Brilio.net - Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution mempersatukan semua elemen masyarakat. Mulai dari tukang becak di Solo, hingga pemuka Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah saling mendukung kelancaran hajatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Bertempat di Graha Saba Buana, Solo, Kahiyang-Bobby mengikat janji sehidup semati. Perhelatan ini dihadiri oleh banyak tokoh masyarakat seperti mantan presiden, seleb Tanah Air, dan lain-lain.

Pernikahan ini pun ternyata memiliki beberapa keunikan tersendiri. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (8/11), berikut 5 hal unik saat Kahiyang-Bobby sah menjadi suami-istri.


1. Jokowi tidak mengambil cuti.

keunikan kahiyang pernikahan © 2017 brilio.net

foto: Biro Pers Setpres


Presiden Joko Widodo tidak mengambil cuti walaupun sedang punya hajatan besar. Koordinasi kepemerintahan dilaksanakan di Solo. Bahkan, Jokowi masih sempat untuk rapat dengan menterinya selama rangkaian acara pernikahan Kahiyang-Bobby.

"Ini terus pekerjaan mengalir, walau duduk di situ tetap kerja. Memang Pak Presiden tidak memutuskan cuti karena ingin pekerjaan tersebut mengalir," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno, seperti dilansir dari Kapanlagi.

Selain itu, Jokowi juga menyempatkan diri untuk pergi ke Sragen dalam acara penyerahan sertifikat untuk rakyat.


2. Petugas kebersihan dan tukang becak dapat seragam batik.

keunikan kahiyang pernikahan © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com


Petugas kebersihan mendapat seragam batik dalam menjalankan tugasnya. Dilansir dari merdeka.com, 57 petugas akan dikerahkan dalam hajatan pernikahan putri Jokowi ini.

"Sebanyak 57 petugas kebersihan ini kita sebar di sekitar kediaman presiden, gedung pernikahan Graha Sabha Buana, dan tiga lokasi parkir tamu, yakni GOR Manahan, Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar. Selain itu, kami menyiapkan enam toilet portable di lokasi yang sama," kata Kepala DLH Kota Surakarta, Hasta Gunawan.

Selain itu, tukang becak juga dikerahkan untuk mengantar tamu. Sebanyak 50 pengemudi becak berseragam batik siap bertugas pada hari H, Rabu (8/11).


3. 5 MC senior pakai Bahasa Jawa untuk memandu pernikahan Kahiyang-Bobby.

keunikan kahiyang pernikahan © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com


Tak tanggung-tanggung, selama rangkaian pernikahan putri Jokowi ini ada 5 MC yang siap memandu acara. Tauvik Widodo, Sari Nugroho, Widarsi Suranto, Slamet Abi dan Umitjasih Lestari. Mereka memiliki tugas masing-masing dalam acara tersebut.

"Pasti saya merasa bangga ditugasi sebagai pembawa acara mantu Pak Jokowi," ujar Widarsi yang didapuk sebagai MC saat acara siraman dan midodareni.


4. Relawan ada yang melahirkan saat persiapan pernikahan.

keunikan kahiyang pernikahan © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com


Relawan untuk pernikahan anak presiden ini datang dari segala penjuru Indonesia. Ada saja kisah menarik datang dari mereka. Salah satu relawan, Rusnawati melahirkan pada Selasa (7/11). Dilansir dari merdeka.com, Rusniwati merupakan relawan KRPP (Komite Relawan Penggerak Pancasila) yang datang dari Bogor.

"Dalam persalinannya secara normal dibantu relawan lainnya," ungkap Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi.


5. Pemuka Muhammadiyah dan NU menjadi saksi janji sehidup semati Kahiyang-Bobby.

keunikan kahiyang pernikahan © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@fanisehatiku


Ketua PB NU Prof Dr KH Said Aqil Siraj memberikan khotbah nikah tentang budaya agama Islam Nusantara. Di sisi lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nasir mendoakan Kahiyang-Bobby agar pernikahannya kokoh dan melahirkan generasi maju bagi Indonesia.

Wah, sejuk deh ya, melihat keberagaman di Indonesia dalam pernikahan Kahiyang-Bobby.