Brilio.net - Mimpi adalah jendela ke alam bawah sadar, tempat di mana pikiran, emosi, dan pengalaman tersembunyi dapat muncul dengan cara yang tak terduga. Salah satu jenis mimpi yang sering mengundang perasaan terbuka dan rentan adalah mimpi telanjang. Saat kamu bermimpi tanpa busana, mimpi semacam itu dapat menimbulkan perasaan malu, ketidaknyamanan, atau kebingungan.

Arti mimpi telanjang dapat berfungsi sebagai pengingat yang beragam untuk menjaga keberhati-hatian dan ketelitian dalam menjalani hidup. Walau terkesan sebagai mimpi aneh, namun arti mimpi telanjang bulat memiliki banyak makna tersembunyi. Makna terpendam ini juga bisa membantu menanggapi mimpi telanjang dengan bijak.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/7), inilah arti mimpi telanjang beserta penjelasan lengkapnya yang bisa membuat lebih waspada.

1. Arti mimpi menurut Islam

Islam memiliki pandangan tersendiri untuk kamu yang mengalami mimpi telanjang. Telanjang dalam mimpi bisa diibaratkan sebagai kemurnian dan kejelasan batin. Namun ada tafsir lain dari mimi telanjang, yakni kamu telah melakukan tindakan yang menyebabkan penyesalan.

2. Melihat diri sendiri telanjang

Ternyata mimpi tersebut menunjukkan adanya kelemahan dan kekurangan diri. Kamu pun harus lebih waspada karena kelemahanmu bisa dimaanfaatkan oleh orang-orang yang tidak menyukaimu.

Arti mimpi telanjang © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

3. Menelanjangi diri sendiri

Mimpi menelanjangi diri sendiri memiliki pertanda kurang baik. Mimpi tersebut dapat ditafsirkan bahwa kamu akan menghadapi musuh yang tersembunyi atau musuh dari orang yang tidak kamu duga-duga.

4. Tidak malu telanjang di hadapan banyak orang

Telanjang di hadapan banyak orang adalah hal yang memalukan. Namun, bagaimana kamu tidak merasa malu ketika mengalami hal tersebut saat mimpi.  Jika kamu mengalaminya dalam mimpi, hal tersebut bisa menjadi pertanda kurang baik.

Mimpi telanjang di hadapan banyak orang dan tidak merasa malu dapat dimaknai bahwa kamu akan mengalami kesulitan atau justru tidak mendapatkan apa-apa karena kamu melebih-lebihkan keterlibatanmu dalam suatu pekerjaan.

Arti mimpi telanjang © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

5. Telanjang d ihadapan banyak orang dan merasa malu

Berkebalikan dari mimpi sebelumnya, dalam mimpi ini kamu juga telanjang, tetapi merasa malu. Ketika merasa malu, kamu pun berusaha menutupi tubuhmu dengan pakaian, namun tidak berhasil. Mimpi tersebut menandakan bahwa kamu akan kehilangan harta atau barang berharga milikmu.

6. Telanjang sambil berjalan-jalan

Dalam dunia nyata, berjalan-jalan tanpa busana kerap dilakukan oleh orang yang gangguan jiwa dan tidak terurus. Namun bagaimana jika kamu mengalaminya sendiri di dalam mimpi?

Mimpi telanjang sambil berjalan-jalan dapat menunjukkan bahwa saat ini kamu tengah mengalami masa sulit. Meskipun demikian, kamu harus tetap optimis bisa melalui masa tersebut karena ada orang-orang disekitarmu yang bisa membantu keluar dari masalah.

Arti mimpi telanjang © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

7. Melihat orang lain telanjang

Kamu perlu waspada jika bermimpi melihat orang lain telanjang. Mimpi tersebut dapat diartikan bahwa kamu akan menjumpai masalah yang cukup berat dan serius di dalam hidupmu. Akan tetapi, kamu tak perlu takut untuk melangkah karena seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengatasi masalah tersebut.

8. Menelanjangi seseorang

Ketika kamu menelanjangi atau melepaskan pakaian seseorang dalam mimpi, hal ini bisa menjadi pertanda baik. Jika saat ini kamu sedang sakit, besar kemungkinannya bagimu untuk sembuh.

Akan tetapi, ada pula yang mengartikan bahwa mimpi menelanjangi seseorang justru bisa menjadi pertanda buruk. Mimpi tersebut bisa diartikan bahwa kamu akan kehilangan posisi, pekerjaan, atau diturunkan dari jabatan.

9. Menari sambil telanjang

Jika kamu mengalami mimpi menari sambil telanjang, kamu perlu berhati-hati. Mimpi tersebut dapat diartikan sebagai kondisimu yang tengah mengalami krisis karena telah merugikan orang lain. Kondisi tersebut membuatmu menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang tidak sengaja kamu lakukan.

Arti mimpi telanjang © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

10. Telanjang dan dipermalukan banyak orang

Telanjang di depan banyak orang tentu akan membuatmu malu, terlebih lagi jika ada orang-orang yang mempermalukanmu dengan menertawakan atau memarahimu. Ternyata mimpi telanjang dan dipermalukan banyak orang menandakan bahwa kamu tengah menyimpan rahasia besar. Kamu pun menjadi merasa ketakutan dan cemas karena telah menyembunyikan rahasia tersebut.

11. Arti mimpi telanjang menurut psikologi

Dalam ilmu psikologi, mimpi telanjang mampu menggambarkan perasaan atau emosi yang kamu rasakan. Secara umum, mimpi telanjang dapat diartikan bahwa kamu memiliki perasaan cemas, malu, atau gelisah. Bahkan, kamu juga berusaha menyembunyikan masalahmu ketika merasa berada di titik terendah.