Brilio.net - Kamu pasti sudah pernah mencicipi camilan tahu bulat yang punya jingle yang lucu itu. Tapi tahu nggak sih kamu, kalau ada beberapa fakta yang ternyata tak banyak orang yang tahu tentang kuliner yang satu ini. Penasaran? Berikut ini fakta tahu bulat yang ngehits itu, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (3/5):

1. Pelopor tahu bulat yang dijual dengan mobil pick-up.

Jadi, usut punya usut nama asli tahu bulat yang kini jadi tren itu adalah tahu bulat Asean. Produsen tahu bulat Asean dipelopori oleh seorang pengusaha yang bernama H. Aan, warga Janggala, Cidolog, Ciamis.

2. Mengapa harus digoreng dadakan?

Jadi tahu bulat ini harus digoreng dadakan sebenarnya bukan sesuatu yang unik. Karena pada dasarnya kebanyakan semua produk gorengan memang biasanya digoreng dadakan. Hal tersebut hanya digunakan sebagai teknik marketing saja.

KLIK NEXT untuk melihat hitungan pemutaran jinglenya.

2 dari 2 halaman


3. Rekaman jinglenya diputar sekitar 1500 kali lebih.

Jingle tahu bulat ini per hari bisa diputar hingga 1500 kali lebih. Kamu nggak percaya? Berdasarkan video di Youtube dan perhitungan sederhana 1 kali pemutaran rekaman membutuhkan 15 detik. Jadi, 1 kali putar= 15 detik, 1 menit: 60/15 = 4 kali diputar, terus 1 jam: 4 x 60 = 240 kali diputar.

Sehari dapat diasumsikan mobil penjual tahu bulat mulai keliling pukul 10.00 WIB - 18.00 WIB. Dalam sehari berarti 8 jam keliling, kurangi waktu istirahat 1 jam, jadi dalam sehari 7 jam kerja. Bila dihitung total 7 X 240 = 1680 kali diputar per hari.