Brilio.net - Banyak orang Indonesia tidak tahan dengan suhu panas. Di rumah, kos, kampus, kantor dan beberapa tempat banyak memasang AC atau kipas angin untuk menghindari panas. Bahkan kendaraan setara bus kota pun mulai beralih menggunakan pendingin ruangan.

Di beberapa negara suhu udara sangat panas karena sudah ketentuan alam. Ada yang diatas 50 derajat celcius lho. Kira-kira butuh berapa AC dan kipas angin agar merasa dingin di tempat itu. Nah baiknya kita simak dulu kondisi 10 tempat terpanas didunia dilansir dari litmaze.com (19/10).

1. Lembah kematian Kalifornia.

panaz ©litmaze.com

Lembah kematian merupakan tempat terpanas di Amerika Utara. Udara di tempat ini bisa mencapai 56,7 derajat celcius, yakni suhu udara terpanas di dunia pada awal abad ke-19. Tempat ini juga dijuluki sebagai tempat paling kering sedunia di masa itu.

Loading...

2. El-Aziza di Libya.

panaz ©litmaze.com

Tidak jauh berbeda di lembah kematian, suhu udara di El-Aziza mencapai 56 derajat celcius. Tempat ini berupa padang pasir dengan beberapa karang batu. Wah sering haus pasti di situ.

3. Dallol di Ethiopia.

panaz ©litmaze.com

Tempat ini sebenarnya indah dengan pemandangan kawah hijaunya. Namun sayangnya suhu di sini cukup panas yakni mencapai 35 derajat celcius. Terik sekali pasti.

4. Wadi Halfa di Sudan.

panaz ©litmaze.com

Kota di Sudan ini mempunyai suhu udara cukup panas yakni mencapai 40 derajat celcius pada musim panas. Kota ini hampir tidak pernah hujan. Wajar saja jika hanya dihuni 15 ribu orang.

5. Aghajari di Iran.

panaz ©litmaze.com

Kota di Iran ini juga memiliki suhu udara ekstrem. Suhu di sini bisa mencapai 50 derajat celcius. Suhu minimalnya saja mencapai 45 derajat celcius. Musim panas di kota ini sangat panjang sedangkan musim dingin cukup pendek.

6. Avaz di Iran.

panaz ©litmaze.com

Kota Avaz juga menjadi kota yang cukup panas. Kota yang bertempat di negara Iran ini memiliki suhu harian mencapai 46 derajat celcius. Walau siang hari terasa terik, malah hari di Avaz sangat dingin lho.

7. Tirat Zvi di Israel.

panaz ©litmaze.com

Kota di Israel ini juga memiliki suhu ekstrem. Panasnya bisa mencapai 53 derat celcius. Untuk menghindari kepanasan, penduduk di sini mendinginkan diri di kolam samping rumah masing-masing.

8. Gurun Dasht-e Loot di Iran.

panaz ©litmaze.com

Iran memang cenderung panas. Salah satu tempat panas di sini ialah gurun Dasht-e Loot. Panas pasir di sini bisa mencapai 70 derajat celcius loh.

9. Timbuktu di Mali.

panaz ©litmaze.com

Kota di negara Mali ini juga menjadi tempat yang cukup panas di dunia. Tempat ini memiliki suhu harian 40 derajat celcius. Bahkan suhu di tempat sini tidak pernah dibawah 30 derajat celcius loh.

10. Gunung Flaming di China.

panaz ©litmaze.com

Gunung ini menjadi gunung terpanas di dunia. Pada tahun 2008 suhunya mencapai 50 derajat celcius. Wah kalau mendaki gunung ini dijamin ngos-ngosan.