusia, amarah dan gairah nafsu adalah sifat binatang." - Jalaluddin Rumi.

90. "Untuk mencintai, kamu harus memiliki kekuatan. Kekuatan melawan amarah dengan kesabaran dan kekuatan memaafkan dengan ketulusan." - Mario Teguh.

91. "Ternyata, banyak hal yang tidak selesai dengan amarah." - Iwan Fals.

92. "Lemparkan senyum kepada yang memancing amarah." - Harry Slyman.

93. "Orang yang ahli dalam kesabaran adalah tuan atas segalanya." - George Savile.

94. "Jaga amarahmu. Keputusan yang dibuat dalam kemarahan tidak pernah masuk akal." - Ford Frick.

95. "Mengekspresikan kemarahan adalah bentuk membuang sampah sembarangan di depan umum." - Willard Gaylin

96. "Kemarahan adalah kegilaan sesaat, jadi kendalikan hasratmu atau itu akan mengendalikanmu." - GM Trevelyan.

97. "Kemarahan, jika tidak terkendali, sering kali lebih menyakitkan bagi kita daripada luka yang memprovokasi itu." - Lucius Annaeus Seneca.

98. "Nafsu yang menyebabkan marah dan dengki." - Buya Hamka.

99. "Saat marah, hitung sampai sepuluh sebelum bicara. Jika sangat marah, hitung sampai seratus." - Thomas Jefferson.

100. "Marah tidak menyelesaikan apa-apa." - Grace Kelly.

101. "Kemarahan itu seperti badai yang muncul dari dasar kesadaranmu. Saat kamu merasakannya datang, alihkan fokusmu ke napas." - Thich Nhat Hanh.

102. "Saya percaya kemarahan adalah emosi yang terbuang, dan saya tidak suka membuang-buang emosi." - Jim Webb.

103. "Berapa banyak orang yang telah mengacungkan tangan pada saat sedikit lebih banyak usaha, sedikit lebih banyak kesabaran akan mencapai kesuksesan." - Elbert Hubbard.

104. "Bersabarlah dengan segala hal, tapi pertama-tama dengan dirimu sendiri." - Santo Francis de.

105. "Kesabaran bukanlah kemampuan untuk menunggu, tetapi kemampuan untuk menjaga sikap yang baik saat menunggu." - Joyce Meyer.

106. "Tidak ada kesalahan yang lebih besar dari kebencian. Dan tidak ada yang lebih hebat dari kesabaran. Jadi saya berusaha dengan segala cara untuk belajar kesabaran." - Buddha.

107. "Orang bijak lebih unggul dari hinaan apa pun yang dapat ditimpakan kepadanya, dan jawaban terbaik untuk perilaku yang tidak pantas adalah kesabaran dan kesederhanaan." - Molière

108. "Kemarahan tidak menyelesaikan masalah - kemarahan hanya memperburuk keadaan. Saya mengikuti pepatah lama, 'Jangan membuat keputusan penting saat Anda marah." - Lionel Sosa.

109. "Kemarahan adalah emosi yang tidak perlu. Banyak hal dalam hidup dapat memicunya, tetapi yang penting adalah bagaimana Anda bereaksi. Saya memilih untuk tidak bereaksi." - Nicola Adams.

110. "Saat kemarahan meningkat, pikirkan konsekuensinya." - Confucius.

111. "Kesabaran dan perjalanan waktu lebih berkuasa dari kekuatan dan kemarahan." - Jean Fontaine.

112. "Dia, yang membuatmu marah, mengalahkanmu." - Elizabeth Kenny.

113. "Menjadi marah berarti membalas kesalahan orang lain pada diri kita sendiri." - Alexander Pope.

114. "Ada dua hal yang tidak boleh membuat orang marah, apa yang bisa mereka bantu, dan apa yang tidak bisa mereka lakukan." - Plato.

115. "Anda tidak marah dengan orang lain ketika Anda menertawakan mereka. Humor mengajarkan toleransi." - William Maugham.