Brilio.net - Saat menjalankan ibadah puasa memang tubuh terasa lebih lemas dan lesu tak seperti biasanya. Rasa malas untuk beraktivitas juga sangat terasa. Padahal, puasa bukan menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan loh.

Melakukan banyak aktivitas saat menjalankan ibadah puasa justru bikin waktu berjalan begitu cepat. Dan saat kita sibuk dengan aktivitas kita, tiba-tiba Adzan Magrib berkumandang.

Banyak orang yang merasa lapar mata saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa lupa mengontrol pola makan, jadi kekenyangan dan mengantuk. Meskipun berpuasa, kita harus tetap menjalankan pola hidup sehat. Mengatur asupan makanan yang dimakan saat berbuka dan sahur.

Hal itu pula yang dikatakan oleh mantan jebolan Puteri Indonesia 2002, Melanie Putria. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjalankan hidup sehat saat puasa, salah satunya adalah dengan tetap berolahraga ringan seperti biasa.

"Puasa jangan jadi alasan untuk tidak berolahraga. Kalau aku biasanya olahraga setelah solat subuh dengan berjalan santai keliling komplek atau streching," katanya saat ditemui media di Jakarta, Minggu (20/5).

Loading...

Selain pagi hari, Melanie juga mengatakan selalu berolahraga satu jam sebelum berbuka puasa. "Olahraga satu jam sebelum berbuka waktu yang sangat tepat. Ketika kita sudah merasa lelah, jadi langsung buka," ucapnya.

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapat saat olahraga di bulan Ramadan. Salah satunya adalah dengan menyeimbangkan pola makan berlebih yang biasa terjadi saat berbuka.

"Banyak orang yang saat berbuka puasa melahap semua makanan yanh ada. Itu justru dapat menyebabkan berat badan naik, karena kalori yang dimakan lebih banyak daripada yang dikeluarkab. Jadi, hal ini bisa dihindari dengan tetap aktif selama berpuasa asal tidak mengganggu ibadah kita," pungkasnya.