Brilio.net - Dalam Bahasa Indonesia teks eksposisi merupakan sebuah bentuk tulisan yang menjelaskan atau menguraikan suatu ide pokok, pokok pikiran, pendapat, informasi maupun pengetahuan penulis tanpa maksud mempengaruhi pembaca. Jadi penulis teks eksposisi dalam bahasa Indonesia mempunyai tujuan menyampaikan suatu hal yang ingin disampaikan dengan sudut pandang tertentu. Teks eksposisi dalam bentuk buku pelajaran dapat berupa berita, esai, laporan dan prosedur.

Tentunya teks eksposisi mempunyai beberapa struktur pembangunnya. Salah satu struktur pembangun dalam teks eksposisi adalah tesis atau yang sering disebut dengan pernyataan penulis. Sebelum mengenal lebih jauh tentang tesis, alangkah baiknya untuk mengetahui tentang definisi, ciri, serta fungsi tesis. Berikut penjelasan tesis dalam teks eksposisi yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/11).

Pengertian tesis

kalimat tesis bahasa Indonesia teks eksposisi © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Tesis merupakan bentuk pernyataan pendapat atau pernyataan umum. Tesis adalah bagian yang berfungsi untuk mengenalkan isu, masalah, gagasan utama, atau pandangan penulis secara umum yang kemudian akan dibahas dalam teks. Pada bagian tesis penulis harus mengungkapkan pandangannya terhadap suatu topik serta seorang penulis tesis juga harus bisa memberikan masalah ataupun topik.

Sebelumnya penulis sudah harus menentukan tujuan dari teks eksposisi. Supaya menjadi tesis dalam teks eksposisi yang utuh setelah itu penulis perlu menyampaikan gagasan utama pada teks eksposisi, penulis juga perlu mencantumkan fakta-fakta pendukung terkait topik yang memuat setuju tidaknya dan boleh tidaknya menurut sudut pandang penulis.

(brl/ola)