Brilio.net - Kehidupan mahasiswa tak bisa lepas dari tempat makan murah. Mahasiswa yang kebanyakan memiliki uang jajan pas-pasan selalu mencari tempat makan murah meriah tapi tetap mengenyangkan.

Warmindo atau burjo adalah salah satu andalan para mahasiswa yang sedang mengirit. Tempat makan yang menjadi andalan para mahasiswa ini memiliki harga yang murah, apalagi jika akhir bulan. Penamaan warung ini memang disebut Warung Bubur Kacang Ijo (Burjo) atau Warung Indomie (Warmindo).

13 Fakta warung burjo, penyelamat mahasiswa saat malam & bokek berbagai sumber

foto: Instagram/@swarmindo-

Berikut adalah fakta warung burjo yan dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/1).

Loading...

1. Pengunjung terbanyak adalah mahasiswa.

Burjo memiliki penggemar setia yaitu mahasiswa yang memiliki uang saku pas-pasan yang harus membagi uang antara kebutuhan makan dan bayar kostan. Banyak mahasiswa yang menjadikan burjo sebagai tempat makan langganan karena harga makanannya yang murah dan porsinya lumayan banyak.

2. Menu seragam.

Banyak warung burjo yang tersebar di kota-kota besar seperti Yogyakarta. Namun kalau kamu, perhatikan banyak menunya yang memiliki kesamaan antara burjo satu dengan burjo yang lain.

3. Banyak warung burjo berdekatan dengan kampus atau kost-kostan.

Bisnis warung makan siap saji ini selalu berdekatan dengan kampus dan kos-kosan karena menu yang ditawarkan sendiri adalah mie instan. Menu inilah yang paling diminati oleh anak muda dan anak kost.

4. Pemiliknya hampir 95% berasal dari Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Seperti warteg yang yang pemiliknya berasal dari Tegal, warung burjo pemiliknya kebanyakan berasal dari Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jika ragu, kamu bisa buktikan dengan datang ke warung burjo dan tanya pemiliknya.

5. Memiliki nama menu yang unik.

Warung burjo memiliki nama menu yang untuk seperti Intel (Indomie Telur), Tante (Mie instan tanpa telur), Internet (Indomie telur kornet) dan banyak lainya.

6. Nama minuman yang unik.

Seperti nama menu makanannya, minuman yang disediakan di warung burjo pun memiliki nama yang unik seperti Kopasus (Kopi pakai susu), sumur (susu murni), jasu (jahe susu), jerman (jeruk manis).

7. Penyelamat anak kost saat malam hari.

Banyak orang yang sudah tahu bahwa warung burjo ini buka hingga tengah malam bahkan ada yang 24 jam. Hal tersebut membuatnya mendapat julukan sebagai penyelamat anak kos pada saat malam hari.

8. Sponsor desain bannernya pasti Indomie dan kopi Goodday.

Mayoritas desain banner yang ditempel di warung burjo pasti berasal dari sponsor Indomie dan kopi Goodday. Reward yang didapat pemilik burjo pun berupa sembako, mudik gratis, jam dinding, maupun hal lainya.

9. Menu mie, telur, dan minuman es menjadi andalannya.

Mie dok-dok, nasi telur, magelangan dan Indomie rebus maupun goreng adalah deretan menu favorit yang biasa dipesan oleh pengunjung burjo.

11. Tempat alternatif untuk nobar sepakbola.

Banyak warung burjo yang telah memiliki TV sebagai hiburan pemilik burjo dan pengunjung. Nah, TV ini juga biasa digunakan untuk nonton bareng sepakbola.

12. Mie instan warung burjo lebih enak.

Banyak yang bilang kalau mie instan buatan warung burjo lebih enak dibandingkan buatan sendiri. Rahasia dari mie instan warung burjo lebih enak adalah adanya tambahan sawi, bawang goreng, sambal khas burjo, air rebusan yang dipakai untuk memasak beberapa porsi mie, dan keterampilan dari Aa'nya sendiri.

13. Pemilik burjo biasa dipanggil dengan sebutan Aa' atau teteh.

Karena kebanyakan warung burjo dimiliki oleh orang Kuningan maka sebutan pemilik burjo adalah Aa' (cowok) atau teteh (cewek) dan mereka berbahasa Sunda.

Reporter: Feny Nidya