Brilio.net - Kereta api merupakan salah satu transportasi massal yang digunakan masyarakat Indonesia, utamanya di Pulau Jawa. Peningkatan kualitas yang selalu dilakukan membuat kereta api menjadi moda transportasi yang diminati.

Kereta api memang telah lama menjadi moda transportasi masyarakat jauh sebelum Indonesia merdeka. Sebagian jalur masih ada sampai sekarang, sebagian lagi sudah tak berfungsi. Salah satu jalur kereta api yang tak berfungsi berada di jalur lintas tengah Jawa Tengah, Purwokerto (Banyumas) - Wonosobo. Jalur sepanjang 92 km itu tak berfungsi sejak 25 tahun lalu. Meski begitu, kini muncul wacana untuk mengaktifkan lagi jalur tersebut.

Nah, untuk tahu seperti apa jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo zaman dulu, berikut 12 foto jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo yang dilansir brilio.net dari akun Twitter PT KAI, Sabtu (14/5):

1. Pembangunan jalur kereta api rute Purwokerto-Wonosobo, dimulai secara bertahap pada periode tahun 1893 sampai dengan 1917.



2. Pengerjaan proyek jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo dilakukan oleh perusahaan Kereta Api Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS).



3. Usulan pembangunan Jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo, awalnya dari pemilik pabrik-pabrik gula yg ada di daerah Banyumas.



4. Rute Purwokerto-Wonosobo sepanjang 92,1 km, melalui kota Sokaraja, Banjarsari, Klampok, dan Banjarnegara.



5. Selain itu, juga dibangun jalur kereta api Banjarsari-Purbalingga sepanjang 7 km. Pengoperasiannya diresmikan tahun 1900.

Keren ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman



6. SDS juga membangun jalur kereta api Purwokerto-Patikraja-Sampang-Maos (ke arah Selatan) sepanjang 29 km yang diresmikan tahun 1896.



7. Perusahaan-perusahaan swasta besar yang paling berkepentingan menggunakan jasa KA adalah perusahaan gula.



8. Kereta api digunakan oleh perusahaan gula untuk mengangkut bahan bakar, pembungkus, bibit, dan pupuk.



9. Kereta api juga digunakan sebagai moda untuk mengangkut gula dan sirup tebu dari Banyumas ke wilayah lain.



10. Tak cuma ke wilayah Indonesia, barang-barang dari Banyumas itu juga diangkut ke luar negeri via pelabuhan Cilacap.



11. Ada juga yang diangkut ke Stasiun Maos untuk selanjutnya diangkut menggunakan kereta api milik Staats Spoorwegen (SS) ke Batavia.



12. Pada masa jayanya, 1 rangkaian kereta api rute Purwokerto-Wonosobo terdiri dari gerbong barang dan 5 kereta penumpang.