Brilio.net - Beberapa waktu lalu, tepatnya saat peringatan kemerdekaan Indonesia Jumat 17 Agustus 2018, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan aksi heroik Yohannes Ade Kala alias Joni yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus pada upacara 17 Agustus di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Berkat aksinya tersebut, Joni pun mendapat sejumlah apresiasi dari berbagai pihak, termasuk menonton secara langsung pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Tak berselang lama setelah pemberitaan tentang Joni ramai diperbincangkan publik, rupanya aksi yang serupa pun pernah dilakukan oleh seorang bocah bernama Reza. Bocah asal Ambon, Maluku itu juga melakukan aksi heroik dengan memanjat tiang bendera untuk memperbaiki pengait tali yang terlepas di upacara HUT ke-14 Kabupaten Kepulauan Aru pada tanggal 18 Desember 2017 lalu.

Aksi yang dilakukan Reza di Lapangan Yos Sudarso, Kota Dobo, Kabupaten Aru, Maluku pada saat itu tidak mendapat perhatian lebih seperti yang didapatkan Joni. Namun demikian, baru-baru ini ternyata bocah yang bernama lengkap Reza Mangar ini juga mendapatkan apresiasi dari pihak TNI.

Apresiasi berupa beasiswa yang didapatkan Reza tersebut diberikan secara langsung oleh para pejabat tinggi TNI pada Kamis (23/8) siang tadi. Penyerahan beasiswa dalam bentuk tabungan Rp 1 juta per bulan hingga lulus SMA itu dilaksanakan di ruang tamu Panglima TNI Subden Mabes TNI, Jakarta Pusat.

Reza Mangar © 2018 Facebook -foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI

Hal ini seperti terlihat pada beberapa unggahan terbaru di akun Facebook resmi Pusat Penerangan TNI. Dari unggahan itu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berpesan agar Reza dapat bersekolah lagi dan mempunyai semangat yang tinggi untuk mewujudkan cita-citanya menjadi tentara.

Reza Mangar © 2018 Facebook -foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI

Selain itu, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga berpesan agar orangtua Reza untuk mengawasi agar Reza dapat menjadi anak yang pintar sehingga nantinya bisa membangun wilayah tempat Reza tinggal. Dirinya juga menambahkan bahwa ia telah memerintahkan Danramil 1503-03/Dobo untuk membimbing dan memonitor fisik serta kesehatan Reza agar cita-citanya dapat tercapai.

Reza Mangar © 2018 Facebook -foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI

Untuk itu, saya minta orang tua turut mengawasi, supaya Reza menjadi anak yang pintar agar bisa membangun wilayah tempat dia tinggal dan juga saya perintahkan kepada Danramil 1503-03/Dobo untuk memonitor, membimbing fisik dan kesehatan Reza agar cita-citanya terwujud,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang dikutip brilio.net, Kamis (23/8).

Reza Mangar © 2018 Facebook -foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI

Hal ini tentunya menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Reza dan keluarganya. Mereka terlihat begitu senang ketika menghadiri undangan dari Panglima TNI tersebut.

Reza Mangar © 2018 Facebook -foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI

(brl/lin)

(brl/lin)