Brilio.net - Mudah sekali menilai orang lain, tapi tidak suka dinilai. Sulit untuk bercermin dan mencari apa kesalahan diri sendiri, tapi mudah mencerca kesalahan orang lain. Sikap egois itu membuatmu gampang merendahkan orang lain. Secara tidak sadar, perasaan itu diawali dengan prasangka atau dugaan buruk.

Ingatlah pepatah terkenal 'Don't judge a book by its cover', yang artinya jangan menilai sesuatu hal hanya dari penampilan luarnya saja.

Sebelum kamu mengenalnya lebih dalam, jangan berprasangka buruk dulu. Kenali dan pahami orang terlebih dulu, jadi kamu tidak mudah untuk suudzon. Mungkin suatu saat akan membuatmu rugi sendiri.

Sebaliknya, kamu harus hidup dengan prasangka baik. Selalu berpikir positif atau berprasangka baik dapat memberi pelajaran berharga buat kamu. Selain pikiran, sikap atau perilaku kamu pun menjadi lebih baik.

Tentunya terhadap diri sendiri hingga orang lain. Kamu juga akan terhindar dari sikap angkuh dan mau menang sendiri.

Agar dapat terhindar dari prasangka buruk, kamu dapat membaca kata-kata bijak berprasangka baik. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/9).

Kata-kata bijak berprasangka baik, singkat dan penuh makna.

bijak berprasangka baik instagram

foto: Instagram/@dakwahmahya

Berprasangka buruk itu tidak hanya bisa ditujukan pada sesama manusia, tapi juga pada Tuhan. Hindari hal-hal negatif itu, agar hidup makin bahagia.

1. "Rezeki selalu hadir saat hati dalam keadaan selalu sejuk dan ketika tidak ada lagi prasangka buruk barang setitik pun kepada Tuhan."

2. "Teman yang baik tidak akan berprasangka buruk ke temennya sendiri."

3. "Janganlah berprasangka buruk kepada orang lain sebelum mengenalnya lebih dalam."

4. "Jika kita berusaha dengan baik, dan selalu berprasangka baik, maka Tuhan pun akan memberikan kita semua yang terbaik."

5. "Berprasangka buruk hanya akan membuat pikiran dan waktu terbuang sia-sia. Teruslah mencoba belajar melihat sudut pandang manapun dengan prasangka baik." - Pradista Dian

6. "Jatuh cinta itu cuma satu. Jatuh dengan bebas, tanpa prasangka ataupun penyesalan."

7. "Bijaklah dalam menggunakan sosmed. Belajar untuk berprasangka baik dalam menyikapi sesuatu dari pada selalu berprasangka buruk yang bikin hati dan pikiran dipenuhi rasa benci."

8. "Cara paling mudah untuk meluruskan anggapan yang salah dan menghapus prasangka buruk adalah bertanya langsung kepadanya."

9. "Berbaik sangka membantu kita menemukan sisi-sisi positif orang lain."

10. "Kunci dari hubungan itu saling percaya. Kalau kamu selalu egois dan suka prasangka buruk terus, buat apa dipertahanin?"

11. "Percayalah, Tuhan pasti ada rencana lain dibalik kesulitanmu. Semua harus dijalani dengan hati yang ikhlas dan selalu berbaik sangka."

12. "Jangan dulu berprasangka buruk. Jika kau tak kenal siapa orangnya dan tidak paham apa masalahnya."

13. "Prasangka adalah alasan orang bodoh."

14. "Janganlah berprasangka buruk, lebih baik cari tahu kebenarannya dan pastikan itu sendiri olehmu."

15. "Benarkanlah prasangka orang yang berprasangka baik kepadamu."

16. "Hidup itu hitam putih. Ketika banyak orang berprasangka buruk tentang kamu, pasti masih ada orang yang berprasangka baik juga."

17. "Hati-hati dengan prasangka, hati-hati dengan kata-kata. Karena semua itu bisa jadi doa."

