Brilio.net - Tidak terasa 2021 sudah datang. Segala persiapan menyambut tahun baru dan melepas kepergian 2020 pun dimulai. Segala hal dan masalah yang pernah terjadi sepanjang 2020, jadikan pelajaran dan pengalaman kehidupan.

Meski pergantian tahun kali ini tidak bisa dirayakan karena pandemi, kamu bisa menyambutnya dengan berbagi ucapan positif penuh doa.

Banyak kata-kata indah penuh doa menyambut Tahun Baru 2021 yang bisa kamu ucapkan. Salah satunya adalah dengan kata-kata dari bahasa Jawa.

Selain punya arti bijak, bahasa Jawa juga kaya akan filosofi kehidupan. Tutur katanya yang santun dan intonasi cukup unik, menambah kesan apik bahasa Jawa.

Berikut kumpulan ucapan selamat Tahun Baru 2021 menggunakan bahasa Jawa, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (29/12).

Loading...

Ucapan selamat Tahun Baru 2021 bahasa Jawa dan artinya.

Tahun Baru 2021 Jawa © freepik.com

foto: freepik.com

Kebahagiaan dan kesedihan turut menghiasi hari-hari sepanjang tahun. Begitu pula pada 2021 nanti, pasti akan ada pengalaman baru yang mungkin tidak bisa kamu lupakan.

1. "Kembang api membuncah neng duwur langit nyambut tahun anyar 2021. Wilujeng enggal taon sederek rencang." (Kembang api sudah bersinar di atas langit menyambut Tahun Baru 2021. Selamat tahun baru kawan semua)

2. "Suci neng ati tumatining laku, ngaturaken sugeng tanggap warsa." (Suci di hati dan perlakuan, mengucapkan selamat tahun baru)

3. "Nyambut taun anyar kanthi pangarep-arep nyata." (menyambut Tahun Baru dengan harapan nyata)

4. "Kula haturaken slamet dinten tahun baru." (Saya ucapkan selamat tahun baru)

5. "Mohon, mangesthi, mangastuti, marem." (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama)

6. "Merry Christmas. Gawe Serangkaian Kekarepan Natal taun iki, ora apa-apa yen ora diwujudake. Alon-alon, lulus taun iki kanthi sehat minangka berkah saka Gusti sajrone pandemi. Sabar lan bersyukur, matur nuwun Gusti." (Selamat Natal. Buatlah rangkaian harapan Natal tahun ini, tidak mengapa impian belum terealisasi. Perlahan, sudah melewati tahun ini dengan sehat merupakan berkat dari Tuhan di masa pandemi. Sabar dan bersyukur, terima kasih Tuhan)

7. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

8. "Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran." (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan)

9. "Opo artine tahun baru nek ora disemangati karo optimis anyar." (Apalah makna tahun baru tanpa disertai optimisme baru)

10. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

11. "Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan." (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran)

12. "Dino iki iku hadiah paling apik seko usaha wingi, kanggo ngawali tahun baru." (Hari ini adalah hadiah atas usaha kita kemarin, untuk mengawali tahun baru)

13. "Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati." (Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat)

14. "Nyambut 2021 kaleh suka cita. Mugi-mugi kabeh pinuwun saget terlaksana." (Sambutlah tahun baru 2021 dengan penuh sukacita. Semoga segala keinginan bisa terlaksana)

15. "Urip kang utama, mateni kang sempurna." (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya)

16. "Ketemuan karo konco lawas. Sugeng wilujeng enggal taon 2021." (Bertemu sahabat lama. Selamat Tahun Baru 2021)

17. "Sugeng tanggap warsa, muga-muga resolusi sing dikarepake bisa diwujudake." (Selamat tahun baru semoga resolusi yang diinginkan dapat terwujud)

18. "Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta'aken manungsa!" (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia

19. "Mulo ing tahun 2021 iki, ayo di rubah di apikno. Omongane kelakuane di jogo." (Jadi di tahun 2021 ini, ayo semua dirubah jadi lebih baik lagi. Menjaga bicara dan sikap misalnya)

20. "Ojo rumongso biso, nanging bisoho rumongso." (Jangan merasa bisa, tapi jadilah agar bisa merasa)

Kata-kata selamat Tahun Baru 2021 bahasa Jawa, penuh doa dan harapan.

