Brilio.net - Masa muda merupakan salah satu fase yang dianggap begitu berharga dalam perjalanan hidup seseorang. Ketika masih berusia muda, kamu masih memiliki banyak energi untuk melakukan berbagai hal, seperti belajar skill baru, membangun bisnis, hingga meraih pekerjaan yang kamu inginkan.

Meskipun terbilang sebagai masa yang krusial, tak sedikit anak muda yang masih menyia-nyiakan waktu berharganya. Seringkali anak-anak muda menganggap mereka memiliki banyak waktu, sehingga tak perlu bekerja terlalu keras.

Anggapan ini pun kurang tepat karena memaksimalkan waktu muda untuk melakukan hal-hal postif tentu saja akan berdampak baik setelah menjelang tua. Supaya kamu tak merasa malas dan bisa lebih semangat lagi, kamu bisa membaca kata-kata bijak untuk anak muda yang inspiratif.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/9), kata-kata bijak anak muda yang penuh nasihat dan bikin semangat.

Kata-kata bijak untuk anak muda tak menyia-nyiakan waktu.

kata bijak anak muda © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@motivasianakmuda.id

1. "Ketika kita berdoa meminta yang terbaik, kemudian kita mengalami sebuah kehilangan, maka bersyukurlah karena Tuhan tau yang terbaik untuk kita."

2. "Lebih baik sibuk mencari jalan dalam memperbaiki diri daripada sibuk mengeluh dan menyalahkan keadaan."

3. "Orang yang bisa menikmati masa tuanya tanpa kekurangan secara finansial adalah orang yang dulu di masa muda bekerja keras dan gigih." - Warren Buffets

4. "Bahagia itu menyukai apa yang dikerjakan, melakukan pekerjaan tanpa beban, memiliki keberanian tanpa keraguan, dan semangat penuh kebahagiaan."

5. "Masa muda akan menjadi aset terhebatmu jika kamu menggunakan waktu mudamu dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat untuk masa depan."

6. "Salah satu kesalahan terbesar dari anak muda yang aku dengar sampai saat ini adalah 'Ohh...aku tidak perlu khawatir karena aku masih muda.'"

7. "Aku tidak ada waktu untuk menyerah dan tidak ada waktu untuk mendengarkan semua ocehan negatifmu."

8. "Bersabarlah, kadang kita perlu melewati hal terburuk untuk mendapatkan hal terbaik."

9. "Jangan meminta hidup yang lebih mudah, tapi mintalah agar kamu bisa lebih kuat dari kesulitan hidupmu."

10. "Dilarang mengeluh dengan keadaanmu jika kamu sendiri tidak melakukan apapun untuk mengubahnya."

11. "Bersabarlah, mimpimu yang luar biasa juga membutuhkan waktu."

12. "Jangan terlalu dikejar, jika memang jalannya pasti Allah memperlancar karena yang menjadi takdirmu akan mencari jalannya untuk menemukanmu."

13. "Tetap jadi versi terbaik dari dirimu sendiri, orang lain tidak harus suka, dan kamu juga tidak harus peduli."

14. "Apabila kamu sudah memutuskan untuk menekuni suatu bidang, jadilah orang yang konsisten, itu adalah kunci kesuksesan yang sesungguhnya." - BJ Habibie

15. "Ingat, uangmu jangan dihambur-hamburkan hari ini. Siapa tahu besok kamu akan kehilangan pekerjaan atau menjumpai musibah lainnya. Tabung dan siapkan keuanganmu dengan baik."

16. "Semakin sulit perjalanan hidupmu, maka kamu akan menjadi semakin kuat."

17. "Jangan malu terhadap apapun bentuk usahamu. Hidupmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Omongan orang lain tentangmu tidak akan membantu mengubah nasibmu."

18. "Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang terjadi pada kita. Jadi, jika ingin mengubah hidup kita, perlu sedikit mengubah pikiran kita." - Wayne Dyer

19. "Saat kamu sukses, teman-temanmu jadi tau siapa sesungguhnya dirimu. Namun saat kamu gagal, kamu jadi tau siapa sesungguhnya teman-temanmu."

