Era kini, jika kamu hendak mendengar ceramah agama sudah sangat mudah. Di media sosial, terutama YouTube, banyak da'i yang memberikan ceramah.

Hal ini berbeda dengan era tahun 1990-an, media untuk menyebarkan ceramah masih terbatas. Ceramah-ceramah itu kebanyakan ditonton di televisi, atau didengar lewat radio serta kaset yang diputar di masjid.

Masih ingat siapa aja penceramah kondang era 90-an?


1. KH Zainuddin M Z

v © 2018 brilio.net

Bernama asli Zainuddin Muhammad Zein. Beliau dikenal sebagai ‘Da’i Sejuta Umat’ karena menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Kyai asal Betawi ini kerap menyisipkan kritik sosial berbalut humor dalam ceramahnya. Kaset rekamannya beredar hingga ke beberapa negara tetangga.

 

2. Lutfiah Sungkar

v © 2018 brilio.net

Saudara aktor Mark Sungkar ini mengisi acara rohani di televisi, seperti Renungan Ramadhan dan Embun Pagi. Mubalighah ini mendapat penghargaan Asean Moslem Award 2004.


3. Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA

v © 2018 brilio.net

Kecintaan pada agama diturunkan dari ayahnya yang merupakan ulama dan guru besar bidang tafsir.

Ceramahnya selalu membuat adem layaknya embun karena keluasan ilmunya. Mengisi program televisi antara lain Kultum, Tafsir Al Mishbah, Hikmah Fajar. Selain ceramah, alumnus Universitas Al-Azhar Mesir ini juga menulis buku.


4. Neno Warisman

v © 2018 brilio.net

 

Penyanyi di era 80-an ini terjun ke dunia religi di tahun 90-an. Juga aktif di bidang sosial dan pendidikan. Kerap mengisi seminar seputar pengasuhan anak.