Brilio.net - Mengambil keputusan untuk berpisah dengan pasangan bukanlah hal yang mudah. Setiap pasangan pasti tidak ingin berpisah pada akhirnya. Namun keputusan itu mungkin adalah yang terbaik. Ada banyak alasan kenapa putus hubungan jadi solusi terakhir untuk diambil, seperti munculnya orang ketiga, pacar cuek, tukang bohong, dan lain sebagainya.

Usai putus, pacar akan berubah status menjadi mantan. Ketika sudah jadi mantan, terkadang rasa kesal, marah, kecewa ataupun sedih masih muncul. Terutama jika seseorang ingat apa alasan dirinya putus dengan sang kekasih.

Untuk mengungkapkan perasaan tersebut, tak sedikit pula yang menggunakan kata-kata sindiran demi menyadarkan sang mantan. Nah, rekomendasi kata-kata sindiran untuk mantan pacar ini, mungkin bisa mewakili perasaanmu. Berikut 105 kata-kata sindiran untuk mantan pacar, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/9).

Kata-kata sindiran bijak untuk mantan pacar.

40 Kata-kata sindiran untuk mantan pacar, antibalikan © 2020 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@quotesmantann

Putus cinta tak harus ditunjukkan dengan kata-kata galau, lho. Kamu bisa menyikapi perpisahan dengan lebih bijak dan dewasa, misalnya seperti kata-kata sindiran bijak sebagai berikut.

1. "Berhentilah menyeberangi lautan untuk orang yang bahkan tak mau melompati genangan air untukmu."

2. "Cinta memang layak diperjuangkan, tapi menjadi tak layak jika kamu yang berjuang sendirian."

3. "Dan sekarang, kamu hanyalah orang asing yang tahu segala rahasia-rahasiaku."

4. "Kadang lebih baik meninggalkan mantanmu di masa lalu daripada membawa kesalahan yang sama untuk masa depanmu."

5. "Kamu dulu segalanya untukku, tapi sekarang kamu hilang dari hidupku. Memang begitulah hidup."

6. "Kamu tak perlu mengatakan apa yang telah kamu lakukan. Aku sudah tahu, aku tahu darinya. Sekarang tidak ada lagi kesempatan bagiku dan dirimu. Tak akan pernah ada."

7. "Lebih baik kita usai di sini, sebelum cerita indah tergantikan pahitnya sakit hati."

8. "Memang sakit untuk melepaskan, tapi akan lebih sakit lagi jika terus bertahan."

9. "Salah satu alasan seseorang sulit temukan bahagia adalah karena mereka selalu melihat masa lalu lebih baik dari pada saat ini."

10. "Tak perlu merasa cemburu saat melihat mantan pacarmu bersama orang lain. Karena orang tua kita mengajarkan untuk memberikan mainan yang sudah tidak terpakai ke orang yang kurang beruntung."

11. "Terkadang kamu harus melupakan apa yang kamu rasakan dan mengingat apa yang pantas kamu dapatkan."

Kata-kata sindiran untuk mantan pacar yang selingkuh.

sindiran untuk mantan pacar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@quotesmantann

Putus karena selingkuh pasti sangat menyakitkan. Namun tak perlu bersedih terlalu lama, kamu juga bisa menggunakan kata-kata sindiran sebagai berikut.

12. "Aku kasihan dengan gadis yang menjadi selingkuhan mantan pacarku. Dia tak tahu lelaki macam apa yang sedang dihadapinya."

13. "Aku pernah mempercayaimu, tapi perkataanmu sekarang tak ada artinya bagiku karena perbuatanmu sudah menunjukkan kebenarannya."

14. "Selingkuh dan berbohong bukanlah ujian, dua hal itu adalah alasan untuk putus."

15. "Berselingkuh adalah hal paling egois yang bisa dilakukan oleh seseorang pada orang lain. Jika kamu tidak bahagia dengan hubungan cintamu, akhiri saja sebelum memulai jalinan asmara yang baru."

16. "Jangan datang hanya untuk singgah, apalagi berselingkuh setelahnya. Lebih baik kamu pergi saja."

17. "Kalau berbohong dan berselingkuh adalah sebuah pekerjaan, kamu pasti sudah menjadi jutawan."

18. "Selingkuh itu gampang. Cobalah lakukan sesuatu yang lebih menantang, seperti setia."

19. "Kamu tidak hanya selingkuh dariku, kamu mencurangi hubungan kita. Kamu tidak hanya mematahkan hatiku, kamu menghancurkan masa depan kita."