20. "Tidak perlu takut dalam memulai sesuatu karena bisa saja ketakutan yang ada hanyalah semu."

21. "Hidup kita itu sebaiknya ibarat bulan dan matahari. Dilihat orang atau tidak, ia tetap bersinar. Dihargai orang atau tidak, ia tetap menerangi." - Bob Sadino

22. "Pergilah dengan pilihan yang menurutmu paling menakutimu karena hal itu yang akan membuat dan membantumu untuk berkembang."

23. "Mumpung masih muda, jangan habiskan waktu hanya rebahan di kasur karena waktu dan tenaga sangatlah berharga."

24. "Jika anda tidak pernah mencoba, bagaimana anda bisa tahu bahwa disana terdapat peluang?" - Jack Ma

25. "Hancurkan kemalasanmu atau kemalasanmu akan menghancurkanmu."

26. "Semua keinginanmu itu bisa terjadi, jika kamu konsisten, dan punya semangat yang tinggi."

27. "Kesulitan hidup itu tidak bersifat permanen bagi mereka yang tidak menyerah."

28. "Ketika anda berada dalam keraguan, serahkan semua pada tuhan karena hanya dia yang dapat menuntun untuk menemukan jawaban yang pasti."

29. "Jadilah diri sendiri karena yang asli lebih berharga daripada salinan."

30. "Kehidupan yang tidak diperjuangkan tidak akan pernah dimenangkan."

31. "Komunitas yang kamu pilih akan menentukan kualitasmu."

32. "Jangan fokus sama uangnya dulu, nanti kerjanya gak jadi. Kerja dulu yang bagus, nanti uangnya akan datang." - Chairul Tanjung

33. "Cara sederhana menjalani hidup adalah jangan selalu membandingkan dirimu dengan orang lain. Terimalah dirimu apa adanya dan bersyukur."

34. "Tidak ada pilihan lain bagi kita dalam mencapai impian, melainkan dengan melakukan perubahan, berjuang dari sekarang, dan konsisten untuk setiap yang kita kerjakan."

35. "Jika hatimu susah, gelisah, dan gak tenteram, mungkin kamu terlalu dalam mencampuri urusan tuhan (rezeki, jodoh, dan takdir)."

36. "Teruslah bermimpi karena dengan bermimpi itu menunjukkan bahwa kamu masih hidup. Hanya orang mati yang tidak memiliki mimpi."

37. "Jika anda membiarkan diri anda sendiri tidak disiplin dalam hal-hal kecil, kemungkinan juga anda tidak akan disiplin dalam hal-hal besar." - Warren Buffet

Kata-kata bijak untuk anak muda mengenai kehidupan.

kata bijak anak muda © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@Instagram/@motivasianakmuda.id

38. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kau benci."

39. "Jangan resah di ujung senja karena kalian para pemuda adalah bagian dari fajar." - Cak Nun

40. "Waktu luang itu nikmat sekaligus musibah. Jadi nikmat jika diisi amal kebaikan yang membahagiakanmu. Jadi musibah saat ia terbuang percuma dan kau dibuat menyesal."

41. "Jika kita terlalu khawatir akan hari esok, maka tidak ada hari ini untuk disyukuri."

42. "Dalam kehidupan, sebenarnya bukan tentang seberapa banyak yang kita capai, tapi seberapa banyak kita menjalani hari-hari yang berat dan kesalahan." - Jack Ma

43. "Seberapapun cerdasnya anda, anda akan melakukan kesalahan. Anda akan belajar dari kesalahan karena anda tidak bisa menghindarinya. Belajarlah untuk menghadapinya." - Jack Ma

44. "Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu." - Ali bin Abi Thalib

45. "Lupakan dan maafkan karena itu adalah salah satu tujuan manusia diciptakan."

46. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi." - Ali bin Abi Thalib

47. "Lidahmu jangan kau biarkan menyebut kekurangan orang lain. Sebab kau pun punya kekurangan dan orang lain juga punya lidah." - Imam Syafi'i

48. "Berusaha membidik sebuah target bisa saja melelahkan. Tapi berusaha tanpa target yang jelas, sudah pasti lebih melelahkan."

