Brilio.net - Warga Desa Umbu Langang yang berada Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan yang diduga sumber kandungan minyak bumi di sebuah kali pada Minggu (6/9).

Penemuan kali yang diduga mengandung minyak tanah itu langsung membuat geger warga Desa Umbu Langang di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Fenomena tersebut bisa dibilang sangat langka.

Kepala Desa Umbu Langang, Martinus Jawaharang, mengatakan bahwa menurut keterangan warga, air kali yang mengandung minyak itu bahkan sempat memunculkan percikan api.

Dari fenomena ini ternyata muncul beberapa fakta tentang kejadian aneh ini. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (7/9), berikut fakta menarik viralnya penemuan air kali yang mengandung minyak di Sumba Tengah (NTT).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Ada api yang menyala di genangan air yang mengandung minyak.

air mengandung minyak berbagai sumber

foto: merdeka.com

Dilansir dari merdeka.com, warga yang melihat fenomena itu mengaku melihat adanya api di genangan air yang mengandung minyak tersebut. Munculnya api tak membuat warga panik, melainkan memilih mencoba memadamkannya dengan menyiram air namun tetap gagal.

2. Warga diimbau agar tak mendatangi lokasi kejadian.

Setelah fenomena langka ini, Kepala Desa Langang, Martinus, langsung mengimbau masyarakat sekitar agar tak mendekati lokasi tersebut karena dinilai dapat berbahaya bagi keselamatan warga sekitar.

Imbauan itu segera dikeluarkan Martinus karena belum diketahuinya apa yang menyebabkan air kali ini mengandung minyak dan ditakutkan mengandung zat berbahaya yang bisa membahayakan keselamatan warga.

3. Sampel air sudah diambil untuk diteliti.

Martinus pun juga sudah memberikan arahan kepada petugas penjaga hutan lindung Matawala, agar segera melakukan penelitian terhadap air kali yang mengandung minyak bahkan bisa membuat api menyala ini.

4. Air kali yang mengandung minyak tanah ini memiliki bau mirip minyak tanah.

Dilansir dari liputan6.com, saat Martinus melakukan pengecekan ke tempat kejadian, dia mengaku sempat mencium bau minyak tanah dari air kali yang mengandung minyak ini. Selain itu, warna gelap yang ada pada air kali ini juga tampak seperti minyak tanah.

(brl/red)