Brilio.net - Perang melawan Virus Corona (Covid-19) saat ini terus digaungkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apalagi, tingkat penyebaran virus ini di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan. Saat ini berdasarkan data Kementerian Kesehatan di Indonesia tercatat sudah ada 686 kasus terkonfirmasi positif, dengan angka kematian mencapai 55 kasus. Sementara yang dinyatakan sembuh sudah 30 kasus (data per 24 Maret 2020 pukul 12:00 WIB).

Hingga kini berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan laju penyeberan Covid-19. Bukan hanya pemerintah, berbagai lembaga juga terus berusaha membantu dengan cara yang bisa dilakukan. Belakangan ini muncul berbagai solidaritas dari sejumlah lembaga dan komunitas masyarakat dengan cara menggalang dana untuk membantu para tenaga medis.     

Langkah ini pula yang dilakukan Tokopedia, OVO dan Grab yang masing-masing mendonasikan Rp1 miliar (total Rp3 miliar) untuk membantu memerangi COVID-19. Inisiatif gabungan ini sekaligus menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran COVID-19.

Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis. Bekerja sama dengan Benih Baik pimpinan Andy F Noya, donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

“Bersama dengan BNPB RI dan berbagai mitra di industri, kami menyatukan suara, upaya dan semangat dalam memerangi COVID-19. Kami juga  membuka jalur donasi agar masyarakat dapat turut berkontribusi,” ujar Leontinus Alpha Edison, Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia.

Selain itu, Tokopedia juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker mulut untuk TKI yang membutuhkan di Hongkong, seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan namun cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan. Selain itu, Tokopedia membuka dua kanal berdonasi demi mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia.

Tokped Ovo Grab © 2020 brilio.net

Sementara itu Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO, menyatakan pihaknya juga memiliki tanggung jawab untuk berperan nyata dalam mendukung upaya pemerintah meredam dan mengatasi penyebaran virus ini. OVO juga mencanangkan program #BersatuLawanCorona sebagai bentuk komitmen untuk meringankan dampak COVID-19 di seluruh lapisan masyarakat.

“Salah satu upaya kami adalah memberikan dukungan dan bantuan berupa alat perlindungan diri seperti masker, pembersih tangan, multivitamin hingga sarung tangan sangat dibutuhkan ketika jumlah pasien terus melonjak,” ujar Karaniya.

Selain telah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) sebagai tindakan pencegahan di kantor bagi karyawan, OVO antara juga meluncurkan program bantuan untuk merchant termasuk UKM, yakni dengan membagikan 10.000 pembersih tangan (hand sanitizer) di wilayah Jabodetabek dan Bali. OVO telah melakukan sosialisasi kepada semua merchant untuk bersikap waspada dan terus menjaga kebersihan usai melakukan transaksi.

Sedangkan Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia menjelaskan, lewat #KitaVSCorona, pihaknya berupaya menyebarkan nilai-nilai positif, memberdayakan serta membangun masyarakat yang tangguh dengan bergotong royong untuk memerangi pandemi COVID-19.

“Donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara. Dukungan menyeluruh juga diberikan kepada para mitra Grab yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dalam masa penuh tantangan ini,” katanya.

Andy F Noya, Founder sekaligus CEO BenihBaik.com, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya dan inisiatif Tokopedia, OVO, dan Grab. Ia berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh dan mendorong lebih banyak masyarakat untuk bersatu dan mendukung upaya pemerintah dalam melawan COVID-19.

“Kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya terhadap Benih Baik, dan kami akan menjaga dan meneruskan kepercayaan ini dengan baik,” tegasnya.

Inisiatif ini pun disambut baik Kepala BNPB RI Doni Monardo. Ia menyebutkan donasi ini akan kembali didedikasikan untuk tim tenaga kesehatan yang telah menjadi bagian yang sangat strategis, sangat penting dalam penanganan Covid-19, termasuk untuk memberikan bantuan logistik, bantuan obat-obatan kepada para dokter para perawat dan tenaga kesehatan lainnya. “Supaya mereka bisa mendapat dukungan yang baik, sebagai pekerja terdepan bisa mendapatkan perhatian yang optimal,” kata Doni.

Selain menyalurkan dana bantuan, Tokopedia, OVO dan Grab juga segera membuka kanal penghimpunan donasi (crowdfunding) di platform masing-masing yang memungkinkan masyarakat ikut berkontribusi melawan COVID-19. Program ini juga bekerja sama dengan Benih Baik dan akan disalurkan untuk berbagai keperluan mendesak terkait dampak pandemi COVID-19.

(brl/red)