Brilio.net - Usia, ajal, maut, rezeki, jodoh pertemuan, perpisahan merupakan rahasia yang sulit sekali ditebak. Usia suatu nikmat, aset, modal yang berharga tiada tara, hal ini patut disyukuri. Ketika Tuhan masih memberikan usia panjang pada umatnya, itu tandanya kesempatan untuk memperbaiki diri masih terbuka lebar.

Setiap pertambahan usia harus disyukuri, meski sudah tidak muda lagi namun bukan berarti segalanya terhambat. Tua adalah suatu kepastian yang cepat atau lambat akan kita dapatkan seiring dengan usia yang bertambah. Banyak yang menghindari menjadi tua, karena tua itu merupakan fase hidup yang paling membosankan.

Jika seseorang pandai bersyukur, maka pada usia berapa pun ia tetap bisa menikmati hidupnya dan merasa bahagia. Berikut ini ada beberapa kata-kata bijak tentang usia yang bisa membuat kamu jauh lebih bersyukur dan belajar untuk menghargai waktu. 

Brilio.net himpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata bijak tentang usia, Senin (13/3).

1. "Setelah berusia tua, Socrates belajar musik. Lalu ada orang berkata padanya, "Apakah engkau tidak malu belajar di usia tua?". Dia menjawab, "Aku merasa lebih malu menjadi orang yang bodoh di usia tua." - Socrates.

2. "Usia muda adalah modal agar tangan terus terkepal, untuk arungi medan politik yang terjal." - Najwa Shihab.

3. "Usia, seperti cinta, tak dapat disembunyikan." - William Shakespeare.

4. "Bukankah cinta adalah proses menuju jalan pulang?, berjalan menuju seseorang yang kelak kau sebut rumah dan menetap di sana hingga waktu menutup usia." - Boy Candra.

5. "Akal sehat adalah kumpulan prasangka yang didapat sejak usia 18 tahun." - Albert Einstein.

6. "Orang-orang yang bisa mencintai secara mendalam, tidak akan pernah tua. Mungkin mereka meninggal dalam usia tua, tapi jiwa mereka tetap muda." - Benjamin Franklin.

7. "Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua, tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda." - Mario Teguh.

8. "Usia senja bukanlah hal yang membuat sedih. Itu bisa jadi hal yang disyukuri jika kita menyelesaikan semua pekerjaan kita." - Thomas Carlyle.

9. "Kita tidak perlu memperhitungkan usia dan kegagalan yang telah lalu."

10. "Ingat, jika kamu membutuhkan uluran tangan, itu ada di ujung tanganmu, seiring kamu bertambah usia, ingatlah kamu memiliki tangan yang lainnya: pertama, tolonglah dirimu, kedua, tolonglah orang lain." - Audrey Hepburn.

11. "Beberapa hal terasa sia-sia. Semakin panjang usia di bumi, semakin hampa dan sepi."

12. "Semakin bertambah usia, semakin sadar bahwa waktu bersama keluarga memang harus disediakan."

13. "Usia tidak menjamin kedewasaan seseorang, namun kedewasaan dapat dilihat dari sikap dan cara dia dalam mengambil keputusan."

14. "Kelak, kau dan aku akan menua. Kita lihat apakah cinta akan tetap ikut bersama kita, atau malah gugur termakan usia."

15. "Usia hanyalah sebuah angka-angka, kedewasaan itu lebih kepada cara berpikir dan bertindak."

16. "Seiring bertambahnya usia, saya semakin merasa nyaman dengan kesendirian."

17. "Terkadang usia tidak bisa menentukan tingkat kedewasaan seseorang."

18. "Bertambah usia tidak berarti bertambah dewasa. Jika kamu tidak pernah belajar dari kesalahan yang ada, kamu hanya bertambah tua."

19. "Tua itu tentang usia, dewasa itu tentang karakter. Semua orang pasti akan tua, tetapi tidak semua orang memiliki karakter."

20. "Sesungguhnya usia itu pendek walaupun dianggap panjang, dan kekosongan tidak berarti walaupun terasa sempurna."

Usia memang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Tak ada yang bisa menghentikan pertumbuhan usia. Agar masa depan tidak menjadi hal yang menyedihkan, maka setiap orang dianjurkan selalu untuk berusaha dan mengejar mimpi mereka.

Kata-kata bijak tentang usia © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

ketika usia semakin bertambah, maka tidak ada penyesalan yang terus menghantui. Belajar menghargai waktu, selagi masih bisa maka lakukanlah. Jangan pernah sia-siakan usia kamu hanya untuk hal-hal yang tidak penting.

21. "Hanya karena kamu masih muda dan sehat, bukan berarti maut tidak akan datang menghampirimu. Maut tidak pandang usia. Kita seharusnya selalu bersiap diri." – Dr. Bilal Philips.

22. "Tidak ada kuburan yang memiliki tanda peringatan yang berbunyi, “Hanya untuk Warga Senior”. Jadi, usahakan siap setiap saat, tidak peduli berapapun umurmu."

23. "Mencari ilmu di usia muda ibarat mengukir di atas batu." – Hasan Al-Bashri.

24. "Jadilah seperti kedua kaki yang berjalan. Kaki yang berjalan ke depan tidak memiliki kebanggaan dan kaki yang berjalan ke belakang juga tidak merasa malu, karena keduanya mengetahui bahwa situasi mereka akan bergantian." – Mufti Ismail Menk.

25. "Investasi paling penting dari waktu kita adalah untuk masyarakat dan masa muda kita." – Nouman Ali Khan.

26. "Perubahan adalah sebuah kepastian, karena setiap hari usia merubah manusia, dari pikiran, perasaan, alam dan lingkungan sekitar."

27. "Apapun cita-citanya, saya percaya bahwa usia bukanlah menjadi halangan utama."

28. "Cinta memang tidak mengenal usia, tapi kadang cinta membutakan usia."

29. "Jangan pernah membuat usia jadi penghambat kesuksesan kita."

30. "Hidup bukan panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita bermanfaat untuk banyak orang."