Brilio.net - Siapa sih yang tak kenal dengan sosok pengusaha nyentrik, Bob Sadino? Yap, ia merupakan salah satu pengusaha sukses bidang peternakan dan pangan.

Pemilik nama asli Bambang Mustari Sadino tak hanya dikenal sebagai pengusaha sukses dan nyentrik saja, namun ia juga bisa menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejaknya menjadi orang sukses. Meski dirinya terlahir dari keluarga kaya raya, namun bukan berarti apa yang ia lakukan lepas dari usaha dan kerja keras.

Saat berusia 19 tahun dia mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia dan membuatnya singgah di Belanda dan menetap di sana selama kurang lebih 9 tahun. Selama di sana dia bekerja di Djakarta Lylpd di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman.

Lama hidup di Amsterdam, ia pun bertemu dengan seorang wanita Indonesia yang akhirnya dinikahinya. Pada tahun 1967, Bob Sadino beserta istrinya kembali ke Indonesia.

Dari Belanda ke Indonesia, ia membawa dua mobil Mercedes buatan tahun 1960-an. Satu mobil miliknya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan.

Loading...

Saat di Indonesia inilah ia memiliki keinginan kuat untuk bisa bekerja secara mandiri. Ia pun memutuskan keluar dari pekerjaannya di PT UNILEVER Indonesia.

Ia memulai semua dari awal, Bob Sadino memanfaatkan mobil yang ia miliki dengan menyewakannya dan sekaligus menjadi sopirnya. Namun semua tak berjalan mulus, usahanya gagal karena mobilnya mengalami kecelakaan.

Bob Sadino tak mau menyerah. Ia kembali mencari pekerjaan dengan menjadi kuli bangunan. Ia mulai sedih dengan kondisinya seperti itu. Yang tadinya merupakan anak orang kaya, kini harus hidup prihatin.

Hingga suatu hari ia menemukan jalan untuk beternak. Di situlah ia mendapatkan peluang besar hingga terkenal seperti sekarang ini.

Belajar dari pengalaman Bob Sadino, tentunya kamu juga bisa memulai dari awal apapun yang kamu inginkan. Berikut ini ada beberapa kata-kata Bob Sadino yang bisa membakar semangat kamu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/1).

1. "Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak pernah mikir karena cuma melangkah saja. Ngapain mikir, kan cuma selangkah."

2. "Melangkah tak butuh sebuah tujuan, memiskinkan diri, tapi gagal menjadi miskin. Aku kerja nikmat, orang bilang kerja keras."

3. "Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jerih payah diri sendiri, tanpa campur tangan Tuhan. Mengingat Tuhan adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal."

4. "Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah."

5. "Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH!" MELANGKAH adalah kunci rahasia sukses dari Om Bob dalam membangun bisnisnya, daripada banyak berfikir lebih baik banyak melangkah."

6. "Bisnis itu hanya modal dengkul. Bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain."

7. "Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya."

8. "Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses agar bisa bayar pelamar kerja."

9. "Satpam dan tembok rumah yang kokoh bukan jaminan hidup tenang. Hati yang damai, kasih dan tiada kebencian itulah kunci ketenangan dan rasa aman."

10. "Hidup kita itu sebaiknya ibarat 'bulan & matahari', dilihat orang atau tidak, ia tetap bersinar. Dihargai orang atau tidak, ia tetap menerangi. Diterimakasihi atau tidak, ia tetap berbagi."

11. "Nikmatilah hidup selama Anda masih memilikinya dan terus belajar untuk bersyukur dengan keadaanmu! Karena Anda tidak akan tahu kapan Sang Pemilik Raga akan datang dan mengatakan pada Anda, 'Ini saatnya pulang'."

12. "Rencana itu cuma berlaku buat mereka yang belajar manajemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu racun, bencana!"

13. "Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita, maka akan bernilai ibadah."

14. "Kegagalan adalah bumbu kehidupan. Kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia yang tangguh."

15. "Urutan kerja diurut berdasarkan prioritas, sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir."

16. "Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan suporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis, maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga."

17. "Orang pintar berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa dicapai. Orang bodoh tidak peduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain."

18. "Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu."

19. "Kaya raya bukan jaminan hidup terhormat. Tapi jujur, sopan, murah hati, dan menghargai sesama, itulah kunci hidup terhormat."

Bob Sadino memulai bisnis dari nol

Bob menerima pemberian 50 ekor ayam ras dari seorang temannya. Ia berhasil menjadi pemilik tunggal Kem Chicks dan pengusaha perladangan sayur sistem hidroponik.

Lalu ada Kem Food, pabrik pengolahan daging di Pulogadung, dan sebuah warung shaslik di Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

20. "Sesuatu yang didapatkan dengan mudah akan menghilang dengan cara yang mudah juga, dan tentu ini tidak akan membentuk karakter manusia yang tangguh."

21. "Kenapa saya suka pakai celana pendek? Daripada saya nggak pakai celana."

22. "Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat, dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada."

23. "Berhentilah membuat rencana! Melangkahlah!"

24. "Ketika orang pintar bertemu kegagalan, dia akan berkata bahwa itu karena orang lain."

25. "Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan."

26. "Sebenarnya, setiap orang itu memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saja yang menjadi kendala adalah impian-impiannya itu tidak pernah dicoba untuk direalisasikan."

27. "Obat dan vitamin bukan jaminan hidup sehat. Jaga ucapan, jaga hati, istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang, dan olahraga yang teratur, itulah kunci hidup sehat."

28. "Ilmu memang berserakan di mana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga."

29. "Pebisnis itu harus nyentrik."

30. "Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak."

31. "Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain."

32. "Rumah mewah bukan jaminan keluarga bahagia. Saling mengasihi, menghormati, dan memaafkan, itulah kunci keluarga bahagia."

33. "Di balik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap."

34. "Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif."

35. "Banyak orang tanya, 'Bisnis apa yang BAGUS?' Jawabnya, 'Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanyakan terus'."

36. "Gaji tinggi bukan jaminan kepuasan hidup. Bersyukur, berbagi, dan saling menyayangi, itulah kunci kepuasan hidup."

37. "Kosmetik bukan jaminan kecantikan. Tapi semangat, kasih, ceria, ramah, dan senyuman, itulah kunci kecantikan."