Festival olah raga tingkat desa di negara bagian Punjab, India utara ini cukup istimewa. Salah satu cabang yang menarik perhatian adalah olah raga balap gajah. Beberapa gajah tampak berlari dan ditungguangi oleh seorang warga.

Festival tahunan yang mulai digelar tahun 1933 ini memang berada di pedesaan. Namun telah menjadi festival yang banyak menyedot perhatian wisatawan. Selain memadukan kedisiplinan olah raga, di festival tersebut juga banyak ditampilkan aksi-aksi yang memukau.

Pria dan wanita melakukan aksi akrobatik di atas motor yang melaju. Ada peserta yang menarik dua motor dengan gigi mereka. Padahal motor masing-masing dinaiki dua orang dewasa. Bahkan ada seseorang yang membiarkan tubuhnya dilindas oleh mobil. Ngeri banget deh.

 

v © 2018 brilio.net

 

Tak hanya aksi-aksi memukau dan olah raga yang memerlukan keahlian khusus, di festival ini para perempuan menunjukkan aksi menari tradisional masing-masing desa.

Secara tradisional, tontonan tersebut terutama menarik perhatian penduduk desa setempat saat hiburan tampil di lapangan. Namun antusiasme terhadap permainan juga berkembang di antara penduduk kota yang melihatnya sebagai jendela untuk melihat kebudayaan di pedesaan.

Wah, inspiratif nih untuk bikin festival tingkat desa yang seru abis.