Brilio.net - Indonesia tidak saja kaya akan sumber daya alamnya, tapi juga ragam budaya beserta keunikannya. Potensi lain yang nggak kalah oke adalah sumber daya manusianya. Betapa tidak, dari lebih 250 juta penduduk Indonesia, mayoritasnya adalah usia produktif. Artinya, Indonesia memiliki jumlah anak muda yang sangat banyak.

Nah, anak muda Indonesia ini ternyata punya keunikan tersendiri yang tak bisa kamu temukan di tempat lain. Bahkan, kamu mungkin nggak menyadarinya.

Apa saja sih fakta-fakta mengejutkan anak muda Indonesia? Simak ulasannya berikut ini yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Senin (22/5). Kamu pun akan takjub mendengarnya!

1. Paling bahagia di dunia.

Fakta mengejutkan anak muda Indonesia, Istimewa

foto: Instagram/@awanistudento

Siapa sangka, anak muda Indonesia tergolong sebagai anak muda yang paling bahagia di dunia. Hasil penelitian yang dilakukan sebuah organisasi Inggris, Varkey Foundation menyebutkan skor yang dimiliki anak muda Indonesia mencapai 90 persen. Angka tersebut termasuk paling besar di antara 20 negara lainnya seperti India, Amerika Serikat, China, Rusia, Kanada, Brasil, Afrika Selatan, Jerman, Inggris, Korea Selatan, dan masih banyak lainnya.

Parameter kebahagiaan dari penelitian ini melingkupi tentang kepuasaan anak muda terhadap hidup mereka. Penelitian ini dilakukan pada September-Oktober 2016 dengan responden kelahiran 1995 hingga 2001. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka merasa puas dengan kehidupannya. Optimisme yang dimiliki anak muda pun cenderung besar. Kesehatan emosional mereka pun baik seperti tingginya perasaan dicintai.

2. Pengguna internet paling banyak.

Fakta mengejutkan anak muda Indonesia, Istimewa

foto: pexels.com

Era keterbukaan informasi ini mendukung banyaknya orang menggunakan ponsel pintar (smartphone). Tak heran apabila jumlah pengguna internet di Indonesia sangat banyak. Merujuk pada data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia disebutkan bahwa sebanyak 97,4% orang Indonesia banyak mengakses media sosial dengan internet.

Ada pun rentang usia pengguna internet paling banyak ditempati oleh anak muda. Sebanyak 80% anak muda pada usia 20-24 tahun dan 25-29 tahun adalah pengguna internet. Angka tersebut setara dengan 22,3 juta jiwa penduduk Indonesia.

3. Kreatif dan penuh ide segar.

Fakta mengejutkan anak muda Indonesia, Istimewa

foto: pexels.com

Anak muda identik dengan golongan yang bebas dan tak mau dikekang. Kebebasan tersebut jika dikelola dengan baik akan mengarah pada hal positif di mana mereka punya banyak ide segar di pikirannya.

Nah, anak muda Indonesia ini terbukti punya kreativitas yang tinggi dalam berbagai bidang keahlian, misalnya film, musik, kesenian, animasi, desain, dan lainnya. Bahkan, banyak di antaranya yang berhasil bersaing di kancah internasional.

4. Banyak yang punya bisnis di industri kreatif.

Fakta mengejutkan anak muda Indonesia, Istimewa

foto: archtendencias.com.br

Dewasa ini, jumlah wirausaha di Indonesia hanya sekitar 1,65% dari total penduduk. Angka tersebut terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan negara lainnya. Namun demikian, seiring kemudahan teknologi dan informasi jumlah pengusaha di Indonesia akan semakin meningkat. Hal tersebut terjadi lantaran generasi muda banyak yang tertarik terjun ke dunia bisnis.

Ide atau inovasi yang dimiliki oleh anak muda pun diaplikasikan dalam sebuah bisnis. Berawal dari sekadar hobi, banyak anak muda memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Mereka pun terjun ke dunia bisnis yang selaras dengan rencananya. Industri kreatif di Indonesia pun semakin marak diminati anak muda.

Kamu yang ingin mengembangkan bisnis kreatifmu, tak perlu khawatir. Ada aplikasi kece yang cocok banget buat kamu pengusaha yang berjiwa muda dan kreatif. Beberapa waktu lalu, Tri Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi keren untuk anak muda bernama Bima+. Ada beragam fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk ide-ide kreatifmu. Salah satu yang tak kalah menarik adalah fitur &Co.

&Co sendiri merupakan fitur yang mendukung tumbuhnya ekonomi kreatif di Indonesia. &Co adalah sebuah creative hub yang menjadi tempat bertemunya insan kreatif muda Indonesia. Beragam produk karya anak muda Indonesia bisa ditampung menjadi satu di aplikasi Bima+. Produk fashion, aksesoris, makanan, minuman, dan hobi bisa terwadahi. Kamu pun bisa menjual produkmu di aplikasi Bima+. Yuk, segera download aplikasi Bima+ di Play Store

5. Punya semangat tinggi dan pantang menyerah.

Fakta mengejutkan anak muda Indonesia, Istimewa

foto: pexels.com

Memiliki semangat yang tinggi dan pantang menyerah adalah karakter yang melekat dari anak muda. Bagi anak muda, kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda. Ketika jatuh pun mereka tak segan untuk segera bangkit dan memulai kembali. Mereka selalu memiliki rasa percaya diri yang besar untuk mencapai keinginan mereka.