Halo kawan Brilio.net, berikut terdapat cerita inspiratif dari kumpulan pemuda produktif! simak yuk!

Awalnya hanya aliran sungai kumuh dan kotor penuh dengan sampah. Namun kini berubah jadi kolam ikan dan taman bermain. Warga sekitar menamainya Bendung Lepen Mricanyouth Kali Gajah Wong. Tepatnya berlokasi di Kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Jogja.

Salah satu pemuda Kampung Mrican, Andi Nur Wijanarko menjelaskan soal aksi ia dan teman-temannya mengubah aliran sungai kumuh ini. "Inspirasi itu malah temen-temen sendiri yang awal mula dari merogoh kocek sendiri terus yang di sini tu kemungkinan kan berjumlah banyak. Sekitar satu kwintal pertama kali itu swadaya masyarakat kampung. Jadi kita door to door intinya" papar Andi.

Perubahan itu diinisiasi oleh pemuda peduli Bendung Lepen beama Mrican Youth. Mereka bisa memanfaatkan sungai kotor menjadi kolam ikan dan taman bermain.

"Pengelolaan ikan saluran irigasi ini ada komunitas yang namanya Bendung Lepen itu. Komunitas yang dibentuk dari awal itu. Habis tanggal 9 kita bentuk komunitas bentuk struktural. Lalu 10 Februari kita launchingkan struktural itu. Kita benahi ini" jelas Andi.

Mrican Youth berhasil mengajak masyarakat mencintai lingkungan. Warga bahu membahu bersihkan lumpur sepanjang 60 meter dalam sebulan.

"Tantangan sih kemungkinan nggak ada ya mbak, ya minim lah tantangan. Tantangannya cuma, dulu itu bagaimana caranya bisa mendapatkan dana untuk pengelolaan ini. Dulu, tapi sekarang alhamdulillah ternyata malah menjadi lirikan wisata temen-temen. Dulu pertama kali temen-temen sepeda itu terus menyeluruh dan berkembang" cerita Andi.

Selain lingkungan, upaya ini juga mengangkat ekonomi warga. Seperti hasil panen ikan maupun datangnya wisatawan.

Tonton dan ketahui cerita selengkapnya dengan video berikut!