Tahun Baru 2021 Jawa © freepik.com

foto: freepik.com

Menyambut 2021, jangan lupa untuk terus berdoa kepada Tuhan. Supaya segala langkah yang kamu ambil mendapatkan restu seiring waktu.

21. "Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan." (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan)

22. "Sugeng wilujeng 2021 yo konco." (Selamat tahun baru 2021 ya teman)

23. "Ayo dongo lan guyu bareng kanggo menyongsong ganti ne tahun isuk sek luweh apik." (Mari berdoa dan saling tersenyum bersama untuk menyongsong pergantian tahun yang memukau)

24. "Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan

25. "Alam iki sejatining guru." (Alam adalah guru yang sejati)

26. "Tahun baru kui digambarke buka lembaran anyar kaya kertas kosong." (Tahun baru bagaikan membuka lembaran baru berupa kertas kosong)

27. "Sepi ing pamrih, rame ing gawe, banter tan mblancangi, dhuwur tan nungkuli." (Tidak mengharap imbalan dan bekerja penuh semangat, cepat tanpa harus mendahului, tinggi tanpa harus melebihi)

28. "2020 mung kari sejarah kari cerito. 2021 kebak pengarep-pengarep lan rencono. Mugo tahun 2021 luwih apik timbang 2020." (2020 hanya tinggal sejarah. 2021 penuh dengan harapan dan rencana. Semoga tahun 2021 lebih baik dibanding 2020)

29. "Ngelmu iku kalakone kanthi laku. Lekase lawan kas. Tegese kas nyantosani. Setya budya pangekese dur angkara." (lmu itu didapatnya berdasarkan mencari dan berusaha. Karena sebuah proses itu yang menciptakan kekuatan dari ilmu. Sebab sebuah proses itu dapat menghilangkan keangkara murkaan terhadap penguasaan ilmu)

30. "Sugeng wilujeng 2021. Mugi tansah binerkahan Gusti." (Selamat tahun baru 2021. Semoga tambah diberkahi Tuhan)

31. "Gusti Allah mboten sare." (Tuhan tidak pernah tidur)

32. "Wilujeng enggal taon! Mugo gusti Allah maringi kesehatan lan kesuksesan." (Selamat tahun baru. Semoga Allah memberikan kesehatan dan kesuksesan)

33. "Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati." (Harus semangat walau tidak ada yang kasih semangat)

34. "Tahun anyar 2021 Ojo nganti ora tambah opo opo kejobo mung tambah tuo." (Tahun baru 2021 semoga tidak terjadi hal buruk apapun kecuali bertambah tua)

35. "Meneng widara uleran." (Terlihat baik namun sebenarnya buruk)

36. "Tahun baru udu arena pesta, sing penting kui mengoreksi lan evaluasi salah dadi luwih apik meneh neng tahun sesuk." (Tahun baru bukanlah arena pesta, karena yang paling utama yaitu mengoreksi serta mengevaluasi kekeliruan buat jadi lebih baik lagi pada tahun mendatang)

37. "Sugeng Natal lan warsa enggal 2021." (Selama natal dan selamat tahun baru 2021)

38. "Urip mung sakdermo ngelakoni. Ora iso bantah opo sing wis dadai titahe Gusti. Kabeh wis tinakdir kanti takerane pesti 2020 wis di lewati saiki ate 2021 arep di lakoni." (Hidup hanya bisa menjalani. Tidak bisa membantah garis tangan Tuhan. Semua sudah ditakdirkan seperti apa yang terjadi pada 2020. Sekarang sudah menyambut 2021 yang harus dilalui)

39. "Ngeluruk tanpa bala, menang tanpa ngasorake, sekti tanpa aji-aji, sugih tanpa bhanda." (Berjuang tanpa membawa pasukan, menang tanpa merendahkan, berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kaya tanpa didasari harta)

40. "Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu." (Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga)