Brilio.net - Banyak cara dilakukan masyarakat untuk saling dukung di tengah gempuran penyebaran virus corona, salah satunya dengan menggalang dana. Tujuannya untuk memberikan dukungan, khususnya pada para tenaga medis yang berada di garda terdepan menghadapi virus mematikan ini.

Salah satu aksi penggalangan dana yang cukup fantastis adalah Konser Musik #dirumahaja yang digelar selama empat hari sejak Rabu (25/3) hingga Sabtu (29/3). Bukan cuma menghibur masyarakat lewat penampilan sederet musisi Tanah Air, aksi yang diinisiasi Co-Founder Narasi Najwa Shihab ini sukses menghimpun dana puluhan miliar rupiah.

Oh iya, penggalangan dana lewat Kitabisa.com/konserdirumahaja dibuka hingga 14 April 2020. Total donasi yang terkumpul hingga Rabu (1/4) pukul 23.08 WIB telah mencapai lebih dari Rp 11,8 miliar dari total 89.884 donatur.  

Social movement #dirumahaja secara khusus digagas Narasi sejak Jumat (13/3). Melalui social movement ini, Narasi berharap setiap orang bisa memiliki kesadaran diri, turut memperlambat penyebaran virus, menerapkan social distancing, dan bekerja dari rumah sehingga bisa menekan peningkatan infeksi baru dan membuat kurva penyebaran virus corona bisa kian melandai.

“Ada 5 program (#BisaMakan, #BisaSteril, #Sembako14Hari, #RantangHati dan #Belajardirumah) yang mau kita lakukan, mudah-mudahan semuanya bermanfaat. Donasi yang masuk ini mudah-mudahan bisa berlipat ganda. Mari terus berdonasi kawan-kawan, banyak sekali yang perlu kita kerjakan barengan,” ungkap Nana, begitu Najwa Shihab biasa disapa.  

Konser Musik #dirumahaja merupakan suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan virus corona. Sejumlah musisi live perform dari rumah masing-masing secara bergantian, sembari mengajak penonton untuk ikut berdonasi lewat kitabisa.com. “Waktunya saling menguatkan sambil saling menghibur. Karena hari-hari ini, soliter adalah solidaritas,” tutur Nana.

Berikut 12 fakta Konser Musik #dirumahaja yang ditayangkan lewat situs www.narasi.tv, YouTube channel Narasi, YouTube channel Najwa Shihab dan Instagram Live akun @narasi.tv beberapa waktu lalu.

1. Penampilan pamungkas Didi Kempot 'The Lord of Loro Ati'

(@yans_brilio)

Penampilan pamungkas Didi Kempot ketika menghibur Sobat Ambyar menjadi momentum donasi yang terkumpul menembus angka Rp 9 miliar, meningkat lebih dari 100 persen dalam satu hari. Bahkan di lagu terakhirnya yang berjudul Kalung Emas, Najwa Shihab juga turut berjoget bersama segenap sobat ambyar yang menonton di rumah.

2. Tulus bawakan lagu Pamit

(@yans_brilio)

Tulus membuka Konser Musik #dirumahaja pada hari Sabtu (28/3) dengan menyanyikan lagu Pamit. Saat Tulus membuka konser, donasi sudah terkumpul Rp 4,3 miliar. Ia menuturkan ada yang berbeda dari konser biasanya karena tidak digelar di atas panggung.

“Konser musik ini adalah bagian dari gerakan melawan virus corona. Biasanya kalau nyanyi saya di panggung bareng-bareng. Hari ini nyanyi dan main musiknya di rumah masing-masing, tapi tetap bisa manggung,” ungkap Tulus.

3. Ada sang legend, Iwan Fals

(@yans_brilio) 

Iwan Fals yang turut tampil di Konser Musik #dirumahaja mengajak kita semua untuk tetap memupuk kekuatan dari rumah. “Di suasana mencekam ini, saya tetap dapatkan keindahan. Mudah-mudahan kondisi ini segera berlalu dan bisa aktivitas lagi secara normal. Tetap di rumah aja, keluar kalau benar-benar kepepet. Banyak pekerjaan di rumah yang bisa dilakukan. Kumpul sama keluarga yang selama ini nggak sempat dilihat. Ini saatnya kita pupuk lagi kekuatan dari rumah,” imbuh Iwan Fals.

