Intrik cinta sampai
kutukan,
ini 5 misteri di balik
candi terkenal

Candi Prambanan

Kalau Candi yang satu ini, tidak mungkin absen sebagai wisata liburan para turis lokal dan turis asing. Kompleks Candi Prambanan ini identik dengan cerita rakyat Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging dan Roro Jonggrang dari Kerajaan Baka/Boko. Roro Jonggrang yang enggan diperistri Bandung Bondowoso lantaran sang ayah dibunuh oleh pangeran Kerajaan Pengging itu, mengajukan syarat pembuatan seribu candi selama satu malam.

Namun upaya Bandung Bondowoso itu gagal akibat tipu daya Roro Jonggrang yang menyuruh dayang-dayangnya menumbuk padi sebagai tanda pagi segera tiba. Hal ini membuat bala lelembut Bandung Bondowoso yang telah membangun 999 candi kabur ketakutan.

Untuk meredakan kemurkaannya, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu, melengkapi seribu candi yang diminta sang putri sendiri.

Sayangnya cerita rakyat Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso ini tidak digambarkan di relief sisi manapun Candi Prambanan. Tak pelak menguatkan kedua sosok itu hanya bagian cerita rakyat yang telah turun-temurun ada.

Namun yang masih menjadi perhatian, intrik cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso ini akhirnya dikaitkan dengan mitos siapa saja pasangan kekasih yang berkunjung ke sini, tak lama kemudian mereka akan putus.

Walaupun tak sedikit orang yang percaya akan mitos tersebut, para figur publik bersama Darling Squad (sebutan partisipan Siap Darling) melakukan aksi nyata yang bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi kamu yang mencintai dan ingin melihat warisan sejarah tetap bisa dinikmati anak-cucu nanti. Kamu bisa beraksi seperti mereka dengan ikut berpartisipasi dalam Candi Darling atau beraksi kecil tidak membuang sampah sembarangan di kawasan situs sejarah.

Berbicara tentang mitos dan sejarah, Andovi Da Lopez seorang Youtuber juga ikut meramaikan Candi Prambanan ini, bukan untuk membuktikan mitos yang beredar, namun untuk turut serta dalam menghijaukan kawasan Candi Prambanan bersama Darling Squad. Program ini ditargetkan rampung pada 2025. Untuk itu, Siap Darling membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dan bergabung sebagai Darling Squad untuk bergerak bersama-sama menularkan kebiasaan penghijauan demi bumi yang lebih asri.

Total ada 7.600 pohon dan semak berbunga yang ditanam oleh 784 peserta #SiapDarling di kawasan Candi Prambanan.

YouTuber Andovi Da Lopez bersama Darling Squad melakukan penghijauan di Candi Prambanan.

Share this article