Brilio.net - Salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia adalah rematik. Rematik adalah penyakit peradangan kronis yang menyerang sendi. Ini merupakan salah satu penyakit paling umum di dunia dan dapat mempengaruhi orang dari semua usia, jenis kelamin, dan latar belakang. Rematik dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan dan memerlukan pengobatan jangka panjang untuk mengatasinya.

Rematik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdiri dari 100 jenis rematik. Namun, rematik yang paling sering dialami banyak orang, di antaranya rheumatoid arthritis, osteoarthritis, asam urat, sindrom sjogren, lupus, dan ankylosing spondylitis.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyakit rematik tak hanya menyebabkan nyeri saja, tetapi dapat pula memicu kerusakan organ vital, seperti paru-paru, jantung, sistem saraf, ginjal, kulit, hingga mata. Rematik tak hanya bisa menyerang orang usia lanjut, usia muda pun juga bisa terserang rematik. Hal ini bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sehat atau hal yang lainnya. Berikut 11 penyebab rematik di usia muda, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (7/2).