4. Afgan bangga masyarakat bisa saling bantu

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Afgan akan ikut ambil bagian dalam Konser Musik #dirumahaja yang digelar Rabu-Jumat, 25-27 Maret 2020 (pukul 18:30-20.00 WIB) dan Sabtu, 28 Maret 2020 (pukul 12:00-21:00 WIB) Konser Musik #dirumahaja adalah sebuah kolaborasi penggalangan dana membantu penanganan COVID-19. Sejumlah musisi akan live perform dari rumah masing-masing secara bergantian sembari mengajak kamu untuk berdonasi melalui kitabisa.com/konserdirumahaja Seluruh donasi yang terhimpun berkat “Konser Musik #dirumahaja” akan disalurkan pada kelompok yang paling rentan, terutama tenaga kesehatan dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. Didukung oleh: @kitabisacom @loketcom @billboard_ina @violad.creativ @dana.id #dirumahaja #konsermusikdirumahaja #bergerakdari #narasi

A post shared by Narasi (@narasi.tv) on

Afgansyah Reza yang tampil di sesi awal menuturkan ia bangga karena masyarakat bisa saling membantu satu sama lain. "Saya harap dengan adanya Konser Musik #dirumahaja ini bisa jadi awareness kalian semua akan wabah virus corona dan bagaimana kita bisa membantu mereka semua yang sedang kesulitan, terutama tenaga kerja medis,” ujar Afgan.

2 dari 3 halaman

5. Jusuf Kalla baca puisi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dalam Konser Musik #dirumahaja, dengan judul "Coronavirus". Puisi tentang pandemi yang terjadi saat ini, ditulis sendiri oleh @jusufkalla Konser Musik #dirumahaja adalah sebuah kolaborasi penggalangan dana membantu penanganan COVID-19 yang dilaksanakan pada 25-28 Maret 2020. Narasi dan para musisi perform dari rumah masing-masing secara bergantian sembari mengajak kamu untuk berdonasi melalui kitabisa.com/konserdirumahaja Penggalangan dana ini akan berlangsung hingga 14 April 2020. Yuk ikut bergerak ambil bagian dari yang bisa kamu lakukan saat ini. Seluruh donasi yang terhimpun berkat “Konser Musik #dirumahaja” akan disalurkan pada kelompok yang paling rentan, terutama tenaga kesehatan dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. #dirumahaja #konsermusikdirumahaja #bergerakdari #narasi

A post shared by Narasi (@narasi.tv) on

Sederet nama yang turut menjadi bagian dari Konser Musik #dirumahaja antara lain Andmesh, Anji, Armand Maulana, Fourtwnty, Hivi, Judika, Ridho Hafiedz & Kaka, Eva Celia, Tulus, Rossa, Afgan, Vidi Aldiano, Gamaliel, Hindia, Ariel Noah, Yura Yunita, Kunto Aji, Barasuara, Raisa, Ardhito Pramono, Rendy Pandugo, Petra Sihombing, Ari Lasso, Iwan Fals, Trio Lestari dan Didi Kempot. Bukan cuma musisi, komika Pandji Pragiwaksono dan Bintang Emon juga turut menghibur para penonton. Serta tak ketinggalan, Nadiem Makarim, Erick Thohir, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga turut berpartisipasi membacakan puisi berjudul "Coronavirus."

6. Donasi untuk kelompok rentan dan tenaga medis

Seluruh biaya produksi konser dan seluruh musisi yang terlibat sepenuhnya berkontribusi secara pro bono, sehingga 100 persen donasi yang terhimpun dari konser ini dapat disalurkan pada kelompok yang paling rentan, terutama tenaga medis dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. Donasi akan didistribusikan kepada program-program yang sudah dijalankan sejumlah lembaga dan dikurasi bersama Kitabisa.com.

7. Mulai salurkan donasi Rp 4,5 miliar 

@narasi.tv

Konser Musik #dirumahaja, Solidaritas Lawan Corona telah memulai proses penyaluran donasi. Proses penyaluran dimulai Selasa (31/3) dilakukan secara virtual oleh para inisiator gerakan antara lain Najwa Shihab, dr Tompi, dan Seroja Hafiedz kepada para perwakilan penerima bantuan. Pada fase awal, telah disalurkan donasi sebesar Rp 4,5 miliar rupiah kepada Palang Merah Indonesia #lawancorona, GusDurian Peduli dan Gerakan Islam Cinta #salingjaga, Semua Murid Semua Guru #belajardirumah, Wahyoo Warteg Digital #rantanghati.

Palang Merah Indonesia mendapatkan Rp 1.000.000.000 untuk menjalankan program darurat bencana nonalam COVID-19 milik PMI. Kemudian, GusDurian Peduli dan Gerakan Islam Cinta yang mendapatkan Rp 2.050.000.000 untuk menyediakan kebutuhan sembako satu bulan penuh bagi 12.000 orang. Semua Murid Semua Guru mendapatkan Rp 1.000.000.000 untuk menyediakan 10.000 paket materi belajar bagi anak-anak marjinal tanpa akses internet. Serta, Wahyoo Warteg Digital mendapatkan Rp 450.000.000 untuk menyediakan makanan dua kali sehari bagi 800 orang selama 14 hari dari mitra Warung Wahyoo.

