Brilio.net - Keindahan penampilan amat penting bagi orang zaman sekarang. Berbagai cara pun ditempuh, mulai dari perawatan modern hingga tradisional untuk mendapatkan tubuh yang cantik ideal. Tak heran, jika klinik kecantikan semakin ramai.

Menelusuri kebelakang, kira-kira bagaimana tren kecantikan orang zaman dahulu? Ternyata mereka juga suka menjaga kecantikan lho. Bahkan ramuan kecantikan yang dipakai super ekstrem dan tak lazim untuk zaman sekarang. Yuk kita simak resep kecantikan orang zaman dahulu dilansir dari listmaze.com, Senin (30/10).

1. Garam dari laut mati.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: delugecosmetics.com

Air di laut mati konon kaya akan mineral dan kandungan garam. Kadar garamnya saja 8,6 kali lebih besar dari laut kebanyakan. Air di laut mati juga terkenal bagus untuk kulit dan relaksasi. Bahkan dulu Cleopatra rela menuju laut mati untuk mandi. Ia juga mencampurkan air dari laut mati untuk beberapa ramuan kecantikannya.

2. Gula Arab.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: listmaze.com

Untuk mendapatkan kulit mulus bebas bulu, orang-orang arab memilih memakai gula arab. Campuran gula arab antara lain lemon, air dan gula. Membersihkan bulu kaki dengan gula arab lebih tidak sakit daripada waxing pada umumnya. Selain itu, kulitmu akan tambah lembut dan mulus.

3. Bubuk mutiara.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: dhgate.com

Beberapa poduk kosmetik di pasaran kerap mengatakan produknya mengandung bubuk mutiara. Hal ini wajar saja karena bubuk mutiara amat kaya dengan manfaat. Dulu, putri kerajaan di China memakai bubuk mutiara untuk menambah kecerahan kulit. Kandungan di dalam bubuk mutiara kaya akan antioksidan yang memepercepat regenerasi kulit. Konon bagi muka berjerawat akan segera sembuh jika memakai bubuk mutiara lho.

4. Lipstik batu permata.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: etsy.com

Kira-kira bagaimana wanita zaman dahulu mewarnai bibirnya? Wanita Mesir mewarnai bibirnya dengan ramuan batu permata dan lilin lebah. Batu permata tersebut memberikan rona warna laiknya lipstik. Batu permata dengan warna tertentu dihancurkan lalu dicampur lilin lebah. Nah campuran itulah yang selanjutnya dioleskan pada bibir.

5. Arsenik.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: thesleuthjournal.com

Arsenik terkenal sebagai racun yang mematikan. Namun ternyata bisa digunakan sebagai ramuan penghilang bulu lho. Caranya, arsenik dicampur dengan lemon dan ramuan lain. Campuran tersebut diusapkan ke seluruh tubuh. Setelah dioleskan, tinggal pergi ke sauna atau mandi untuk membersihkan sisa olesan di tubuh. Arsenik sebenarnya mempunyai dampak yakni membuat tubuh terasa panas. Oleh karena itu jika sudah terasa panas pengguna ramuan ini akan segera membersihkan tubuh dengan air.

6. Makan cacing untuk diet.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: gponline.com

Wanita Inggris pada tahun 1800-an terkenal menginginkan tubuh ideal nan langsing. Cara mendapatkan tubuh langsing ternyata cukup ekstrem yakni dengan makan cacing pipih. Cacing pipih tersebut ditelan hidup-hidup. Di dalam tubuh, cacing akan mengkonsumsi lemak-lemak agar tubuh tidak gendut. Cara ini bisa berujung kematian apabila cacing tersebut masuk pada organ krusial seperti otak, paru-paru dan jantung.

7. Urine binatang.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: newsholic.com

Sudah mencoba berbagai macam shampo namun rambutmu tak kunjung hitam dan berkilau? Bisa tuh mencoba tips dari masyarakat arab. Mereka keramas dengan urine unta untuk mendapatkan rambut yang indah. Tak hanya itu, di Italia para wanitanya mendapatkan rambut blonde dengan keramas menggunakan urine singa. Lebih ekstrem lagi, masyarakat di Roma menggunakan urine binatang untuk gosok gigi agar tampak putih. Mau coba?

8. Susu keledai.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: theluxuryspot.com

Cleopatra memang memiliki segudang tips kecantikan. Salah satunya ialah dengan mandi menggunakan susu keledai. Konon ia rajin mandi dengan susu keledai agar vitalitas dan kesegaran kulitnya terjaga. Sekali mandi, ia butuh susu dari 700 ekor keledai.

9. Kotoran burung bulbul.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: listmaze.com

Seperti yang kita tahu, makeup para Geisha di Jepang amatlah tebal. Mereka kadang menggunakan bahan berbahaya sebagai makeup. Untuk membersihkan kulit wajah dari bahan berbahaya, para Geisha tersebut memakai kotoran burung bulbul. Konon setelah memakai kotoran burung bulbul, kulit wajah jadi lebih baik. Hingga saat ini artis sekelas Tom Cruise dan Victoria Beckham pun memakai kotoran burung bulbul sebagai pembersih makeup. Konon kotoran itu bisa memperbaiki kulit yang rusak serta menghambat penuaan.

10. Masker tinja buaya.

kosmetik jadul © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: listmaze.com

Masker bengkoang, aloevera, mentimun sudah biasa. Beranikah kalian memakai masker tinja buaya? Cleopatra selalu memakai masker muka dari tinja buaya untuk merawat kulit wajah. Tidak haya itu, Cleopatra terkadang mengguakan tinja buaya sebagai krim mandi yakni digunakan ketika mandi dengan susu keledai.