20. "Selingkuh itu tanda bahwa kamu tidak siap menjalin hubungan. Jadi sudahi saja."

Kata-kata sindiran untuk mantan pacar yang membuatmu kecewa.

sindiran untuk mantan pacar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@quotesmantannn_

Susah untuk mengobati kekecewaan. Apalagi jika berkaitan dengan harapan yang tak bisa lagi diwujudkan. Nah, kata-kata sindiran untuk mantan yang membuatmu kecewa ini mungkin bisa mewakili perasaan.

21. "Berjuangnya sama aku, giliran sudah berhasil kamu berpaling."

22. "Kalau misalnya air mata bisa menjadi mutiara, sepertinya sudah jadi konglomerat aku dengan segala air mata yang kau buat kemarin."

23. "Sesuatu yang sudah pecah tidak akan bisa kembali utuh lagi."

24. "Karena selama ini aku memang salah, aku hanya berharap pada manusia yang jelas-jelas bikin kecewa. Seharusnya aku hanya berharap pada Tuhan bukan makhluknya."

25. "Suatu saat kau pasti akan menyesal dan ingin kembali lagi. Tapi maaf di saat itu aku sudah menemukan cinta sejatiku."

26. "Sudah cukup kamu melukai hatiku, cukup sampai di sini. Sudah jangan kembali lagi."

27. "Terimakasih karena telah pergi di saat terberatku. Aku baru sadar ternyata aku bisa melaluinya tanpamu."

Kata-kata sindiran lucu untuk mantan pacar.

sindiran untuk mantan pacar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@quotesmantannn_

Terlalu sedih juga tak baik bagi kamu yang sedang putus cinta. Namun jika hatimu masih sangat kesal, kata-kata sindiran lucu untuk mantan pacar ini mungkin bisa menghibur.

28. "Tak perlu merasa depresi hanya karena mantan di masa lalu, itu sama halnya kamu bersedih saat melihat petugas kebersihan mengambil sampah di rumahmu."

29. "Apa benar mantan itu singkatan dari manis tapi setan?"

30. "Berjuangnya sama aku, giliran sudah berhasil kamu berpaling."

31. "Jemuran aja kalo lama digantung bisa ilang, apalagi perasaan."

32. "Kamu mengingatkanku pada receh gopekan. Bermuka dua dan nggak terlalu berharga."

33. "Kamu terdengar lebih merdu ketika mulutmu tertutup."

34. "Konon jika jodoh adalah tulang rusuk, maka mantan sudah menjadi fosil alias tulang belulang."

35. "Maaf kalau aku menyakiti perasaanmu saat aku bilang kamu bodoh. Aku kira kamu sudah tahu."

36. "Omonganmu seperti parfum isi ulang, wangi tapi palsu."

37. "Pacaran kok hanya sebentar? Itu kamu pacaran apa sekedar cium tangan."

38. "Penantian itu kaya cokelat, manis tapi ada tanggal kedaluwarsanya."

39. "Sayang, kalau kamu mau bermuka dua, paling tidak buatlah salah satunya terlihat cantik."

40. "Semoga suatu hari nanti hidupmu bakal seindah apa yang kamu pamerkan di Facebook."

Kata-kata sindiran bahasa Jawa dan artinya untuk mantan.

sindiran untuk mantan pacar © 2021 brilio.net

foto: Istimewa

41. "Ketemu ning Twitter, jadian ning Facebook, yang-yangan ning BBM, pedhot ning WhatsApp, ngedol mantan ning BukaLapak."

(Ketemuan di Twitter, jadian di Facebook, pacaran di BBM, putus di WhatsApp, jual mantan di BukaLapak.)

42. "Kowe ngelih banget, po? Nganthi mangan omonganmu dewe."

(Kamu lapar banget? Sampai makan omonganmu sendiri?)

43. "Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalaran ono wong liyo."

(Cinta datang karena terbiasa, lunturnya cinta datang karena ada orang lain.)

44. "Pie move on e, lancar?"

(Gimana move on-nya, lancar?)

45. "Ketemu mergo Allah, janji demi Allah, tapi lungo demi dee."

(Ketemu karena Allah, janji demi Allah, tapi pergi demi dia.)

46. "Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro."

(Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit.)

47. "Ojo sebut aku mantan. Sebut wae aku alumni. Sopo reti dewe iso reuni."

(Jangan sebut aku mantan. Sebut saja aku alumni. Siapa tahu kita bisa reuni.)

48. "Sing modus dipercoyo sing tulus digawe sengsoro."