8. Donasi masih berlangsung loh, yuk ikutan

Proses pencairan donasi dilakukan secara berkala karena pertimbangan status darurat virus corona masih akan berlangsung hingga akhir Mei. Nana menjelaskan kendati konsernya sudah selesai, tetapi penggalangan donasinya masih akan terus berlangsung hingga 14 April 2020. 

“Jadi masih ada beberapa hari lagi. Kita terus membuka donasi, karena sekali lagi rasanya ini perjuangannya masih panjang. Oleh karena itu juga strategi untuk mencairkan dana pun bertahap. Mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan ke depan. Sejak awal, gerakan ini adalah kolaborasi banyak pihak. Pandemi corona adalah musuh berat yang perlu kita lawan bersama. Kami mengajak teman-teman lain yang belum bergabung untuk bergerak bersama agar perjuangan ini bisa kian berdampak,” tutur Nana.

3 dari 3 halaman

9. Donasi untuk sejumlah rumah sakit dan unit donor darah

(@narasi.tv)

Bendahara PMI, Suryani Sidik Motik, menuturkan dana yang terkumpul akan disalurkan ke beberapa rumah sakit dan unit donor darah. Donasi sebesar Rp 1 miliar yang didapat akan dibagikan untuk rumah sakit PMI Bogor dan rumah sakit rujukan.

“Kami juga punya rumah sakit di Aceh dan rumah sakit di Kendari. Selain itu kita juga punya unit donor darah sebanyak 243 unit se-Indonesia. Alat Pelindung Diri (APD) juga akan kami berikan untuk mereka rencananya begitu karena sesuai dengan amanah dari Narasi dan kita dikhususkan untuk APD,” ujar Suryani.

10. Donasi untuk pekerja informal

Alissa Wahid dari jaringan GusDurian menyampaikan bahwa donasi yang diterima pihaknya akan disalurkan kepada para pekerja sektor informal. Ia pun berterima kasih kepada para musisi yang telah menambah jumlah yang bisa disalurkan kepada keluarga-keluarga Indonesia, para pekerja sektor nonformal yang menerima dampak paling berat dari bencana virus corona ini.

“Bantuan dari teman-teman musisi melalui Konser Musik #dirumahaja ini akan membantu belasan ribu orang untuk setidaknya satu bulan ke depan. Mereka bisa menjaga diri dan menjaga jarak lebih baik dengan #dirumahaja tanpa harus memikirkan bagaimana harus hidup dalam kesehariannya,” kata Alissa.

Hal serupa juga dilakukan YouTuber Edho Zell yang menggagas gerakan #rantanghati. Ia bersyukur karena donasi yang terkumpul melebihi target yang ditetapkan. “Berkat bantuan dari teman-teman semuanya kami melampaui target sehingga kami bisa membantu lebih banyak orang lagi. Mudah-mudahan pekerja nonformal dan buruh harian bisa menikmati dan juga bisa ikutan #dirumahaja tanpa harus mikirin besok makan apa,” kata Edho.

11. Untuk anak permukiman marginal

Sementara Najelaa Shihab dari gerakan Semua Murid Semua Guru menuturkan fokus penyaluran dana yang diterima akan diberikan kepada anak-anak di permukiman marginal yang tidak memiliki akses terhadap internet.

“Dana ini akan kami gunakan untuk memberikan peralatan belajar di rumah dalam berbagai bentuk yang sifatnya non digital. Jadi lembar mewarnai, board game dan materi-materi edukasi yang dibutuhkan oleh anak-anak rentan yang tinggal di permukiman marginal yang tidak memiliki akses terhadap internet,” ungkap Najelaa.

12. Ajakan musisi untuk masyarakat agar turut berkontribusi

Tompi, selaku perwakilan musisi di Konser Musik #dirumahaja menjelaskan bahwa para musisi saat ini masih dalam komunikasi untuk mengajak pendengar atau followers ataupun masyarakat umum bisa terus ikutan berdonasi.

Walau mungkin tidak dalam bentuk konser tapi ada kemungkinan dibuat gerakan berikutnya sambil melihat kebutuhannya ke depan. “Tapi yang pasti, pintu donasi masih dibuka dan kami masih fight ke arah sana. Karena kebutuhan pasti masih akan sangat banyak,” tegas Tompi.

Oh iya jika Sobat Brilio ingin ikutan berdonasi bisa dilakukan secara online di sini. Ingat, masih dibuka hingga 14 April 2020 lho. Yuk ikut membantu memerangi virus corona dengan cara yang kita mampu. Kalau bukan kita, siapa lagi!