Brilio.net - Sama seperti agama lain, Islam juga memiliki kitab suci. Kitab tersebut disebut sebagai Alquran. Di dalamnya, terdapat wahyu yang berisi tentang tuntutan dan larangan umat muslim dalam menjalani kehidupan. Oleh sebagian orang, kitab tersebut biasa dibaca sesaat sebelum maupun sesudah menjalankan ibadah salat.

Agar memudahkan para pembacanya, Alquran ini pun disusun dengan bentuk seperti buku. Ukurannya pun beragam mulai dari setelapak tangan, sehingga ringkas dan praktis untuk dibawa ke mana saja, hingga ada pula yang seukuran kertas A4.

Namun demikian, tahukah kamu bahwa ternyata di luar sana terdapat beberapa Alquran yang memilki ukuran super besar lho? Bayt Alquran Al Akbar di Palembang adalah salah satunya. Saking besar ukurannya, ia bahkan dinobatkan menjadi salah satu mushaf terbesar di dunia.

Wah, lalu seperti apa dan di mana saja ya Alquran berukuran raksasa ini? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/5), berikut 4 mushaf Alquran terbesar di dunia

1. Alquran Al-Akbar di Palembang.

Loading...

quran berbagai sumber

foto: Instagram/@trtarabi

Bayt Alquran Al Akbar adalah museum Alquran terbesar di dunia. Mushaf ini berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan dan kini menjadi salah satu destinasi wisata religi terfavorit. Mushaf tersebut dibuat selama 7 tahun dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik Kayu Tembesu.

2. Handmade Alquran milik Saad Mohammed.

quran berbagai sumber

foto: merdeka.com

Seorang seniman kaligrafi asal Mesir Saad Mohammed berhasil menuliskan mushaf Alquran terpanjang di dunia dengan tulisan tangannya. Mushaf sepanjang 700 meter itu dibuat dalam kurun waktu sekitar 3,5 tahun.

3. Alquran berlapiskan emas di Kazan, Rusia.

quran berbagai sumber

foto: Zavod Nur

Komunitas Muslim di Rusia berhasil membuat Alquran terbesar di dunia dengan berat 8 ton dan total halaman mencapai 632 lembar. Hal lain yang menarik dari Alquran ini adalah sampulnya yang terbuat dari perunggu dan batu semi mulia bertatahkan phyanite, daun giok, emas dan perak.

4. Alquran raksasa di Pusat Kebudayaan di Kabul, Afganistan.

quran berbagai sumber

foto: merdeka.com

Sama seperti di Rusia, di Afghanistan juga terdapat Alquran berukuran raksasa dengan sampul yang berlapiskan emas. Mushaf itu terdiri atas 218 halaman dengan berat lebih dari 453 kg dan membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih 5 tahun.