Brilio.net - Serangga adalah salah satu hewan yang sering berkeliaran di dalam ataupun di luar rumah. Serangga ini biasanya nyamuk, lalat, semut dan lain sebagainya.

Kehadiran serangga-serangga ini seringkali membuat penghuni rumah merasa terganggu karena serangga tersebut sering menggigit atau mendekati persediaan makanan di dapur. Serangga seperti nyamuk dan lalat juga membawa penyakit bagi manusia, seperti demam berdarah, diare, disentri dan lain sebagainya.

Untuk mengusir atau mencegah mereka mendekati tubuh manusia atau mendekati persediaan makan manusia, kamu bisa menggunakan beberapa tanaman yang bisa mengusir serangga. Tanaman-tanaman ini biasanya memunculkan aroma wangi yang menyengat, sehingga membuat serangga merasa tidak nyaman.

Tak hanya menjadi tanaman pengusir serangga, tanaman ini juga bisa sekaligus menjadi dekorasi dalam atau pun luar rumah. Sehingga rumah terasa segar dan nyaman tanpa adanya gangguan serangga.

Berikut 10 jenis tanaman pengusir serangga, brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Kamis (14/1).

Loading...

1. Tanaman mint.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@pelangi_flora

Aroma dari tanaman mint dapat mengusir berbagai macam serangga yang masuk ke rumah. Hal ini dikarenakan sifat aromatik yang ditemukan di daun, batang dan bunganya.

Lalat, laba-laba, agas, nyamuk, dan bahkan semut akan menjauhi tanaman ini. Mint mudah tumbuh di mana saja. Kebanyakan serangga membenci bau dan rasa mint.

Dengan perawatan rutin, tanaman mint bisa menjadi dekorasi dalam atau luar rumah yang menyegarkan. Tanamlah dalam pot dan seringlah memetik daunnya agar tanaman tetap dalam kondisi baik. Semakin tajam aroma, semakin sedikit serangga yang mendekat.

2. Lavender.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@grosirtanamanhias

Kamu pasti sudah asing dengan aroma tanaman lavender. Bunga lavender biasanya dijadikan sebagai pewangi ruangan atau pewangi lotion anti nyamuk. Bau harum dari bunga lavender dapat mengusir serangga seperti nyamuk, lalat, kecoa, ngegat, bahkan agas.

Bau harum bunga ini sangat dibenci serangga, namun disukai manusia karena ketika menghirup aromanya, tubuh akan menjadi lebih rileks. Aroma ini bisa menghilangkan stres, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Tak hanya itu, tanaman lavender juga memiliki perawatan yang mudah. Tanaman ini hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meski cocok ditanam pada iklim apapaun, tanaman lavender dapat tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

3. Serai.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ziqo_garden

Selain digunakan sebagai penyedap aroma makanan, serai juga bisa dijadikan sebagai tanaman pengusir serangga. Hal ini dikarenakan aroma daun serai yang begitu kuat, membuat serangga tidak menyukainya. Serai biasanya ditanaman di luar rumah karena daunnya bisa tumbuh dengan sangat lebat.

Serangga yang paling tidak menyukai aroma serai adalah nyamuk. Tak heran jika banyak lotion antinyamuk yang beraroma daun serai. Serai biasanya juga digunakan untuk memasak pada negara-negara di kawasan Asia. Sementara di Eropa, serai sering diambil minyaknya untuk digunakan pada parfum.

4. Geranium.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gardeningdirect

Di Indonesia, tanaman Geranium sering disebut dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini memiliki aneka warna dan sering digunakan sebagai bahan wewangian. Tak heran jika bunga dari tanaman ini sering dijadikan sebagai minyak esensial.

Bunga geranium memiliki aroma sedikit seperti lemon dan dapat menjauhkan beberapa serangga seperti nyamuk dan kecoa dari rumah. Tumbuhan pengusir serangga ini memiliki bunga-bunga indah dan hadir dalam warna-warna cerah yang membuatnya bagus untuk dekorasi. Namun umumnya, tanaman ini ditanam di pekarangan rumah karena bisa mengusir hama yang bisa merusak tanaman seperti kumbang atau belalang.

5. Rosemary.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@homegarden.34

New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman untuk menjauhkan serangga dari rumah. Salah satu tanaman yang dapat mengusir serangg adalah tanaman rosemary.

Hal ini dikarenakan aroma daun rosemary mirip seperti minyak telon. Karena dapat ditanam di dalam pot, tanaman rosemary ini bisa diletakkan di dalam rumah seperti dalam ruangan tempat tidur untuk mencegah gigitan nyamuk.

6. Kayu Putih.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@anekabibitunggul.nirwana

Kayu putih biasanya digunakan menjadi bahan baku pembuatan minyak kayu putih yang dapat menghangatkan tubuh. Aromanya yang khas, membuat kayu putih bisa mengusir serangga seperti nyamuk ataupun lalat. Kamu bisa menanam tanaman kayu putih di halaman depan atau belakang rumah untuk menangkal nyamuk masuk ke dalam rumah.

7. Eucalyptus.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebun_buguru

Sama seperti kayu putih, tanaman eucalyptus juga biasa dijadikan minyak esensial yang dapat menghangatkan tubuh dan mengobati gigitan serangga. Aromanya yang wangi dan khas, membuat serangga tidak menyukainya. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengonfirmasi bahwa minyak eucalyptus merupakan bahan yang efektif untuk mencegah gigitan nyamuk.

Di Afrika, eucalyptus menjadi obat tradisional dan pencegahan malaria karena efektif menghalau gigitan nyamuk. Mirip dengan serai, eucalyptus juga memiliki aroma yang kuat yang dapat mengganggu indera penciuman nyamuk, sehingga mempersulit mereka untuk menemukan sumber makanan.

8. Catnip.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mujirahayu996

Catnip dikenal sebagai tanaman yang sangat disukai kucing karena dapat memberi efek ketenangan bagi kucing. Namun, tanama ini tidak disukai oleh serangga, terutama kecoa. Catnip mengandung bahan kimia yang dinamakan nepetlactone yang tidak disukai oleh kecoak. Catnip juga ampuh untuk mengusir kumbang, nyamuk, dan kutu.

9. Horsemint.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@epicyardfarm

Horsemint adalah tanaman pengusir nyamuk yang mirip dengan daun serai. Horsemint mengeluarkan aroma yang kuat seperti dupa yang dapat menutupi bau lainnya, sehingga dapat mengusir nyamuk.

Pertumbuhan horsemint cukup cepat dan biasa ditanam di pot. Daun horsemint juga bisa dikeringkan dan dimanfaatkan untuk membuat teh herbal.

10. Bunga Krisan.

Jenis tanaman pengusir serangga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@adamrusn

Selain bentuknya yang indah dan sering digunakan sebagai dekorasi, bunga krisan ternyata dapat bermanfaat mengusir serangga seperti kecoak, semut, kutu, nyamuk dan ngengat dalam rumah. Hal ini dikarenakan Pyrethrum dalam krisan merupakan pestisida alami. Minyak yang diproduksi oleh tanaman Krisan adalah salah satu penolak serangga alami yang paling kuat.