(Yang modus dipercaya yang tulus disia-siakan.)

49. "Tresno iku ra delok sopo-sopo, tapi kok kowe pilih sek ngganteng."

(Cinta itu tidak melihat siapa-siapa, tapi kok kamu pilih yang ganteng.)

50. "Tresnoku ge mantan koyo dinosaurus, pernah enek tapi wes punah."

(Cintaku untuk mantan seperti dinosaurus, pernah ada tapi sudah punah.)

51. "Dunyo nambah tuek, arep ngenteni opo maneh, wes wayahe nglalekne mantan."

(Dunia semakin tua, mau nunggu apa lagi, sudah saatnya melupakan mantan.)

52. "Akhire wong seng sering nyakiti bakal ngerasakne disakiti genti."

(Akhirnya orang yang sering menyakiti akan merasakan disakiti juga.)

53. "Tresnomu koyo rumah makan padang, akeh cabange."

(Cintamu seperti rumah makan padang, banyak cabangnya.)

54. "Aku wis berjuang mati-matian, kowe malah ilang tanpo pamitan."

(Aku sudah berjuang mati-matian, kamu malah menghilang tanpa pamit.)

55. "Jenenge pasangan, yen ora pas yo mung dadi angan."

(Namanya pasangan, kalau enggak pas ya cuma jadi angan.)

56. "Aku kon ngerteni kowe terus. Lha rumangsamu aku cctv opo?"

(Aku diminta untuk mengerti dirimu terus, memangnya aku ini cctv apa?)

57."Omonganmu koyo ciu, sithik ning marai ngelu."

(Omonganmu seperti minuman keras, sedikit tapi bikin pusing.)

58. "Nek dee ngadoh ra mesti dee sengit, iso wae dee meh ngentut."

(Ketika dia mulai menjauh, bukan berarti dia benci, siapa tahu dia mau kentut.)

59. "Dear mantan, sorry kowe sopo? Utekku wis tak kumbah, aku wes bungah."

(Dear mantan, kamu itu siapa? Otakku sudah aku cuci, aku bahagia sekali.)

60. "Asline aku yo kudu nangis, ning aku wedi ngko nek umbelku metu."

(Aslinya aku juga harus nangis, tapi aku takut kalau nanti ingusku keluar.)

61. "Kuwi mantan opo pahlawan, kok dikenang terus?"

(Itu mantan atau pahlawan, kok dikenang terus?)

62. "Kabeh bakal ruwet karo mantan pada waktunya."

(Semua akan rumit dengan mantan pada waktunya.)

63. "Aku wes tau mencintaimu sakgedene bumi lan sak isine. Ning kok awakmu malah milih alien?"

(Aku sudah pernah mencintaimu dengan sebesar bumi dan seisinya. Tapi kok kamu malah memilih alien?)

64. "Mantan kuwi koyo wit gedhang, duwe jantung ning ra duwe ati."

(Mantan itu seperti pohon pisang, punya jantung tapi nggak punya hati.)

65. "Tak kiro entuk sing luweh apik, jebul seh ayu aku."

(Ku kira dapat yang lebih baik, ternyata masih cantik aku.)

Kata-kata sindiran untuk mantan supaya menyesal.

sindiran untuk mantan pacar © 2021 brilio.net

foto: Instagram.com/@fauzio_art

66. "Mantan itu seperti mendelete file atau data."

67. "Kenapa mantan-mantan gue masih hidup, ya? Dulu katanya tak bisa hidup tanpa gue."

68. "Semoga hidupmu menyenangkan bersamanya. Aku sudah selesai mencoba berada di dalamnya"

69. "Ibuku selalu mengajarkanku untuk menyumbangkan mainan lamaku kepada yang membutuhkan."

70. "Aku lebih baik dari mantanmu dan aku akan lebih baik dari pacarmu yang berikutnya."

71. "Aku selalu berkorban buat kamu tapi kamu malah mencintai orang yang tidak berbuat apa-apa untuk kamu."

72. "Kamu melewatkan permata. Semoga beruntung saat mengumpulkan batu kerikil."

73. "Berbahagialah untuk mantanku karena akhirnya ia menemukan seseorang yang sama tidak berharganya dengan dia."

74. "Kukira aku tidak akan pernah tertawa lagi selamanya, sampai aku melihat wajah pacar barumu."

75. "Kamu meninggalkanku yang tak sempurna, untuk orang yang jauh lebih tak sempurna."

