Brilio.net - Akademi Instagram digelar di Eastparc Hotel Yogyakarta pada Sabtu (24/8). Akademi Instagram yang diikuti 380 peserta yang terdiri dari para wirausahawan muda tersebut sekaligus menandai berakhirnya acara yang sebelumnya sudah digelar di Jakarta dan Bandung.

Sesuai tujuan dari hadirnya Akademi Instagram, dalam setiap rangkaian acara tersebut para peserta diberikan pengetahuan bagaimana memanfaatkan Instagram sebagai media promosi untuk menunjang bisnis.

Pada salah satu sesi yang diisi oleh Dimas Anggakara (Konsultan Kreatif Digital, Facebook dan Instagram Indonesia), para peserta diberikan beberapa tips dan trik tentang bagaimana membuat konten yang berhubungan dengan produk mereka untuk bisa menarik perhatian para calon pembeli.

Tak hanya untuk mendatangkan calon pembeli, konten promosi yang selalu menarik juga mampu membuat para followers bertahan karena disajikan sebuah tampilan konten Instagram yang menarik.

Dimas juga membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para pemilik usaha dalam membuat konten yang memperkenalkan produknya. Asal mengunggah produk tanpa menambahkan sentuhan kreatif ternyata bisa jadi salah satu penyebab kenapa akun bisnis Instagram kamu followers-nya nggak bertambah.

Loading...

Nah, buat kamu yang menggunakan instagram jadi salah satu media promosi untuk bisnis, nggak ada salahnya buat mencoba tips dari Dimas Anggakara dalam membuat konten kreatif yang berhubungan dengan produk bisnis kamu agar lebih menarik.

Penasaran tips apa saja yang diberikan Dimas Anggakara dalam membuat konten kreatif di Instagram untuk menunjang bisnismu? Yuk langsung simak empat tips membuat konten kreatif di Instagram untuk menunjang bisnis seperti dirangkum brilio.net dari acara Akademi Instagram Yogyakarta, Sabtu (24/8).

1. Perhatikan unggahan agar menarik perhatian audien dengan cepat.

tips bikin konten kreatif di Instagram © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@instagramforbusiness

Sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digemari, Instagram memiliki ratusan juta pengguna yang hampir setiap hari menggunakan platform media sosial ini sebagai sarana hiburan, berkomunikasi dan mencari kebutuhan. Tak bisa dipungkiri kalau banyak orang yang menggunakan Instagram untuk mencari berbagai akun bisnis yang bergerak di bidang fashion, kuliner dan lain sebagainya untuk mencari produk yang mereka incar.

Banyaknya akun bisnis yang tak jarang menawarkan produk yang sama membuat perhatian audien tak hanya tertuju pada satu akun. Apalagi jika akun-akun tersebut menjajakan produknya dengan tatanan feed Instagram yang menarik serta dikemas sedemikian rupa.

Tentu perhatian kamu akan lebih cepat tertuju pada salah satu akun yang memiliki unggahan menarik dong? Untuk itu, penting bagi para pemilik akun bisnis untuk menarik perhatian audien dengan cepat dengan cara memperhatikan unggahan mereka tentang produk bisnisnya.

2. Desain tanpa konten suara.

tips bikin konten kreatif di Instagram © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@instagramforbusiness

Pada bagian ini, Dimas Anggakara menyebutkan bahwa konten video yang berisi informasi dan dikemas dengan cara kreatif menjadi salah satu unggahan yang banyak menarik perhatian para pengguna.

Jadi tak ada salahnya bagi para pemilik akun bisnis untuk memperkenalkan produk mereka dalam bentuk video. Desain konten tanpa suara dianjurkan dalam hal ini lantaran bisa menjangkau calon konsumen dari berbagai kalangan, termasuk para teman tuna rungu.

Sebagai ganti dari voice over, kamu bisa menggunakan typografi yang berisi kalimat-kalimat singkat yang mewakili keunggulan produkmu. Kalimat yang dipilih pun harus unik dan mudah melekat di ingatan audien. Kamu juga bisa memakai typografi yang mengajak interaksi para calon konsumen. Selain bisa menjangkau semua kalangan, menggunakan typografi dan visual yang menarik daripada voice over lebih berpeluang untuk mencuri rasa ketertarikan para pengguna Instagram menonton video yang diunggah.

Tips membuat desain tanpa konten suara nggak hanya berlaku untuk unggahan di feed yang berdurasi 1 menit, tapi hal tersebut juga efektif diterapkan dalam unggahan Instagram Stories. Mengunggah postingan berbentuk vertikal, memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram Stories seperti GIF dan pause bisa membantu mengoptimalkan waktu 15 detik sebagai konten kreatif.

Sama seperti tips di atas, membuat konten tanpa suara dan menggunakan typografi sangat dianjurkan. Dimas juga merekomendasikan aplikasi bernama Inshot untuk membuat konten kreatif di Instagram Stories.

3. Abadikan cerita visual kalian.

tips bikin konten kreatif di Instagram © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@instagramforbusiness

Nggak melulu mengunggah tentang keunggulan produk yang dijual, akun bisnis Instagram kamu juga perlu diisi dengan unggahan lain yang berisi mengenai kegiatan lain yang dijalani. Unggahan tersebut tentu juga harus berhubungan dengan usaha kamu dong.

Jika kamu rajin membawa bisnismu untuk mengikuti kegiatan pameran, kamu bisa mengunggah kegiatan tersebut dalam bentuk visual. Tak hanya itu, jika bisnis yang kamu jalani memiliki kegiatan sosial juga nggak ada salahnya buat dishare pada para followers. Hal tersebut bisa jadi salah satu hal yang menarik konsumen dan mempertahankan para followers.

4. Eksperimen lebih banyak.

tips bikin konten kreatif di Instagram © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@instagram

Membuat konten yang kreatif untuk Instagram memang susah-susah gampang. Nggak cukup dengan satu konsep tampilan, kamu juga perlu mengeksplore konsep yang lain untuk membuat tampilan konten di akun bisnis Instagram kamu semakin menarik dan beragam.

Bereksperimen lebih banyak menjadi cara paling jitu buat kamu para pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi utama. Jika kamu saat ini masih menggunakan fitur Instagram yang itu-itu saja, sudah saatnya mempelajari lebih lanjut fitur-fitur lain yang tersedia.

Nggak hanya segi fitur, kamu juga menemukan lebih banyak hal dengan melakukan interaksi dengan para followers. Di sini kamu akan menemukan apa yang followersmu suka. Mengamati sekeliling kamu juga bisa membantumu menemukan hal baru yang bisa dieksplore untuk kebutuhan konten di Instagram.