Brilio.net - Potret seorang guru mengajar murid di kelas bisa jadi hal yang lumrah ditemui di sekolah manapun. Namun, bagaimana jadinya jika seorang guru memberikan pelajaran ilmu komputer di tengah keterbatasan fasilitas penunjang?

Kisah menggugah hati seorang guru yang sedang menulis di papan dengan kapur ini misalnya. Aksi pria yang belakangan ini dikenal dengan Teacher Kwadwo mengajar sistem operasi komputer bikin kaget banyak orang.

Keterbatasan fasilitas komputer tak menyurukan niat guru tersebut mengajar program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang biasanya dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS, atau biasa kita kenal dengan Excel.

Kwadwo © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@gurunkz

Loading...

Tampak dari kejauhan guru tersebut seperti menulis rumus di papan. Namun siapa sangka saat didekati, guru tersebut sedang mencoba menampilkan layar aplikasi Excel dalam bentuk visual ala papan tulis.

Kwadwo © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@gurunkz

Usaha guru tersebut pun mendapat apresiasi banyak kalangan, komentar positif dari warganet pun berdatangan. Bahkan ada juga yang memiliki inisiatif mengumpulkan donasi.

"Apa yang dilakukan (guru) tersebut sangat bagus, pesannya adalah ia bisa memberikan pelajaran tersebut kepada muridnya meski tak memiliki komputer." komentar @AyamAdusah

"Sekolah ini di mana? Saya memiliki banyak teman yang ingin menyumbangkan komputer dan proyektor kepada mereka. Siapa yang memiliki informasi mereka?" komentar @OneTommyyy

Sebagaimana penelusuran brilio.net, Rabu (21/2), di Fanspage Teacher Kwadwo, ia merupakan guru kelas empat sekolah dasar di Ghana yang bertugas mengajar ilmu komputer.

Saat disinggung warganet mengenai tekniknya mengajar, Kwadwo mengemukakan bahwa murid di kelasnya saat itu baru pertama kali belajar ilmu komputer, dan harus diperkenalkan langkah demi langkah di tengah keterbatasan yang dimiliki sekolahnya.

Di tengah viralnya aksinya tersebut, Kwadwo berusaha mencari donatur yang mau sukarela membantu sekolahnya dengan peralatan komputer.