Brilio.net - Tahun 1990 hingga 2000 adalah era dimana berbagai anime dari Jepang begitu populer di Indonesia. Ketika itu, anime menjadi bagian tersendiri dari masa kecil generasi 90an. Hampir setiap hari dijumpai acara televisi yang menyuguhkan berbagai anime menarik.

Dari sekian tayangan itu, ada beberapa anime yang menyajikan cerita yang menyedihkan yang membuat penontonnya meneteskan air mata. Nah, apa saja anime-anime tersebut? Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/2), berikut 13 anime yang paling menyedihkan sepanjang masa.

1. 5 Centimeter Per Second

Foto: www.zerochan.net

Perjuangan mempertahankan cinta antara Takaki dan Akari dalam anime 5 Centimeter Per Second ini akan membuatmu tersentuh. Kisah hubungan jarak jauh dan berbagai rintangan yang dihadapi keduanya memperlihatkan berbagai kesedihan dan romantisme.

2. Candy Candy

Foto: www.fanpop.com

Anime yang tokoh utamanya Candy ini tayang pertengahan tahun 1990an. Kisah sedih hadir dari kehidupan Candy yang yatim piatu. Anime ini tidak lepas dari kisah cinta sejati yang berakhir tragis.

3. Ano Hi Mita Hana

Foto: www.zerochan.net

Kisah persahabatan sejati disuguhkan Jintan dan teman-temannya dalam anime Ano Hi Mita Hana. Konflik muncul dalam persahabatan mereka saat salah satu dari mereka yang tergabung dalam Super Peace Buster meninggal dunia. Persahabatan, kesetian dan cinta adalah tema utama dari anime ini.

4. Clannad After Story

Foto: www.pinterest.com

Kisah tentang seorang anak bernama Ushio yang menderita penyakit mematikan dan sang ibu Nagisa yang menderita penyakit yang sama menjadikan anime Clannad After Story sangat menyentuh.

5. Anohana

Foto: anohana.wikia.com

The Flower We Saw That Day atau Anohana mengangkat tema persahabatan dengan berbagai konflik. Kehilangan sahabat dan kematian menjadi momen yang sangat menyedihkan di anime ini.

6. Shoot

Foto: captaintsubasa.wikia.com

Meski tema utama dari anime Shoot adalah sepak bola, namun anime yang menceritakan kisah Captain Tsubasa ini acap kali menampilkan cerita sedih yang siap menguras air mata penontonnya. Meninggalnya tokoh Kubo dalam anime ini menjadi kisah yang paling menyayat hati.

7. Angel Beats

Foto: www.zerochan.net

Hatsune adalah tokoh yang kuat dalam anime ini. Meski terkena penyakit yang akan merenggut nyawanya, namun Hatsune tetap tampil kuat. Sampai pada suatu akhirnya Hatsune tidak dapat menahan rasa sakitnya dan meninggal dunia.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT ANIME LEBIH KEREN!

2 dari 2 halaman


8. Remi

Foto: animediet.net

Nobody's Boy atau Remi menjadi salah satu anime yang menghiasi hari-hari generasi 90an. Anime buatan Jepang ini menghadirkan cerita tentang tokoh utamanya Remi yang harus menghadapi hari-harinya setelah kehilangan orang-orang terdekatnya. Adegan anime ini banyak menyajikan kisah sedih meninggalnya orang yang sangat disayangi Remi.

9. Myself Yourself

Foto: www.youtube.com

Kisah hidup Yatsushiro yang tidak mudah akan sangat menyentuh hati di anime Myself Yourself.

10. Air

Foto: www.reddit.com

Perjuangan Yukito Kunisaki dalam mencari ibunya di anime Air akan membuatmu berurai air mata. Ditambah lagi kisah cinta yang dramatis bersama Misuzu Kamio.

11. Magic Knight Rayearth

Foto: www.zerochan.net

Seorang pengawal yang merelakan nyawanya untuk menyelamatkan kehidupan seorang Putri. Cerita menyentuh tentang kesetiaan, perjuangan dan kepercayaan membuat Magic Knight Rayearth sebagai salah satu anime tersedih yang pernah ada.

12. Grave The Fireflies

Foto: hummingbird.me

Grave The Fireflies atau Hotaru No Naka adalah anime yang menceritakan tentang kisah kakak beradik yang kehilangan kedua orangtuanya dan mencoba bertahan hidup dalam perang dunia II.

13. Lady Oscar

Foto: www.flickr.com

Lady Oscar atau yang memiliki judul asli The Rose of Versailles adalah anime yang mengambil latar belakang politik Prancis. Dalam anime ini Oscar harus menuruti keinginan sang ayah dan mengesampingkan egonya. Selain itu Oscar harus menghadapi kenyataan kehilangan sang kekasih.