49. "Yang diperlukan orang dalam hidup sebenarnya hanya tiga, yakni orang yang sehat, kuat, dan bahagia."

50. "Jadilah sangat sibuk mengembangkan dirimu sendiri, sehingga kamu tidak punya waktu untuk mengkritik hidup orang."

51. "Tarik nafas dalam-dalam, hembuskan pelan-pelan. Istirahat sejenak, tarik pelajaran dari kekalahanmu. Lalu bangun dan bangkit lagi."

52. "Lelah itu wajar, asal kamu jangan berhenti, teruslah berjuang."

53. "Bukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia."

54. "Tuhan akan menolong orang yang berusaha menolong dirinya sendiri."

55. "Orang kuat adalah orang yang juga memiliki kelemahan, tapi memilih berfokus pada kekuatan mereka."

56. "Sukses itu sederhana, lakukan hal yang tepat, dengan cara yang tepat, dengan cara yang tepat, dan waktu yang tepat."

57. "Sukses itu 1% bakat dan 99% keringat."

58. "Ingatkan pada dirimu sendiri untuk tidak terlalu banyak menuntut, tapi lebih banyak bersyukur."

59. "Kegigihan memberi kekuatan kepada yang lemah. Kejelasan kepada yang bingung, kepastian pada yang ragu, dan kekayaan pada yang miskin."

60. "Kita lebih cepat melihat kesulitan daripada melihat kemudahan. Itulah sebabnya kita mudah berkecil hati."

61. "Bersikaplah lebih rendah hati. Orang lain tidak mungkin sepenuhnya salah, seperti kamu yang tidak mungkin sepenuhnya benar."

62. "Rezeki sudah tertakar. Tak akan tertukar dan tak ada yang nyasar. Asalkan kita ikhtiar dan selalu berada di jalan yang benar."

63. "Ketika segala sesuatunya berjalan melawan anda. Ingatlah bahwa pesawat terbang lepas landas melawan angin."

64. "Jangan pernah membuat keputusan saat marah dan jangan pernah berjanji saat kau bahagia." - Ali bin Abi Thalib

65. "Lakukan kebaikan sekecil apapun karena kau tak pernah tahu kebaikan apa yang akan membawamu ke surga." - Imam Hasan Al-Bashri

66. "Karena cinta dan obsesi itu beda tipis. Kadangkala yang kita sebut itu cinta ternyata hanyalah obsesi semata."

67. "Jangan buang waktu berharga anda, melihat masa lalu hanya berguna kalau kita bisa belajar sesuatu. Jika tidak, itu sama saja seperti membuang waktu."

68. "Jangan paksa diri agar terlihat kaya. Jika ingin miskin selamanya, maka kurangi bergaya jika kau memang tak punya."

Kata-kata bijak dari para tokoh ternama untuk anak muda.

kata bijak anak muda © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bisnis.anak_muda

69. "Resiko terbesar terjadi saat tidak mengambil resiko sama sekali." - Mark Zuckeberg

70. "Jika semuanya sempurna, anda tidak akan pernah berkembang." - Beyonce

71. "Perut lapar, dompet kosong, dan sakit hati adalah tiga hal yang dapat mengajarkan kepadamu pelajaran terbaik dalam kehidupan." - Robin Williams

72. "Orang baik bukan berarti tidak boleh marah, tapi pandailah mengatur amarahmu supaya tak menyesal setelah amarahmu reda." - Mario Teguh

73. "Beberapa kesulitan tidak menggagalkan keseluruhan hidup anda. Masih ada hari ini dan esok." - Mario Teguh

74. "Kegagalan adalah peluang untuk memulai lagi dengan lebih cerdas dan lebih baik." - Henry Ford

75. "Anda lihat, dalam kehidupan banyak orang tahu apa yang harus dilakukan, tetapi hanya sedikit orang yang benar-benar melakukannya. Mengetahui saja tidak cukup, anda harus mengambil tindakan." - Tony Robbins

