Brilio.net - Melihat betapa sibuknya lalu lintas jalanan dari seluruh negara tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Tapi pernahkah kamu membayangkan bagaimana sibuk dan padatnya "lalu lintas" pesawat udara yang melintas di atas negara dari seluruh bandara dunia?

Lihatlah karya menakjubkan foto pemandangan pesawat lepas landas dari bandara dengan judul 'Airportraits' di bawah ini. Ialah Mike Milley, seorang fotografer arsitektur berbasis di Los Angeles yang menghabiskan waktu dua tahun untuk membidik foto sebuah pesawat yang sedang terbang melintasi bandara besar di seluruh dunia.

Hasil jepretan Milley kemudian dijadikan dalam satu frame. Tanpa menggunakan animasi, namun dengan mengedit hasil shooting yang diperoleh dalam jam-jam sibuk pesawat lepas landas.

"Inspirasi di balik gambar-gambar ini sederhana. Setelah berhasil membuat jepretan foto yang unik di bandar udara LAX, Los Angeles International Aiport dengan judul 'Wake Turbulence', aku harus berbuat lebih banyak dan mulai berencana untuk memotret pesawat yang lepas landas di beberapa bandara besar dari seluruh dunia. Alasannya karena aku terobsesi dengan pesawat terbang, perjalanan dan melihat tempat-tempat baru serta ingin keluar dari zona nyaman," ungkap Mike Milley.

Penasaran dengan hasil jepretan Mike Milley? Ok, langsung kita lihat yuk karya fotografinya yang menakjubkan, seperti dikutip brilio.net dari Boredpanda.

Loading...

1. Padatnya penerbangan sore hari di Los Angeles.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Foto ini dijepret dari pantai Dockweiler di Los Angeles langsung di bawah jalur penerbangan keberangkatan antara pukul 5-7 sore.

2. Bandara Internasional Dubai.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Dengan latar belakang gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Milley menangkap kesibukan penerbangan bandara ini. Beginilah hasilnya jika pesawat-pesawat yang terbang setiap menit antara pukul 6-8 pagi jika diilustrasikan.

3. Wake Turbulence.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Ini adalah gambar asli yang menjadi konsep karya foto Milley selanjutnya. Letak yang strategis yang dijadikan tempat untuk membuat potret ini adalah di sebagian ruang yang terbuka ke arah landas pacu LAX di bagian sebelah utara bandar udara Internasional Los Angeles. Waktu yang dipergunakan adalah pada saat jam sibuk waktu lepas landas di pagi dan siang hari.

4. Padatnya penerbangan di bandara Zurich, Swiss.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Setelah menempatkan posisi kamera dengan sudut yang tepat terhadap pergerakan pesawat yang sedang lepas landas, kamera di setting dalam posisi otomatis dengan remote. Hasilnya, pesawat dengan arah yang berlainan dengan arah dan tujuan yang berbeda dapat ditangkap dan dikombinasikan dengan sangat menarik.

5. Bandar Udara Internasional Heathrow, bandara tersibuk di Kota London.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Milley mendatangi bandara-bandara besar di dunia, salah satunya bandara di Kota London ini. Foto ini dijepret pada pagi hari saat pesawat hendak mendarat di London Heathrow. Tampak betapa banyaknya pesawat yang mendarat di bandara ini setiap menitnya.

6. Pemandangan di atas langit sekitar Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Bandara Schipol dikelilingi oleh kanal Belanda klasik dan banyak rumput hijau di sekitarnya. Langit mendung memberikan latar belakang yang menarik pada gambar ini.

7. Penerbangan pada jam-jam sibuk di Bandar Udara Munich, Jerman.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Pesawat mendarat selama jam sibuk di pagi hari berhasil ditangkap lewat kamera Milley dari ujung landasan. Bandara Udara Munchen melayani penumpang hampir dua kali lebih banyak daripada bandara tersibuk lainnya di negara Jerman.

8. Bandar Udara Internasional Frankfurt, bandara terbesar di Jerman.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Foto ini diambil pada bulan Juli 2015, ketika daratan Eropa mengalami beberapa badai dalam satu dekade. Meskipun demikian, tetap terlihat bagaimana padatnya lalu lintas bandara yang menggunakan sistem pengurusan bagasi otomatis itu.

9. Bandar Udara Internasional Heathrow, London, dengan pemandangan langit yang berbeda.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Butuh waktu tiga kali perjalanan ke London untuk mendapatkan gambar ini. Cuaca di London sering berubah sehingga sangat sulit untuk mendapatkan latar belakang langit yang cerah. Beruntungnya, foto ini berhasil diambil oleh Milley meskipun tampak ada beberapa awan yang mengganggu. Foto ini juga jadi salah satu gambar favorit Milley dari semua karya fotografinya.

10. Awan gelap dari atas langit Bandara Internasional Dubai.

lalu lintas udara padat © 2016 brilio.net

Milley menangkap kesibukan penerbangan Bandar Udara Internasional Dubai. Setiap menit selalu ada saja penerbangan internasional di bandara ini. Kamera yang dilengkapi dengan alat pengoperasian jarak jauh (remote) menjadikan posisi Milley menjadi lebih mudah untuk membidik setiap pergerakan pesawat.