Intrik cinta sampai
kutukan,
ini 5 misteri di balik
candi terkenal

Situs Ratu Boko

Tak hanya Candi Ijo, Situs Ratu Boko dikenal dengan pemandangan sunset-nya yang sungguh indah. Bahkan banyak yang menyebutnya terbaik di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Hingga sekarang, Situs Ratu Boko diselimuti banyak misteri. Alih-alih dianggap bualan, deretan misteri tersebut justru memperkaya cerita rakyat peninggalan sejarah yang letaknya tak jauh dari lokasi wisata lainnya.

Beredar cerita di masyarakat, Ratu Boko merupakan istana Raja Baka/Boko, ayahanda Roro Jonggrang. Bahkan terdapat beberapa kolam yang disebut-sebut tempat pemandian putri raja dan dayang-dayangnya. Sayangnya, kisah Raja Baka tak tercatat dalam sejarah.

Tersebar pula cerita berdasarkan isi prasasti Rakai Panangkaran, Ratu Boko dulunya tempat beribadah bernama Abhyagiri Wihara. Ada pula yang percaya bahwa saking indahnya pemandangan di sekeliling situs ini, mengartikan Ratu Boko tempat para raja beristirahat.

Karena banyaknya masyarakat yang percaya akan mitos bahwa Ratu Boko adalah tempat para raja beristirahat. Bakti Lingkungan Djarum Foundation mengajak ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta pada November 2019 bergabung dalam Candi Darling. Mereka bergotong royong menanam ribuan tanaman perdu dan juga semak berbunga seperti bugenvil, tanjung, merak, soka, dan kepel, ruellia, dan melati.

Ikut menyemarakkan acara ini, Kunto Aji, penyanyi asli Kota Gudeg yang sudah ke mana-mana menunjukkan suara emas nya.

"Dengan kegiatan ini, kita menekankan bahwa merawat peninggalan bersejarah itu sangat penting karena bumi ini milik kita, dan sudah sepantasnya kita pula yang menjaga. Saya juga sudah tidak sabar menyapa Darling Squad yang memiliki kepedulian yang sama,” ucap penyanyi 'Terlalu Lama Sendiri' ini.

Tak kalah menarik, Kunto Aji yang merupakan seorang musisi juga ikut serta dalam menghijaukan kawasan Situs Ratu Boko bersama dengan Darling Squad yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Yogyakarta. Total ada 784 peserta dari 68 kampus dan 26 komunitas yang terlibat Candi Darling. Mereka berhasil menanam 7.600 pohon dan semak berbunga seperti bugenvil, merak, ruelia, melati jepang, kana, pandan duri kuning, hanjuang, dan bakung.

#Darlingsquad yang berasal dari mahasiswa daerah Yogyakarta menanam pohon dan semak berbunga di kawasan Situs Ratu Boko

Peserta #SiapDarling menanam 2.350 tanaman perdu dan semak berbunga di Situs Ratu Boko.

“Kegiatan menghijaukan candi ini sangat unik karena biasanya kita melakukan penghijauan di area-area gersang bukan di lokasi wisata,” ujar Kunto Aji.

Kunto Aji menutup acara #Candidarling dengan lagu terbarunya, Sulung dari album Mantra-Mantra.

Share this article