76. "Sebagian besar hal yang penting di dunia ini telah diselesaikan oleh orang-orang yang terus berusaha ketika tampaknya tidak akan sukses sama sekali." - Dale Carnegie

77. "Jangan pernah berhenti percaya dengan kekuatan idemu, imajinasimu, dan kerja kerasmu untuk mengubah dunia." - Barack Obama

78. "Terus belajar, terus bermimpi, terus bertanya mengapa. Jangan puas dengan apa yang sudah kamu ketahui." - Barack Obama

79. "Ada potensi mengagumkan dalam diri setiap insan manusia. Percayalah pada kekuatan dan masa muda Anda. Belajarlah untuk tanpa henti berulang-ulang mengatakan kepada diri sendiri, 'Itu semua tergantung padaku.'" - André Gide
80. "Keberhasilan adalah milik mereka yang mau berusaha." - BJ Habibie

81. "Selalu siap menjalani setiap tantangan dan mau berkorban." - BJ Habibie

82. "Jadilah orang yang konsisten untuk mengerjakan satu bidang." - BJ Habibie

83. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

84. "Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung bahayanya kebodohan." - Imam Syafi'i

85. "Dari sudut pandang kaum muda, hidup adalah masa depan yang sangat panjang. Dari sudut pandang usia tua, masa lalu yang sangat singkat." - Arthur Schopenhauer

86. "Saya mendorong semua anak muda untuk meraih impian mereka. Jika mereka melakukannya, banyak masalah dunia akan terpecahkan." - Michael Jackson

87. "Anak muda suka nekat. Tidak berpikir panjang. Tapi, disitulah letak nikmatnya. Kau bisa melakukan apa saja selagi semangat dan energimu masih berlimpah." - Desi Puspitasari

88. "Anak muda berbahagia karena memiliki kemampuan melihat keindahan. Siapapun yang menjaga kemampuan untuk melihat keindahan tidak akan pernah menjadi tua." - Franz Kafka

89. "Sebagai anak muda bangsa ini, sudah seharusnya kita memahami budaya kita sendiri. Jangan banggain negara lain terus." - Arumi E.

90. "Buanglah sedikit masa mudamu dan tertawalah seperti anak muda 20 tahun dari sekarang." - Bong Chandra

91. "Anak muda memang harus semangat, bangun pagi, kerja pagi, biar Indonesia makin maju." - Irfan Ihsan

92. "Mumpung masih muda, ayo, hiasi hidup dengan berbagai macam warna. Biar nanti kalau udah tua, kita punya banyak cerita buat anak cucu." - Erlita Pratiwi

93. "Anak muda yang keren itu adalah anak muda yang tetap berpenampilan muda, punya selera muda, punya semangat anak muda tetapi nggak jauh dari masjid." - Hanan Attaki

94. "Idealisme seorang anak muda memang tidak bisa dihentikan oleh hujan badai sekalipun." - Aan Syafrani

95. "Hanya ada dua jenis anak muda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan. Mereka yang menciptakan perubahan. Silakan pilih perjuanganmu." - Pandji Pragiwaksono

96. "Anak muda memang minim pengalaman, karena itu ia tak tawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan." - Anies Baswedan

97. "Anak muda memang akan mengalami beberapa kali patah hati sebelum sampai pada pilihan terbaiknya." - Mario Teguh

98. "Anak muda itu jangan bisanya cuma mengkritik, harus ada solusi jadi akan ada timbal balik, itulah hakikat kemerdekaan karena tumpuannya ada di anak muda yang kreatif dan inovatif." - Basuki Tjahaja Purnama

99. "Selalu menjadi anak muda yang peduli, memilih jalan suci penuh kemuliaan. Kau akan menjalani kehidupan ini penuh kehormatan. Kehormatan seorang petarung." - Tere Liye

100. "Anak muda yang sibuk cinta-cintaan dan galau karena cinta mentah, akan kehilangan keindahan masa mudanya." - Mario Teguh

101. "Wahai anak muda, jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, engkau harus menanggung pahitnya kebodohan." - Pythagoras