Tata cara penulisan tesis

1. Menemukan masalah.

2. Mengemukakan fakta adanya masalah.

3. Mengembangkan hipotesis atau menentukan fokus.

4. Mengumpulkan data yang related

5. Melakukan analisis dan menafsirkan data.

6. Menarik kesimpulan.

7. Melakukan generalisasi bila diperlukan

Contoh kalimat tesis dalam teks eksposisi

kalimat tesis bahasa Indonesia teks eksposisi © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

1. Tema Ekonomi

Kondisi ekonomi di banyak negara turut terdampak akibat pandemi Covid-19. Negara yang sanggup membiayai kebutuhannya tidak berhutang pada negara lain. Alokasi budget yang besar untuk penanganan Covid-19 diharapkan mampu menurunkan jumlah orang terinfeksi sekaligus meningkatkan persentase kesembuhan para pasien. Di Indonesia, hingga akhir bulan Agustus 2021 pemerintah sudah mengalokasikan anggaran Rp 30,1 triliun untuk menangani lebih dari 450 ribu pasien Covid-19.

2. Tema Lingkungan

Kualitas udara di dunia memiliki standar yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Setelah WHO merilis "2005 Air Quality Guidelines" pada 2006, standar tersebut diperbarui pada 2021 sebagai bentuk kepedulian penanganan terhadap polusi.

Pemberlakuan standar yang ketat di berbagai kota di dunia menunjukkan komitmen dan aksi negara tersebut untuk mengurangi dampak polusi udara terhadap kesehatan masyarakat.

Tidak ada polusi udara yang aman, bahkan di lokasi yang tingkat pencemaran udaranya rendah. Paparan udara yang sudah mengalami polusi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

3. Tema Fauna

Mekanisme pertahanan diri pada setiap hewan dipengaruhi berbagai macam faktor, seperti habitat, kondisi lingkungan, jenis musuh, dan sebagainya.

Untuk melindungi diri dari predator dan kondisi cuaca tidak bagus, beberapa jenis burung bersembunyi di balik rumput tinggi.

Serangga juga mampu mengubah warna agar menyerupai kondisi sekitarnya.

Adaptasi pada siput air tawar berupa kombinasi insangnya mampu membuat hewan tersebut beradaptasi di lingkungan yang kandungan oksigennya sangat rendah.

4. Tema Pendidikan

Kemajuan teknologi turut memengaruhi aspek pendidikan di Indonesia. Saat ini, Indonesia memasuki era hybrid learning untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

Hal ini diperkuat dengan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama pandemi Covid-19 yang menggunakan media sosial dibandingkan tatap muka secara langsung. Guru memanfaatkan aplikasi seperti Google Classroom, Zoom, Quizizz, dan sebagainya.

Guru dan murid dengan cepat beradaptasi pada perubahan demi mencapai tujuan pembelajaran.

5. Tema Bahasa Inggris

Garbage treatment technology is the best way to manage waste. In a developing country, solid waste management has still become a problem. In Japan, technology has been implemented to solid waste management and recycling. Other countries such as Germany, Austria, South Korea, Sweden, and Wales also doing those things. In fact, the country which succeeds to recycle waste is Germany.

Penulis: Agung Pradana Putra