Brilio.net - Adanya tanaman di luar rumah atau di dalam rumah, membuat lingkungan menjadi terasa sejuk dan teduh. Tak hanya itu, adanya tanaman di lingkungan rumah juga mampu menghasilkan udara yang lebih segar dan sehat.

Tanaman yang bisa ditanam di rumah pun banyak ragamnya, dari mulai tanaman obat atau toga, sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Untuk tanaman hias sendiri, memiliki beberapa spesifikasi keindahan yang ditonjolkan, dari mulai tanaman hias bunga, tanaman hias daun, dan bahkan tanaman hias batang.

Sesuai namanya, tanaman hias berfungsi untuk menghias atau mempercantik lingkungan dalam atau pun luar ruangan. Jika biasanya yang populer dijadikan penghias rumah adalah tanaman hias bunga dan daun, tak ada salahnya jika kamu mencoba menghias rumah dengan tanaman hias batang.

Tanaman hias batang ini sendiri mempunyai beragam jenis dan bentuk yang sama-sama unik. Dengan adanya tanaman hias batang, maka akan memberikan kesan modern dan kontemporer pada rumahmu. Berikut 10 jenis tanaman hias batang yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai penghias rumah, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (26/1)

1. Bambu air.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@souvishavia_plantsandpots

Tanaman bambu air atau dikenal dengan nama latin Equisetum hyemale ini memang memiliki bentuk seperti batang bambu namun dengan ukuran mini. Tanaman ini sering dikenal sebagai tanaman paku ekor kuda karena memiliki bentuk runcing dan hijau mirip dengan tanaman paku. tanaman ini begitu populer dan banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias karena jenis tanaman yang cantik dan indah untuk dipandang.

Tanaman air ini dapat tumbuh setinggi tiga kaki, sedangkan varietas kerdil dapat tumbuh hingga delapan inci. Tanaman bambu air ini memiliki pertumbuhan yang tergolong cepat. Sehingga kamu harus rajin mengamati pertumbuhannya, dengan cara memangkas rutin supaya bentuk bambu air tetap rapi.

2. Kaktus.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@smallkaktus

Kaktus adalah tanaman hias batang yang mampu beradaptasi di iklim panas serta daerah gurun dengan curah hujan sedikit. Fitur anatomi dan fisiologi kaktus membuatnya mampu menghemat air dan bertahan dalam kondisi lingkungan yang keras.

3. Sukulen.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sukulentgezegeni

Sekulen kerap dianggap sebagai kaktus mini. Padahal, sukulen dan kaktus merupakan dua jenis yang berbeda. Sukulen merupakan tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap yang menyimpan air pada batangnya dan memiliki kelopak seperti daun. Sedangkan, kaktus memiliki daun dalam bentuk duri.

Namun, secara bentuk sukulen dianggap lebih menarik dari kaktus karena bentuk dan warna sukulen lebih beragam. Sehingga saat ini banyak orang yang menggunakan sukulen untuk menghias ruangan rumahnya agar lebih estetik.

4. Bambu Kuning.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mastribonsai

Bambu kuning memiliki batang yang kecil dan ramping, serta berwarna kuning. Warna kuning ini terlihat sangat pas dengan paduan dasun bambu yang berwarna hijau. Jenis tanaman hias ini bisa digunakan sebagai dekorasi interior maupun eksterior rumah, seperti di tanam di taman atau halaman rumah. Kamu bisa menempatkannya di pinggir atau sudut halaman dan menanamnya secara berkelompok agar bisa memberikan tampilan background yang unik.

5. Palem Bambu.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@khaira.plants

Palem bambu atau Chamaedorea Sefrizii merupakan tanaman yang sering kali dijadikan hiasan luar atau pun dalam rumah. Selain menjadi dekorasi rumah, tanaman ini memiliki manfaat yakni dapat membersihkan udara kotor di suatu ruangan, sehingga dapat membuat udara menjadi lebih bersih. Keberadaan tanaman ini di rumah membuat suasana menjadi lebih sejuk dan segar.

6. Pandan Bali.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@salmandaplants

Pandan bali mempunyai batang yang panjang dan kuat serta daun berwarna hijau bertekstur halus, tipis dan tidak berduri. Daun pandan bali ini dapat tumbuh panjang bahkan sering kali menjuntai ke bawah. Daun ini akan semakin terlihat cantik ketika dapat tumbuh rimbun dan bergerombol.

Pandan bali ini cocok di tanam dalam pot dan diletakkan di sudut halaman atau pun sudut ruangan. Daunnya yang rimbun akan semakin mempercantik rumahmu. Bukan hanya itu, jenis tanaman ini juga berguna untuk menyaring kotoran dan debu di sekitar rumah.

7. Mawar Jambe.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bonbon.florist

Mawar jambe atau dikenal dengan nama pakis haji adalah tanaman batang yang sering ditanaman sebagai hiasan taman. Meski begitu, tanaman ini juga bisa ditanam di media pot. Jenis tanaman ini mempunyai bentuk yang unik. Batang cokelatnya yang tumbuh besar dan kokoh dengan teksturnya yang timbul dan kasar serasi dengan daunnya yang tumbuh berjajar seperti daun palem.

8. Lidah mertua.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@planta.houseplant

Salah satu tanaman hias yang populer dan dimiliki banyak orang adalah tanaman lidah mertua. Dari segi karakteristik, lidah mertua memiliki daun yang keras seperti sukulen, tegak dengan kombinasi warna yang unik, dan ujungnya meruncing. Tanaman lidah mertua menjadi pilihan menarik yang memberikan kesan asri dan segar.

Selain dijadikan dekorasi rumah, menanam lidah mertua di dalam ataupun luar rumah ternyata juga memiliki berbagai manfaat seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia.

9. Palem Merah.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@markaskembang

Pemilik nama latin Cyrtostachys renda ini memiliki batang berwarna merah dan daunnya yang hijau membuat rumah tampak semakin elok. Palem merah yang tumbuh bergerombol dapat memberikan nuansa asri dan natural pada rumah. Selain itu, tanaman ini juga dapat memperlancar sirkulasi udara dan menghasilkan oksigen yang bersih.

10. Kamboja.

Jenis tanaman hias batang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@onghockwa

Kamboja dapat digolongkan menjadi tanaman hias batang karena bentuk batangnya yang terlihat unik dan menarik. Tak hanya batangnya yang menawan, bunga kamboja juga terlihat cantik ketika sedang mekar.

Ada 2 jenis tanaman kamboja yang bisa kamu tanam, yaitu kamboja biasa atau kamboja Jepang. Perbedaan dari kedua tanaman ini adalah ukuran batang kamboja Jepang lebih besar dan akarnya menyerupai umbi, sedangkan kamboja biasa batangnya berukuran kecil.