76. "Jika kau temukan orang yang lebih baik, pergilah. Aku bukan orang baik, aku adalah orang yang berjanji akan bersama seseorang yang kucintai, meski ia tidak sempurna."

77. "Tahu nggak kalau kamu itu sebastian, sebatas teman tanpa adanya kepastian."

78. "Bekerjalah seperti tuyul, tidak kelihatan, tidak butuh pujian, tidak gila jabatan, dan tidak pula cari perhatian. Tapi, hasilnya jelas."

79. "Wajah itu dirawat, bukan diedit aplikasi."

80. "Syukur lepas dari kamu, duit aku jadi tambah banyak."

Kata-kata sindiran untuk mantan dengan pantun.

sindiran untuk mantan pacar © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@CristiMonicaY

81. Ke toko bangunan beli paku

Jangan lupa membawa palu

Dulu kamu yang mutusin aku

Sekarang kamu sendiri yang malu

82. Hari Minggu jalan ke hutan

Jangan lupa membawa pepaya

Mantan ngajak balikan?

Ogah lah yaa...

83. Malam kelam gelap sekali

Terangilah dengan lilin

Kalau gak mau disakiti

Makanya dulu jangan nyakitin

84. Bunga mawar sungguh wangi

Mekar merona di samping pintu

Wahai kamu yang aku sayangi

Pergilah jauh bersama khianatmu.

85. Perut lapar ingin makan

Tidur empuk di kasur busa

Eh, mantan ngajak gue balikan

Sorry, dah gak mau nanggung dosa

86. Jalan santai waktu pagi

Libur besok ke Pulau Bali

Ngajak balikan setelah pergi

Maaf ya aku nggak peduli

87. Ke bonbin lihat orangutan

Orangutannya banyak sekali

Ngapain nerima mantan

Jangan bodoh dua kali

88. Ibuku beli labu

Bapakku beli kedondong

Mantan hanya masa lalu

Ngapain harus dipikirin dong

89. Burung beo makan ketan

Di sebelahnya ada batu

Ngapain harus mikirin mantan

Kalau di sini ada yang baru

90. Kelapa dibuat santan

Taruh semua dalam kuali

Ngapain nerima mantan

Jangan bodoh dua kali

91. Dua tiga anak nelayan

Menjaring ikan di lautan

Buat apa mengenang mantan

Dia bukanlah pahlawan

92. Pergi ke pasar beli santan

Pulangnya mampir beli bakso

Ada mantan ngajak balikan

Tidak semudah itu ferguso

93. Motor tua sungguh cantik

Masuk pameran di hari Minggu

Eh mantan jadi sok cantik

Dia gak sadar pernah bersamaku

94. Kalau adek ke Pekanbaru

Belikan abang sekilo duku

Dulu kamu yang mutusin aku

Sekarang kamu udah gak laku

95. Penari cilik pakai selendang

Setelah menari makan ketan

Di depan bilang kata-kata sayang

Eh, di belakang main tikungan

96. Kursus dimulai pagi hari

Kursus menjahit dan menggunting

Katanya cinta sampai mati

Baru dua hari sudah berpaling

97. Malam kelam gelap sekali

Terangilah dengan lilin

Kalau gak mau disakiti

Makanya dulu jangan nyakitin

98. Kakek flu dan batuk berdahak

Hidung tersumbat karena pilek

Bagaimana aku tidak terbahak

Ketika pacar baru mantan sangat jelek

99. Kalau mau menangkap ikan

Jangan takut badan basah

Kalau mantan ngajak balikan

Maaf ya, saya mah sudah sah

100. Pergi berburu di tengah hutan

Bertemu rusa belang sebelah

Sekali mantan tetaplah mantan

Kalo diajak balikan ya ogah

101. Anak Belanda makan roti

Tulip mekar berseri-seri

Janjinya dulu sehidup semati

Bertemu janda lupa diri

102. Kalau kutahu hutan perdu

Tak mau pergi ke hutan rimba

Kalau kutahu sakit merindu

Tak mau aku jatuh cinta

103. Samudra luas tempat ikan

Angin berhembus dari selatan

Ternyata mantan ngajak balikan

Maaf ya saya maunya ke pelaminan

104. Pohon jati tumbuh berjajar-jajar

Anak Melayu sedang sisiran

Ketemu mantan yang ngejar-ngejar

Maaf ya, saya sudah tak pacaran

105. Bukan suka menolak ikan

Saya suka ikan digarang

Bukan menolak mantan balikan

Cinta saya untuk kekasih sekarang

(brl/gib)