18. "Hilangkan semua prasangka buruk itu dari benak kamu. Itu kan sakit yang kamu ciptakan sendiri."

19. "Berprasangka baiklah, bereaksi baiklah! Parahnya, kita sering berprasangka buruk kepada Tuhan. Yakinlah bahwa Tuhan tidak bermaksud kecuali untuk memuliakan kita."

20. "Jangan mengejar sesuatu yang tak kamu ketahui kebenarannya. Cari tahulah kebenarannya, jangan terburu-buru berprasangka buruk."

Kata-kata bijak berprasangka baik, bikin hidup lebih baik.

bijak berprasangka baik instagram

foto: Instagram/@bosbray_rifo

Berprasangka buruk dapat menimbulkan rasa iri hati, benci, dan amarah. Sedangkan berpikir positif bisa membuat otak lebih fresh dan hati tenang.

21. "Tuhan teguhkanlah hati ini hanya untuk-Mu. Jangan biarkan prasangka mereka membuatku jauh dari-Mu."

22. "Optimistis adalah berprasangka baik terhadap Tuhan. Psimistis adalah berprasangka buruk. Dan Tuhan menjadikan kehidupan ini sebaik prasangka kita."

23. "Nasihat lama ini bukan menyuruh kita jadi berprasangka buruk, melainkan pandai menjaga diri."

24. "Berhentilah berprasangka buruk. Karena terkadang prasangka itulah yang akan membuatmu menyesal dikemudian hari."

25. "Janganlah kamu berprasangka buruk dengan apa yang kamu lihat."

26. "Hak semua orang membenci kita, hak semua orang untuk berprasangka buruk pada kita. Tapi kewajiban kita adalah berbuat baik kepada semua orang."

27. "Jangan pernah berprasangka buruk terhadap orang lain. Tapi, jangan terlalu mudah percaya karena ada beberapa orang yang tidak bisa dipercaya."

28. "Jangan berprasangaka buruk pada orang lain agar kamu terhindar dari prasangka buruk orang lain."

29. "Perbedaan antara orang berhati baik dan berhati busuk sangat sederhana Orang berhati baik, selalu berprasangka baik Orang berhati busuk, mudah berprasangka buruk. Keji sekali."

30. "Janganlah kita mudah berprasangka buruk pada seseorang karena kita tidak dapat menilai seseorang dari penampilannya saja."

31. "Beri ruang bagi hati untuk memaafkan. Beri ruang bagi pikiran untuk berprasangka baik. Baik dan buruk tergantung hati dan pikiran."

32. "Ketika kita berprasangka buruk pada semesta, justru yang hadir adalah hal terbaik yang tak pernah kita sangka."

33. "Berprasangka baiklah kepada mereka. Terlepas mereka terus berprasangka buruk terhadapmu, ikhlaskan saja. Jangan sedih, kita punya Allah yang Maha segalanya."

34. "Prasangka matinya perlahan-lahan, dan kita tidak pernah memastikan prasangka itu betul-betul mati."

35. "Hari ini aku akan membersihkan hatiku dari rasa khawatir yang membuatku menjauhi kebaikan dan menyukai prasangka buruk."

36. "Janganlah berprasangka buruk terhadap suatu hal. Seperti kata pepatah. Tak kenal maka tak sayang."

37. "Fitnah berawal dari menduga-duga dan berburuk sangka."

38. "Yang suka suudzon, berprasangka buruk, suka berkomentar yang maunya bijak tapi stupid - tidak cocok untuk karier yang baik." - Mario Teguh

39. "Bahagia itu indah, cukup berprasangka baik kepada-Nya. Bahagia itu indah, cukup dengan bersyukur atas nikmat-Nya."

40. "Tidaklah seseorang berprasangka buruk kepada orang lain melainkan sifat yang dituduhkan itu ada pada dirinya sendiri."