Brilio.net - Beberapa tahun terakhir, istilah sustainable fashion mulai digaungkan di Indonesia. Namun, istilah yang dipakai untuk produksi fashion ramah lingkungan ini belum sepenuhnya dilakukan.

Kendati demikian, saat ini sudah mulai banyak desainer maupun rumah produksi yang menggaungkan sustainable fashion. Salah satunya adalah brand Shafira. Sebagai pionir busana muslim, Shafira tak hanya ingin membuat karya tapi juga membangun bisnis berkelanjutan.

Memasuki usianya yang ke-31, Shafira bersinergi dengan pemerintah Jawa Barat sebagai tempat kelahirannya untuk menginisiasi sebuah program yang berkaitan dengan isu lingkungan.

Shafira Sustainable fashion © 2020 brilio.net

Shafira hadir dengan inovasi produk bertajuk Tree of Life yang seluruh koleksinya menggunakan material berserat alam seperti Organic Silk dan Tencel yang berasal dari kayu bersertifikat khusus dan ramah lingkungan, sehingga memiliki sifat biodegradable atau dapat sepenuhnya kembali ke alam.

Loading...

Merefleksikan eksistensi dan kontribusi Shafira untuk alam sekitarnya, Tree of Life menyiratkan napas yang baru dalam industri fesyen dengan mengusung palet warna bernuansa cream, tan, beige, hijau hingga biru yang terinspirasi dari komposisi warna tanah dan juga bumi sebagai representasi unsur alam.

Polesan warna-warna cantik yang ditampilkan dalam motif yang indah dibuat melalui teknik organic printing untuk menyajikan sebuah suguhan koleksi busana pret-a-porter yang berasal dari material organik baik dari penggunaan bahan maupun pada proses produksinya.

Shafira Sustainable fashion © 2020 brilio.net

Tak sampai di situ saja, melalui kampanye terbarunya ini, brand ini pun secara maksimal mendukung gaya hidup yang sadar dan berkelanjutan (sustainable) pada proses operasional maupun non-operasionalnya.

"Dalam kegiatan manajemen sampai produksi 100 persen dikategorikan paperless," ujar Founder sekaligus desainer brand Shafira, Feny Mustafa kepada media di Bandung.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan rasa terima kasihnya atas usaha Shafira ikut membantu menyuarakan kampanye gaya hidup yang ramah lingkungan.

"Program ini sesuai dengan sinergi Jawa Barat  yang kini tengah disosialisasikan kepada masyarakat," tutup Ridwan Kamil.