×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Samurai paling melegenda sepanjang sejarah, kisahnya bikin bergidik

View Image

0

BRILIO » Wow

10 Samurai paling melegenda sepanjang sejarah, kisahnya bikin bergidik

Kisah samurai juga sering difilmkan dan menjadi film yang laris di pasaran.

18 / 01 / 2018

Brilio.net - Selain anime yang menjadi primadona bagi anak-anak era 90-an, negara Jepang juga dikenal dengan sejarah samurainya. Banyak orang yang salah menafsirkan tentang samurai. Kebanyakan orang menganggap samurai adalah sebuah pedang. Nyatanya, samurai ialah prajurit militer kelas elit pada masa praindustri di Jepang. Sementara pedang yang samurai pakai sebagai senjata disebut katana.

Sampai sekarang samurai adalah salah satu legenda kebanggaan Jepang. Kisah samurai juga sering difilmkan dan menjadi film yang laris di pasaran. Salah satu contohnya yaitu film berjudul Rurouni Kenshin yang diangkat dari serial anime Samurai X.

Tapi dari banyaknya cerita sejarah tentang samurai, ada setidaknya 10 samurai yang ceritanya paling melegenda sepanjang sejarah. Keberaniannya di medan perang serta taktik jitunya mampu membantu militer Jepang untuk melenyapkan para musuh.

Berikut ini 10 samurai paling melegenda sepanjang sejarah yang brilio.net lansir dari laman listamaze, Kamis (18/1).

1. Sanada Yukimura (1567-1615).

Loading...

legenda samurai © listamaze.com

Sanada Yukimura merupakan samurai pemberani dari periode Sengoku. Ia dijuluki sebagai "pahlawan yang hanya lahir satu kali dari ratusan tahun", julukan lainnya adalah "pahlawan Sengoku terakhir". Legenda Sanada yang terkenal yaitu saat ia menjadi panglima pertahanan aksi Pengepungan Osaka.

2. Kusunoki Masashige (1297-1336).

legenda samurai © listamaze.com

Kusunoki Masashige terkenal pada abad ke-14, samurai ini dikenal karena pengorbanan bertempurnya dalam Perang Genko untuk Kerajaan Go-Daigo. Perang ini terjadi karena perebutan pemerintahan dengan Kamakura di Jepang. Pada tahun 1880, sosoknya dijadikan sebuah patung oleh pemerintahan Meiji sebagai bentuk penghargaan.

3. Tsukahara Bokuden (1489-1571).

legenda samurai © listamaze.com

Tsukahara Bokuden ini dikenal sebagai samurai paling mematikan yang pernah ada. Ia terkenal pada awal-awal periode Sengoku dan sering dijuluki Tuhan-nya samurai. Bokuden mulai bertarung sejak usia 17 tahun. Sejak debutnya sebagai samurai, Bokuden tak pernah kalah sekalipun. Sebanyak 19 duel dan 37 pertempuran berhasil ia menangkan.

4. Honda Tadakatsu (1548-1610).

legenda samurai © listamaze.com

Honda adalah seorang samurai legendaris di bawah pimpinan Jenderal Tokugawa Ieyasu. Ia merupakan orang kepercayaan Jenderal Tokugawa. Honda hampir dilibatkan dalam pertempuran besar yang dipimpin oleh jenderal ini. Pada pertempuran tahun 1600, Honda menarik banyak perhatian dengan sosoknya yang seram dan pedangnya sepanjang 67cm yang sangat berbahaya. Setelah pertempuran itu ia didapuk menjadi komandan militer terbaik.

5. Toyotomi Hideyoshi (1537-1598).

legenda samurai © listamaze.com

Hideyoshi merupakan bawahan dari Raja Oda Nobunaga. Ia menjadi orang nomor dua pemersatu bangsa Jepang. Dulunya ia dikenal sebagai samurai, jenderal dan politisi semasa periode Sengoku. Hideyoshi juga pernah berduel dengan Tokugawa Ieyasu, salah satu samurai kuat di Jepang. Duel mereka kini dikenang sebagai Pertempuran Komaki dan Nagakute.

6. Tomoe Gozen (1157-1247).

legenda samurai © listamaze.com

Tomoe merupakan salah satu samurai wanita yang sejarahnya sangat melegenda. Samurai pada abad 12 ini tak hanya menggunakan katana sebagai alat perangnya, ia juga menggunakan panah sebagai alat pemusnah musuh. Samurai cantik ini ambil andil besar pada Perang Genpei, Perang Awazu dan konflik-konflik pada pemerintahan Jepang lainnya.

7. Uesugi Kenshin (1530-1578).

legenda samurai © listamaze.com

Legenda yang terkenal dari samurai ini adalah ketika berduel dengan rivalnya Takeda Shingen. Kenshin hampir mengalahkan Takeda pada duelnya yang keempat di Perang Kawanakajima. Taktiknya saat perang ini menjadi penemuan baru, tak hanya bertempur ia juga membantu para pasukannya yang terluka.

8. Date Masamune (1567-1636).

legenda samurai © listamaze.com

Pada tahun 1584, Masamune menjadi penguasa daerahnya. Ia pergi berperang dengan klan Ashina dari wilayah Aizu. Saat awal-awal masa pimpinannya, ia mengalami banyak kekalahan. Setelah mendapatkan banyak pengalaman, ia menjadi serakah dengan menaklukkan wilayah-wilayah tetangganya.

9. Oda Nobunaga (1534-1582).

legenda samurai © listamaze.com

Nobunaga menjadi salah satu contoh samurai terbaik yang dimiliki Jepang. Ia menjadi satu dari tiga tokoh pemersatu bangsa. Nobunaga juga terkenal dengan inovasi-inovasinya dalam organisasi dan taktik perang. Setelah perang pada tahun 1559, ketenaran Nobunaga sebagai samurai berkurang. Ia memutuskan untuk bergabung bersama sekutu untuk menciptakan perdamaian di Negeri Matahari Terbit.

10. Miyamoto Musashi (1584-1645).

legenda samurai © listamaze.com

Musashi adalah seorang ahli pedang senior. Dia dikenal karena membuat pedang bermata dua, teknik menggunakan pedang ini kemudian disebut 'niten ichi'. Pedang bermata dua ini menjadi kisah legendaris hingga kini. Sampai film layar lebar Rurouni Kenshin mengadaptasi pedang bermata dua milik Musashi ini.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    78%

  • Ngakak!

    22%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more