Brilio.net - Dalam memimpin negara, kemampuan untuk berdiplomasi dengan negara lain tentu sangat penting. Karenanya setiap pemimpin negara berkunjung ke negara lain, senantiasa dihidangkan menu kesukaan negara tamu. Begitu halnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima kunjungan para tamu negara. Presiden bersama jajaran Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, kerap menghidangkan menu kesukaan tamu.

Pemilihan menu kesukaan tamu negara ini dimaksudkan untuk menghormati budaya tamu karena simbol-simbol diplomatik bisa dilakukan mulai dari pemilihan makanan. Namun biasanya Kementerian Sekretariat Negara RI juga tetap memperkenalkan budaya Indonesia. Lalu makanan apa saja yang sudah pernah disajikan Presiden Jokowi untuk tamu negaranya? Berikut brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Jumat (10/3) lima sajian khas Indonesia yang Presiden Jokowi pernah hidangkan untuk tamu negara.

1. Nasi pandan saat menjamu para peserta KTT IORA.

menu khas istana © 2017 brilio.net

foto: facebook.com/KemensetnegRI

Loading...

Nasi pandan dijadikan menu saat menjamu Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA). Nasi pandan merupakan masakan khas yang berasal dari Jawa Barat dengan bahan racikan santan, daun pandan, dan daun suji yang dicampurkan pada proses penanakan nasi. Nasi pandan disajikan dengan lauk spesial gulai ikan kakap fillet, kentang goreng, dan braised cherry tomatoes.

2. Selat solo salah satu menu utama saat menjamu Raja Salman.

menu khas istana © 2017 brilio.net

foto: Kementerian Sekretariat Negara RI/latitudes.nu

Kepala Sekretariat Presiden mengatakan dalam menjamu kunjungan Raja Arab Saudi, menu makan siang yang akan disajikan merupakan kombinasi antara menu khas Indonesia dan Arab Saudi. Karena Raja Salman mengaku menyukai sayur-sayuran maka Kemensetneg membuatkan selat solo. Selat solo merupakan makanan dari Surakarta yang isinya wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur kecap, dan daging, yang disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut segar. Di beberapa penyajian biasanya selat solo diberi irisan daging.

3. Nasi liwet saat menjamu para delegasi Kunjungan Arab Saudi.

menu khas istana © 2017 brilio.net

foto: facebook.com/tehseduh

Selain selat solo yang disajikan untuk Raja Salman, rombongan delegasi Arab Saudi juga disuguh dengan menu khas Indonesia yaitu nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

4. Asinan jakarta.

menu khas istana © 2017 brilio.net

foto: setneg.go.id/lofoodie.co.id

Peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) hari yang berlangsung dua tahun lalu banyak dihidangkan menu khas Indonesia. Para pimpinan negara peserta KAA ini dijamu makan malam oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Salah satu menu yang khas adalah asinan jakarta. Sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran, pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka, serta bahan yang diacarkan berupa berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

5. Serabi bandung disajikan dengan kunyit asem sorbet.

menu khas istana © 2017 brilio.net

foto: setkab.go.id/imgrum.net

Selain dijamu dengan asinan jakarta, para peserta KAA juga dijamu dengan hidangan serabi bandung yang disajikan dengan kunyit asem sorbet. Hidangan tersebut disajikan di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta bersamaan dengan menu makan malam para peserta KAA.