Brilio.net - Kamu pasti sering kesulitan mengatur waktu kan? Akibatnya banyak pekerjaan terlewati, pertemuan yang terpaksa diundur, dan lainnya. Nah kali ini ada beberapa solusi yang bisa dicoba.

Ada berbagai macam cara agar orang bisa terus mengikuti berbagai kegiatan namun acara-acara tersebut tidak saling tumpang tindih atau malah mengganggu acara yang lain.

Apa aja sih tipsnya? Berikut brilio.net kutip dari BBC tips-tips yang telah dilakukan oleh orang-orang tersibuk di dunia yang patut kita coba. Simak yuk!

1. Punya banyak kegiatan? Kategorikan per hari!

Tips mengatur waktu dari orang sibuk dunia © 2017 brilio.net-foto: Li Fan/BBC

Loading...

Tau Pinterest kan? Nah Li Fan, Chief of Engineering-nya terapkan cara ini lho. Jadi dia bagi pertemuan besar pada satu hari, pertemuan kecil pada hari khusus, pertemuan dengan perorangan pada hari lain, diskusi dengan anak buahnya pada hari lain.

Hal ini memudahkannya untuk bisa fokus pada hal-hal yang masih berkaitan. Ini bisa diterapkan untuk hal yang lebih kecil. Belajar misalnya. Kamu bisa mengatur agar dalam satu hari, pelajaran yang kamu pelajari di rumah saling berhubungan. Misalnya, matematika, fisika dan semacamnya. Jangan matematika dan kewarganegaraan misalnya. Lebih memudahkan kamu untuk mencerna materi

2. Warnai semua kegiatanmu!

Tips mengatur waktu dari orang sibuk dunia © 2017 brilio.net-foto: Anthony Casalena/BBC

Tips mengatur waktu dari orang sibuk dunia © 2017 brilio.net-foto: 2009.newyork.wordcamp.org

Tips yang dilakukan Anthony Casalena, CEO Squarespace ini mudah banget. Setiap aktifitas mulai dari mandi, nyuci, hingga rapat diwarnai dalam kalender dengan berbagai macam warna.

Kalandernya yang cetak maupun online yaa, alias google calander, dan lainnya. Yang paling penting, waktu kosongmu juga kamu warnai agar kamu tahu seberapa sering kamu selow, dan bisa digunakan untuk kegiatan lain.

3. Mayoritas kerja lewat email, bisa ikuti "inbox zero"

Tips mengatur waktu dari orang sibuk dunia © 2017 brilio.net-foto: hongkiat.com

Maksudnya adalah dengan mengosongkan kotak masuk di emailmu setiap hari. CEO Squarespace, Casalena juga melakukan hal ini untuk menghindari adanya email yang lupa untuk dibuka.

Dengan cara ini, pemberitahuan mendadak, perubahan jadwal, atau informasi baru akan selalu muncul dan lebih mudah untuk disadari apakah sudah dibaca atau belum.

Caranya kamu cuma perlu untuk mengecek email pada waktu tertentu, masukkan ke folder khusus jika perlu, dan hapus jika tidak perlu. Simpel.

4. Pergunakan waktu senggang seefektif mungkin!

Tips mengatur waktu dari orang sibuk dunia © 2017 brilio.net-foto: Emmanuael Arnaud/BBC

Bagi Emmanuael Arnaud, CEO GuestToGuest dan HomeExchange, hal paling mudah untuk dapat melakukan tugasnya dengan tepat waktu adalah dengan mengisi waktu luang.

Misalnya saat makan siang, istirahat, jalan atau naik bus ke sekolah atau kantor. Kamu bisa lho untuk mengisi waktu ini melakukan tugas-tugas ringan yang tidak terlalu menyita pikiran.

5. Carikan waktu khusus untuk "Me Time".

Tips mengatur waktu dari orang sibuk dunia © 2017 brilio.net-foto: Grant Langston/BBC

Tips yang diterapkan ole CEO eHarmony, Grant Langston untuk dapat selalu fokus dalam pekerjaannya. Pekerjaannya yang menuntut dia untuk selalu bertemu orang setiap saat membuatnya cepat jenuh.

Caranya simpel, kamu cuma perlu untuk mencari waktu beberapa menit untuk menyendiri. Di waktu ini kamu bisa mengatur jadwal, melakukan tugas, dan melakukan hal produktif lainnya tanpa diganggu.

Wah banyak kan cara mudah yang bisa kita lakukan agar produktifitasmu semakin meningkat. Kamu bisa lho menggabungkan tips-tips ini.